Penanaman Sikap Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun di Rumah

Authors

  • Amanda Putri Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sarah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zahra Firman Natasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21816

Keywords:

anak usia dini, disipin, usia 2-6 tahun

Abstract

Disiplin merupakan komponen penting dalam pembentukan karakter anak, dan itu harus ditanamkan sejak dini. Selain peran guru, orang tua juga memiliki tanggung jawab besar dalam mengajarkan nilai-nilai karakter kepada anak-anak mereka di rumah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi serta mengkaji metode yang didayagunakan anak-anak dengan rentang usia lima hingga enam tahun dalam membangun sikap disiplin di rumah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualittaif deskriptif untuk mengeksplorasi peran orang tua dalam membentuk perilaku disiplin. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan orang tua, dan penelitian literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap disiplin anak dipengaruhi secara signifikan oleh rutinitas yang terstruktur, penghargaan dan konsekuensi yang sesuai, dan antara orang tua dan anak melakukan pembicaraan yang terbuka. Selain itu, ditemukan bahwa masalah seperti ketidakkonsistenan orang tua dan pengaruh lingkungan luar dapat memengaruhi keberhasilan proses ini. Karenanya Untuk mendukung perkembangan karakter disiplin pada anak, penelitian ini menyarankan pendekatan yang lebih luas dengan melibatkan kolaborasi antara orang tua dan lingkungan sekitar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, A.N. (2020). “Kajian Perilaku Disiplin Pada Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Agapedia, Universitas Pendidikan Indonesia.

Adawiyah, R., Fitriani, R., & Suhirman. (2022). Edukasi Dan Simulasi Penggunaan Ape Matematika Aud Untuk Guru Dan Orang Tua. Jurnal Care, 10(1), 31–39.

Anisa Puspitasari, Fahmi, Kristiana Maryani. Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Raudhah, Vol. 11 No. 1, Januari-Juni 2023. p-ISSN: 2338-2163 e-ISSN: 2716-243

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 36–47.

Anwar, R. N. (2021). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik: Studi Multi Kasus di TK Islam Al Irsyad Madiun dan TK Islamiyah Rahmatan Lil’alamin Kota Madiun [Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uinmalang.ac.id/31610/

Anwar, R. N. (2022d). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605

Apriliana N , Rusdiyani I, M. K. (2019). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal CARE, 7(1), 7–14.

Iswantiningtyas, V. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin Terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal CARE, 5(2), 14–20.

Martha Efirlin, Fadillah, Marmawi. Penanaman Perilaku Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Primanda Untan Pontianak.

Nurfitri Sahidun. Peningkatan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed) Vol 2 No 2 Juni 2022 P- ISSN: 2746-2269 E-ISSN: 2827-9166

Nurfitri Sahidun. Peningkatan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Pembiasaan. Indonesian Journal Of Islamic Golden Age Education (Ijigaed) Vol 2 No 2 Juni 2022 P- ISSN: 2746-2269 E-ISSN: 2827-9166

Purnama, Adinda. Savitri, Reviva. Tarigan, Ester Emerarita. 2017. Inisiatif untuk Meningkatkan Disiplin pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan di TK Bina Anaprasa untuk Tahun Pelajaran 2016/2017. Prosiding Seminar Nasional di Universitas Negeri Medan pada Pendidikan Dasar.

Pudyaningtyas, A. R., & Wulandari, M. S. (2024). Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 5 Tahun dengan Ambidextrous. Jurnal Care, 11(2), 140–147. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20456

Rahmah, Siti dan Zirmansyah. Meningkatkan Disiplin Anak Kelompok B melalui Permainan Tradiosional Umpet Batu. Jurnal AUDHI. Vol.1,No.2, Januari 2019

Ridanti, Jihan Faninda. (2021). “Dampak Sistem Reward Terhadap Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Sahidun, Nurfitri. (2022). “Meningkatkan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Teknik Pembiasaan.” Jurnal Pendidikan Masa Keemasan Islam Indonesia (IJIGAEd), 2(2), Juni 2022.

Semiawan, Conny R. 2002. Pendidikan Keluarga dalam Era Global. Jakarta: PT. Prenhallindo. Sujiono, Yuliani Nurani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini.Jakarta: PT. Indeks

Syarbini, Amirulloh. 2014. Model dari Pendidikan Karakter di dalamnya Keluarga. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Wahyu Liasari, I. (2018). “Proses Pembelajaran Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta.

Wibowo, Agus. (2012). Pendidikan Karakter Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. (2012).

Wiyani, Ardy, Novan. 2013. Berkembang Karakter pada Anak Usia Dini. Jogjakarta: AR- Ruzz

Downloads

Published

2025-01-22

Issue

Section

Articles