Transisi PAUD – SD Menyenangkan dengan Kolaborasi Pendampingan Kemampuan Fondasi Dasar Anak

Authors

  • Kurniah Astutik Institut Agama Islam At-Taqwa
  • Hadi Pranata Hadi Institut Agama Islam At-Taqwa
  • Rovita Alifia Putri Institut Agama Islam At-Taqwa
  • Ulya Habibas Tsani Institut Agama Islam At-Taqwa

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21869

Keywords:

fondasi dasar anak, transisi PAUD ke SD, kolaborasi pendampingan

Abstract

Transisi dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) adalah fase penting dalam perkembangan anak yang berpengaruh besar terhadap keberhasilan akademik dan sosial mereka. Kolaborasi seluruh warga sekolah dan segenap pendidik PAUD dan SD akan menambah rasa percaya diri dan kesiapan emosional dalam mengikuti proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi kelancaran transisi, tantangan yang dihadapi, serta strategi efektif untuk mendukung adaptasi. Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini menggambarkan informasi secara faktual melalui observasi, menggunakan analisis deduktif dan induktif untuk menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa transisi PAUD-SD dapat dilakukan dengan menyenangkan. Pertama, Penerimaan peserta didik Baru (PPDB) tidak menggunakan kemampuan membaca, menulis, dan berhitung (calistung) sebagai syarat utama, sehingga pembelajaran calistung diajarkan di kelas 1 dengan metode yang menyenangkan. Kedua, Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dilaksanakan selama satu minggu. Ketiga, kegiatan pembelajaran di SD dirancang untuk mengembangkan keterampilan dasar anak melalui pendekatan yang menyenangkan. Selain itu, program orientasi yang terstruktur, pelatihan guru untuk menangani peserta didik baru, dan keterlibatan aktif orang tua terbukti efektif dalam mengurangi kecemasan anak dan mendukung adaptasi mereka di lingkungan SD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adhani, D. N., Hidayah, I. T., Studi, P., Guru, P., Anak, P., Dini, U., Keguruan, F., Ilmu, D., Universitas, P., & Madura, T. (n.d.). PERMAINAN TRADISIONAL ULAR-ULARAN. 137–146.

Al-Hezam, D. M. (2017). The impact of digital technology on children’s transition from kindergarten to primary school: Bringing concepts from international research and practice to Saudi Arabia. Waikato Journal of Education, 22(2). https://doi.org/10.15663/wje.v22i2.567

Ananda, R. (2017). Implementasi Nilai-nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 19. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.28

Anwar, R. N. (2021). Evaluasi Pembelajaran Daring Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum. Proceeding Umsurabaya, 324–331.

Aulia, R. N., Rahmawati, R., & Permana, D. (2020). Peranan Penting Evaluasi Pembelajaran Bahasa di Sekolah Dasar [The important role of language learning evaluation in primary schools]. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 1–9.

Aye, T., Oo, K. S., Khin, M. T., Kuramoto-Ahuja, T., & Maruyama, H. (2017). Gross motor skill development of 5-year-old Kindergarten children in Myanmar. Journal of Physical Therapy Science, 29(10), 1772–1778. https://doi.org/10.1589/jpts.29.1772

Destriyanti, D. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Aksioma Ad-Diniyah, 2(2), 1–23.

Edi Widianto. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG- - PAUD Trunojoyo, Volume 2(1), 1–75.

Susiana, E., & Anwar, R. N. (2024). Implementasi Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan pada Satuan Pendidikan. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(1), 299–305. Penguatan Implementasi Keberlanjutan Gerakan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan

Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif. 11(1), 1–14.

Kusumawardhani, I. A., Chandra, A., Sagala, D., & Khasanah, I. (2019). Analisis Kematangan Emosional Anak Ditinjau Dari Usia Masuk TK A. Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 137–144. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/137-144/2603

Lestari, D. P. (2023). Pendampingan Orang Tua dalam Mendukung Transisi PAUD Ke SD di Raudhatul Atfhfal (RA) Masyithoh, Semuluh, Gunungkidul. I-Com: Indonesian Community Journal, 3(2), 781–788. https://doi.org/10.33379/icom.v3i2.2633

Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://doi.org/10.35719/annisa.v13i1.26

Maulani, S., & Mutiara, S. (2023). Transisi PAUD SD : Implementasi Program pengenalan Sekolah Dasar di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 265. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52619

Munandar, A., Alfathan, P. I., Pitri, N., Karmisa, N., Azlaini, M., Alfikri, A., Puspita, C., Nurazizah, N., Karomah, L., & Amaliyah, E. (2023). Evaluasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Innovative: Journal Of Social Science Reserch, 3(6), 786–798.

Noerviana, A. P., Afifah, D. R., & Anwar, R. N. (2024). Keterlibatan Orang Tua di Lembaga PAUD. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 3(3), 279–283.

Pendidikan, K., Teknologi, D. A. N., Jenderal, D., Tinggi, P., Teknologi, D. A. N., & Kusumawardani, S. S. (2023). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 021.

Phafiandita, A. N., Permadani, A., Pradani, A. S., & Wahyudi, M. I. (2022). Urgensi Evaluasi Pembelajaran di Kelas. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 3(2), 111–121. https://doi.org/10.47387/jira.v3i2.262

Puspita, Y. P. (2023). Implementasi Ice Breaking untuk Menciptakan Kesiapan Belajar dan Pembelajaran yang Menyenangkan pada Anak Usia Dini. Journal on Education, 5(4), 11846–11854. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.1257

Saleh, S. (2017). Analisis Data Kualitatif. Analisis Data Kualitatif, 1, 180.

Sri Rika Amriani.H, Rusmayadi, Dzulfadhilah, F., Sitti Nurhidayah Ilyas, & Rika Kurnia R. (2023). Peningkatan Peran Orang Tua dalam Mendukung Penguatan Transisi PAUD ke SD Yang Menyenangkan di TK Kemala Bhayangkari 07 Cabang Gowa Melalui Kegiatan Seminar Parenting. Ininnawa : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 117–123.

Supriyanto, A. (2016). Kolaborasi konselor, guru, dan orang tua untuk mengembangkan kompetensi anak usia dini melalui bimbingan komprehensif. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 42–49.

Susilahati, S., Nurmalia, L., Widiawati, H., Laksana, A. M., & Maliadani, L. (2023). Upaya Penerapan Transisi PAUD Ke SD yang Menyenangkan: Ditinjau dari PPDB, MPLS dan Proses Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5779–5794. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5320

Syamsudin, A. (2012). 3018-7815-1-PB.pdf. In Pengembangan Nilai Nilai Agama Dan Moral Pada Anak Usia Dini (Vol. 1).

Ulfah, A. A., Dimyati, D., & Putra, A. J. A. (2021). Analisis Penerapan Senam Irama dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1844–1852. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.993

Widayanti, S., & Anwar, R. N. (2024). Penguatan Model Kompetensi Guru sesuai Perdirjen 2626/B/HK.04.01/2023 pada Komunitas Belajar di Madiun. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 76–80.

Wijaya, I. P. (2023). Penerapan Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan : Ditinjau dari Aspek Psikologis anak. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 6(SEMDIKJAR 6), 1982–1988.

Downloads

Published

2025-02-06

Issue

Section

Articles