Permasalahan Tumbuh Kembang Anak Usia 9-12 Bulan pada Posyandu di Sumatera Utara

Authors

  • Aisyah Putri Rambe Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Zyhan Risty Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Izzah Qistina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dea Putri Jelita Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Idzni Azhima Universitas Al-Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21781

Keywords:

anak usia dini, permasalahan, tumbuh kembang anak

Abstract

Anak usia dini (0-6 tahun) mengalami perkembangan yang sangat pesat dan dinamis. Tumbuh kembang anak usia dini penting sebagai dasar perkembangan fisik, kognitif, dan sosial. Penelitian membantu mendeteksi hambatan perkembangan, memberikan intervensi tepat, dan merancang stimulasi yang sesuai. Masa ini adalah investasi utama untuk memastikan anak tumbuh optimal dan siap menghadapi masa depan. Penelitian ini membahas faktor-faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang pada anak, seperti lingkungan keluarga, pendidikan, nutrisi, dan kesehata. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis permasalahan tumbuh kembang anak usia 9-12 bulan di Posyandu Teratai 1, Laut Dendang. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak usia 9-12 bulan yang dipilih secara purposive sampling beserta ibu atau pengasuhnya, serta informan berupa 2 kader Posyandu dan 1 bidan. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan ibu atau pengasuh anak mengenai pola asuh, pemberian ASI, MPASI, dan kendala yang dihadapi, observasi langsung pada kegiatan Posyandu, serta dokumentasi berupa catatan kesehatan anak, data dari KMS, dan laporan Posyandu Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan anak usia 9-12 bulan secara umum berada dalam kategori sesuai, terutama dalam aspek fisik seperti berat badan, tinggi badan, dan lingkar kepala yang normal. Pada tahap ini, anak mulai mengeksplorasi lingkungan, mengembangkan keterampilan motorik kasar dan halus.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustina, L., T. Maas, L., & Zulfendri, Z. (2019). Analisis Faktor Perilaku Berisiko terhadap Kejadian Obesitas pada Anak Usia 9-12 Tahun di SD Harapan 1 Medan. Jurnal Endurance, 4(2), 371. https://doi.org/10.22216/jen.v4i2.4051

Alamsyah, C. M., Kusumadewi, F., & Octasila, R. (2022). Media Edukasi Tumbuh Kembang Bayi 0 – 12 Bulan di Wilayah Kerja Puskesmas Tangerang Selatan. Jurnal Kebidanan Malakbi, 3(2), 36. https://doi.org/10.33490/b.v3i2.654

Anggun puja yanti, Andi Mayasari Usman, R. W. (2022). Pengaruh Pemberian Asi Eksklusif Dengan Pertumbuhan Dan Perkembanganbayi Usia 6 Bulan. 4, 53–58.

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605

Astuti, Y. E., & dkk. (2019). Implementasi Metode Deteksi Dini Tumbuh Kembang Dalam Identifikasi Anak Berkebutuhan Khusus Usia Dini. Inclusive: Journal of Special Education, 6-7.

Atiasih, A., Hadianti, A. N., & Hamid, L. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dan Tumbuh Kembang Anak serta Tantangan Era Super Smart Society 5.0. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 622–629. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.293

Atiasih, A., Hadianti, A. N., & Hamid, L. (2023). Pendidikan Anak Usia Dini dan Tumbuh Kembang Anak serta Tantangan Era Super Smart Society 5.0. Jurnal Syntax Imperatif : Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 4(5), 622–629. https://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v4i5.293

Aulia, R., Fajriansi, A., & Muin, R. (2023). Perbedaan Perkembangan Yang Diberikan Asi Eksklusif Dan Susu Formula Pada Bayi Usia 9-12 Bulan. JIMPK : Jurnal Ilmiah Mahasiswa & Penelitian Keperawatan, 3, 38–45.

Azhima, I. (2023). Deteksi umbuh Kembang Anak : Mengenali dan Mengembangkan Potensi Anak Sejak Dini . Communnty Development Journal , hal.13746 Vol.4 (6).

Damayanti, E., & Ar, U. M. (2020). Analisis Capaian Perkembangan Sosial Anak Usia 11 Bulan Berdasarkan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak. JECED :Journal of Early Childhood Education and Development, 2(2), 87–96.

Fitriani, R., & Adawiyah, R. (2018). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 2(01), 25. https://doi.org/10.29408/goldenage.v2i01.742

Haba, R. H. (2022). Pelatihan Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Dini di PAUD Hosana Sungkaen. Devotion, 5-6.

Hanifah, L., & dkk. (2023). Pemeriksaan Deteksi Dini Perkembangan Pada Bayi dan Balita. Jurnal Pengabdian Komunitas, 4-5.

Humaedi, & dkk. (2022). eteksi Dini Motorik Kasar pada Anak Usia 4-6 Tahun.Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi, 5.

Idris, H. dan A. I. M. (2022). Rekonstruksi Spirit Harmoni Agama Di Daerah Rawan Konflik Dengan Pendekatan Participatory Action Research. 2, 150–167.

Intake, F., Harahap, H., Budiman, B., & Widodo, Y. (2018). Gangguan Pertumbuhan Dan Perkembangan Pada Anak Usia 0,5-1,9 Tahun Terkait Dengan Asupan Makanan Dan Pengasuhan Yang Kurang. Journal of The Indonesian Nutrition Association, 41(1), 49–58.

