Penanaman Sikap Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di Rumah
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21816Keywords:
anak usia dini, disipin, usia 2-6 tahunAbstract
Disiplin merupakan komponen penting dalam pembentukan karakter anak, dan itu harus ditanamkan sejak dini. Selain peran guru, orang tua juga memiliki tanggung jawab besar dalam mengajarkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak mereka di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengkaji metode yang didayagunakan anak-anak dengan rentang usia lima hingga enam tahun dalam membangun sikap disiplin di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittaif deskriptif untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam membentuk perilaku disiplin. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan orang tua, dan penelitian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap disiplin anak dipengaruhi secara signifikan oleh rutinitas yang terstruktur, penghargaan dan konsekuensi yang sesuai, dan antara orang tua dan anak melakukan pembicaraan yang terbuka. Selain itu, ditemukan bahwa masalah seperti ketidakkonsistenan orang tua dan pengaruh lingkungan luar dapat memengaruhi keberhasilan proses ini. Karenanya Untuk mendukung perkembangan karakter disiplin pada anak, penelitian ini menyarankan pendekatan yang lebih luas dengan melibatkan kolaborasi antara orang tua dan lingkungan sekitar.
Downloads
References
Aeni, A.N. (2020). “Kajian Perilaku Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Agapedia, Universitas Pendidikan Indonesia.
Adawiyah, R., Fitriani, R., & Suhirman. (2022). Edukasi Dan Simulasi Penggunaan Ape Matematika Aud Untuk Guru Dan Orang Tua. Jurnal Care, 10(1), 31–39.
Anisa Puspitasari, Fahmi, Kristiana Maryani. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2023. p-ISSN: 2338-2163 e-ISSN: 2716-243
Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 36–47.
Anwar, R. N. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik: Studi Multi Kasus di TK Islam Al Irsyad Madiun dan TK Islamiyah Rahmatan Lil’alamin Kota Madiun [Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uinmalang.ac.id/31610/
Anwar, R. N. (2022d). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.
Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605
Apriliana N , Rusdiyani I, M. K. (2019). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal CARE, 7(1), 7–14.
Iswantiningtyas, V. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin Terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal CARE, 5(2), 14–20.
Martha Efirlin, Fadillah, Marmawi. Penanaman Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Primanda Untan Pontianak.
Nurfitri Sahidun. Peningkatan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed) Vol 2 No 2 Juni 2022 P- ISSN: 2746-2269 E-ISSN: 2827-9166
Nurfitri Sahidun. Peningkatan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed) Vol 2 No 2 Juni 2022 P- ISSN: 2746-2269 E-ISSN: 2827-9166
Purnama, Adinda. Savitri, Reviva. Tarigan, Ester Emerarita. 2017. Inisiatif untuk Meningkatkan Disiplin pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan di TK Bina Anaprasa untuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional di Universitas Negeri Medan pada Pendidikan Dasar.
Pudyaningtyas, A. R., & Wulandari, M. S. (2024). Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 5 Tahun dengan Ambidextrous. Jurnal Care, 11(2), 140–147. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20456
Rahmah, Siti dan Zirmansyah. Meningkatkan Disiplin Anak Kelompok B melalui Permainan Tradiosional Umpet Batu. Jurnal AUDHI. Vol.1,No.2, Januari 2019
Ridanti, Jihan Faninda. (2021). “Dampak Sistem Reward Terhadap Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Sahidun, Nurfitri. (2022). “Meningkatkan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Teknik Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Masa Keemasan Islam Indonesia (IJIGAEd), 2(2), Juni 2022.
Semiawan, Conny R. 2002. Pendidikan Keluarga dalam Era Global. Jakarta: PT. Prenhallindo. Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT. Indeks
Syarbini, Amirulloh. 2014. Model dari Pendidikan Karakter di dalamnya Keluarga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Wahyu Liasari, I. (2018). “Proses Pembelajaran Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta.
Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2012).
Wiyani, Ardy, Novan. 2013. Berkembang Karakter pada Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR- Ruzz
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Amanda Putri Nasution, Sarah, Zahra Firman Natasya, Masganti Sit

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.