Pengembangan Video Animasi untuk Mengenalkan Bahasa Dayak Ngaju di TK Islam Darul Istiqomah Kota Palangka Raya

Authors

  • Annisa Rahmasari IAIN Palangka Raya
  • Muzakki IAIN Palangka Raya
  • Ali Iskandar Zulkarnain IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21985

Keywords:

anak usia dini, bahasa dayak ngaju, media video animasi

Abstract

Bahasa Dayak merupakan bahasa daerah yang ada di provinsi Kalimantan Tengah. semakin tahun penutur bahasa daerah di provinsi kalimantan tengah khususnya kota Palangkaraya mengalami penurun. Untuk menjaga agar bahasa dayak tidak punah, maka berbagai usaha dilakukan seperti membangun komunitas bahasa dayak dan mewajibkan memasukan bahasa dayak sebagai bahasa daerah yang diajarkan pada muatan lokal mulai tingkat PAUD sampai SMA. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan video animasi untuk mengenalkan bahasa Dayak Ngaju di TK Islam Darul Istiqomah Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Subjek penelitian yaitu kelompok B1 Usia 5-6 Tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Validasi ahli media mendapatkan hasil persentase 92,31% dengan kategori sangat baik. Validasi ahli materi mendapatkan hasil persentase 82,22% dengan kategori sangat baik. Validasi ahli bahasa mendapatkan hasil persentase 85,71%. Berdasarkan hasil tersebut, media ini layak untuk digunakan sebagai media video animasi untuk mengenalkan bahasa Dayak Ngaju di TK Islam Darul Istiqomah Palangka Raya dapat dijadikan sebagai media pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, D. N., Khofifah, N., & Yuanita, D. (2016). Meningkatkan Perkembangan Bahasa dengan Media Flash Card pada Anak Usia Dini di Desa Sanan Rejo Kabupaten Malang. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, 3(2), 1–75. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v3i2.3494

Apriansyah, M. R. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Animasi Mata Kuliah Ilmu Bahan Bangunan di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 9–18. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.12905

Anwar, R. N., Agusrini, P. A., & Aulia, S. T. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran guna Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru di SMP Negeri 3 Kutorejo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81–85.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik (18th ed.). PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., Wijayanto, P. A., Ma’sum, H., Ndakularak, I. L., Astridewi, S., Sale, Y., Nurmala, I., Mustakin, Waworuntu, A., Sukwika, T., Darmada, I. M., & Pratasik, S. (2023). Media Pembelajaran Era Digital (A. Asari (ed.); 1st ed.). CV. Istana Agency.

Budiwiyanto, A. (2022). Kontribusi Kosakata Bahasa Daerah dalam Bahasa Indonesia. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/792/kontribusi-kosakata-bahasa-daerah-dalam-bahasa-indonesia#

Chandra, R. D. A. (2017). Pengembangan Media Visual Kartu Angka Efektif untuk Mengenalkan Huruf Vokal A, I, U, E, O pada Anak Usia Dini 3-4 Tahun PAUD Labschool Jember. Indria Jurnal Ilmiah Pendidikan Pra Sekolah Dan Sekolah Awal, 45–71. https://doi.org/10.24269/jin.v2i1.447

Charolina, C. (2020). Pilihan Bahasa Masyarakat Bilingual Banjar-Dayak Di Palangka Raya Dalam Ranah Keluarga. Universitas Negeri Semarang.

Dewi, F. F., & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530–2540. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Faradinda, B. T. P., Astini, B. N., & Sriwarthini, N. L. P. N. (2023). Identifikasi Pengenalan Bahasa Daerah Dalam Pembelajaran Sebagai Muatan Lokal Di Paud Sekecamatan Ampenan Kota Mataram. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1252-1261. https://doi.org/10.23969/jp.v8i3.10900

Faridy, F., & Amelia, L. (2023). Analisis Penggunaan Bahasa Daerah Sebagai Bahasa Ibu Pada Anak Usia Dini. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 9(1), 74–28. www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/awlady

Hendra, Afriyadi, H., Tanwir, Noor Hayati, Supardi, Laila, S. N., Prakasa, Y. F., Hasibuan, R. P. A., & Asyhar, A. D. A. (2023). Media Pembelajaran Berbasis Digital (Teori & Praktik). In Efitra & Sepriano (Eds.), PT. Sonpedia Publishing Indonesia (1st ed., Issue 1). PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://repository.uinmataram.ac.id/2683/1/Media pembelajaran berbasis digital.pdf

Khoirunnisa, A. A., Reza, M., Ika, N., & Rakhmawati, S. (2024). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pencegahan Narkoba untuk Anak Usia Dini. 5(2), 1183–1195. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i2.883

Kurniasih, S. (2022). Pembelajaran Inovatif dengan Media Video untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Usia 5-6 Tahun. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 3(1), 87–96. https://doi.org/10.26740/jp2kgaud.2022.3.1.87-96

Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di Kb Al Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), 20–39. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Masykuroh, K., & Anggrainy, A. (2024). Pengembangan Media Video Animasi Merawat Tanaman Untuk Mengenalkan Karakter Peduli Lingkungan Anak Usia Dini. 9(2), 215–226. https://doi.org/https://doi.org/10.33369/jip.9.2.216-226

Pohan, J. E. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Pengembangan) (Y. N. I. Sari (ed.); 1st ed.). RajaGrafindo Persada.

Prasetyo, A. F., & Rosidah, U. (2023). Pengembangan Media Animal Flash Card sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata dan Pemahaman Bahasa Anak Usia Dini di RA Annuriyah Belikanget. Alzam-Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 03(02), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.51675/alzam.v3i2.599

Rahayu, L. M. (2019). Komunikasi Edukatif dengan Bahasa Ibu dalam Pembelajaran Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Diponegoro 19 Jatisaba Kacamatan Cilongok. IAIN Purwakerto.

Silomita, S. A. C., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran ABEBO untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 11(2), 170–179. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20310

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265–273. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian dan Pengembangan (S. Y. Sundari (ed.); 5th ed.). Alfabeta.

Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori) (D. Purnamasari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Ulfa, N. M. (2020). Analisis Media Pembelajaran Flash Card Untuk Anak Usia Dini. Genius, 1(1), 34–42. http://genius.iain-jember.ac.id

Wijaya, A. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi dengan Tema Rekreasi Pada Anak Usia Dini di TK Aba IV Kota Jambi. Universitas Jambi.

Zahara, S., & Hendriana, B. (2021). Pengembangan Media Video Animasi untuk Kemampuan Menghafal Hadist pada Anak Usia Dini. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3593–3601. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.948

Downloads

Published

2025-03-07

Issue

Section

Articles