Evaluasi Proses Pembelajaran dalam Pembentukan Karakter Sosial Emosional Anak Usia Dini pada Era Digital: Pendekatan Model Countenance Stake

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21826

Keywords:

anak usia dini, countenance stake, sosial emosional

Abstract

Karakter sosial-emosional di era digital pada anak usia dini menjadi fondasi utama untuk menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas teknologi, tetapi juga bermoral, berempati, dan manusiawi. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pembelajaran dalam pembentukan karakter sosial-emosional anak usia dini pada era digital menggunakan Model Countenance Stake. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya disparitas pencapaian di antara ketiga Raudhatul Athfal (RA), yang dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti beban administrasi guru, kurangnya pelatihan dalam penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), keterbatasan sumber daya, dan kemampuan guru dalam mengelola kelas yang beragam. Terdapat kebutuhan mendesak untuk meningkatkan keselarasan kurikulum, pelatihan guru, dan penyediaan sumber daya yang memadai dalam konteks pengembangan sosio-emosional anak di tiga Raudhatul Athfal. Penelitian ini menyoroti pentingnya pelatihan guru yang berkelanjutan, penyediaan sumber daya yang memadai, dan penyelarasan kurikulum dengan kebutuhan perkembangan sosial-emosional anak di era digital. Temuan ini memberikan implikasi penting bagi pengembangan kebijakan dan praktik pembelajaran yang lebih efektif dalam membentuk karakter sosial-emosional anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Angga Saputra, A. S., & Lalu Suryandi, L. S. (2021). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini dalam Perspektif Vygotsky dan Implikasinya dalam Pembelajaran. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 2(2), 198–206. https://doi.org/10.52266/pelangi.v2i2.582

Anwar, R. N. (2024). Pelatihan Pengenalan Artificial Intelligence (AI) untuk Meningkatkan Kompetensi Guru pada Transformasi Digital. Journal of Smart Community Service, 2(1), 27–36.

Anwar, R. N. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kota Kediri. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimasif.v5i2.4976

Ardiva, A., & Wirdanengsih, W. (2022). Kontrol Sosial Orang Tua Terhadap Perilaku Anak-Anak Pengguna Gadget (Studi Kasus: Nagari Suliki Kecamatan Suliki Kabupaten 50 Kota). Jurnal Perspektif, 5(2), 257–266. https://doi.org/10.24036/perspektif.v5i2.622

Ashari, R., Ishomuddin, I., Tobroni, T., & Khozin, K. (2023). From Theory to Practice: Ralph W. Tyler’s Perspective on the Curriculum Transformation. Al-Hayat: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.35723/ajie.v7i2.410

Bilal Ahmad Gul, S. (2023). Early Childhood Care and Education (3-6 Years) and the Role of Traditional Games: An Exploratory Study of Jammu and Kashmir. Asian Journal of Education and Social Studies, 53–59. https://doi.org/10.9734/ajess/2023/v39i1839

Crain, W. (2015). Bandura’s Social Learning Theory. In Theories of Development: Concepts and Applications (pp. 218–237). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781315662473-15

Dhiu, K., & Laksana, D. N. L. (2021). The Aspects Of Child Development On Early Childhood Education Curriculum. Journal of Education Technology, 5(1), 1. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.30764

Enjang Wahyuningrum, Suryanto, & Dewi Retno Suminar. (2020). Parenting in Digital Era: A Systematic Literature Review. 9(3), 226–258.

Gmelina Putrindi, E., Irdiyansyah, I., & Ikhsan, I. (2023). Evaluasi Pembelajaran pada Sekolah Montessori Menggunakan Model Stake Countenance. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 112–124. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i1.166

gultom, A., & Suhartini. (2021). Student Interaction, Teacher Competence, and Technology in Online Learning: Does it Create a Meaningful Learning? Proceedings of the 6th International Seminar on Science Education (ISSE 2020). https://doi.org/10.2991/assehr.k.210326.024

Joseph, G. V., Thomas, A. M., Elizabeth, S., Vargheese, S., & Thomas, J. (2022). The Impact of Screen Time and Mobile Dependency on Cognition, Socialization and Behaviour among Early Childhood Students during the Covid Pandemic- Perception of the Parents. Digital Education Review. https://doi.org/10.1344/DER.2022.41.114-123

Kristanto, Y. D., & Padmi, R. S. (2020). Analisis Data Kualitatif : Penerapan Analisis Jejaring untuk Analisis Tematik yang Cepat, Transparan, dan Teliti. Jurnal Koridor.

Downloads

Published

2025-01-26

Issue

Section

Articles