Isna, A. (2019). Perkembangan bahasa anak usia dini. 2(2), 62–69.

Indrawati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional KucingKucingan pada Anak Kelompok B TK RT 17 Kejuron Kota Madiun. Jurnal CARE, 5(2), 53–61. https://core.ac.uk/download/pdf/229499766.pdf

Khadijah. (2022). Implementasi Program Deteksi Dini Terhadap Pertumbuhan dan Perkembangan Anak di TK Harapan Bangsa. Jurnal PAUD Agapedia, hal.71 Vol.6 (1).

Khayati, F. N., & Sulistyowati, A. D. (2023). Deteksi Dini Tumbuh Kembang Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 10-11.

Maelani, R., Handayani, L., & Djannah, S. N. (2022). Determinant Factors Of Exclusive Breast In Panggungharjo Village. Jurnal Kesehatan, 15(1), 29–36. https://doi.org/10.24252/kesehatan.v15i1.25199

Marwing, A. (2016). Perlindungan Hak-Hak Perempuan Pasca Perceraian (Studi Terhadap Putusan Pengadilan Agama Palopo). In PALITA: Journal of Social - Religion Research (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.24256/pal.v1i1.16

Marwing, A. (2016). Perlindungan Hak-Hak Perempuan Pasca Perceraian (Studi Terhadap Putusan Pengadilan Agama Palopo). In PALITA: Journal of Social - Religion Research (Vol. 1, Issue 1). https://doi.org/10.24256/pal.v1i1.16

Mokodompit, H. K. ., Gonibola, A. P., Paputungan, L., & Dkk. (2024). Baby Gym Melatih Motorik Bayi Dari Usia 3-12 Bulan DiKelurahan Mogolaing Kecamatan Kotamobagu Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1), 35–41.

Nabila, S., Pasaribu, N. A., Tasya, L., Risnawati, & Azhima, I. (2025). Analisis Deteksi Tumbuh Kembang Anak di Posyandu Teratai 1 Desa Laut Dendang. Jurnal Care, 12(2), 275–284. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21679

Nalle, P. A., & Margiani, K. (2022). Pentingnya Deteksi Dini Tumbuh Kembang (DDTK) Anak Berdasarkan Persepsi Orang Tua di Posyandu Desa Bijeli, Kecamatan Noemuti, Kabupaten Timor Tengah Utara. Haumeni Journal of Education, 6-7.

Ndeot, F., Sum, T. A., & Ndinduk, F. D. (2022). Analisis Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Usia Dini. 4(2), 1–12.

Nurhayati, S., & Zarkasih Putro, K. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52–64.

Penelitian, M. I., Iptek, P., Winarsih, B. D., Fatmawati, Y., & Hartini, S. (2021). Hubungan Status Gizi dan Status Hidrasi dengan Fungsi Memori Jangka Pendek Correlation of Nutritional and Hydration Status and The Function of Short - Term Memory in School - Age Children. 17(2), 115–130.

Psikomotorik, P., Bulan, B., Al-rahmad, A. H., & Fadillah, I. (2016). Perkembangan Psikomotorik Bayi 6 –9 Bulan Berdasarkan Pemberian Asi Eksklusif. Jurnal AcTion: Aceh Nutrition Journal, 1(November), 99–104.

Pudyaningtyas, A. R., & Wulandari, M. S. (2024). Perkembangan Motorik Halus pada Anak Usia 5 Tahun dengan Ambidextrous. Jurnal Care, 11(2), 140–147. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20456

Purwanti, T. (2023). Analisis Pengaruh Baby Spa Terhadap Perkembangan Motorik Bayi Usia 9-12 Bulan. Jurnal Kebidanan, 13(2), 183–189. https://doi.org/10.35874/jib.v13i2.1294

Rahmadani, Z., & Yarni, L. (2024). Perkembangan masa bayi. Adiba: Journalof Education, 4(1), 179–188.

Sinaga, P. N., & dkk. (2021). Pemanfaatan KPSP Dalam Pemantauan Perkembangan Anak Usia Dini di PAUD Qolbu Persada. Prosiding PKM-CSR, 4-5.

Sufa, F. F., & dkk. (2023). Mengenal Deteksi Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Surakarta: UNISRI Press.Adha, M. F., & Wiguno, L. T. H. (2022). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik Kelas Rendah Usia 9-12 Tahun SD Se-Gugus 05 Kecamatan Klojen Kota Malang. Sport Science and Health, 4(4), 322–330. https://doi.org/10.17977/um062v4i42022p322-330

Sugeng, H. M., Tarigan, R., & Sari, N. M. (2019). Gambaran Tumbuh Kembang Anak pada Periode Emas Usia 0-24 Bulan di Posyandu Wilayah Kecamatan Jatinangor. Jurnal Sistem Kesehatan, 4(3), 96–101.

Tama, N. A., & Handayani. (2021). Determinan Status Perkembangan Bayi Usia 0 – 12 Bulan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 7, 73–80.

Widiani, E. (2018). Hubungan Antara Pendidikan Ibu Dengan Kemampuan Ibu Dalam Menstimulasi Perkembangan Psikososial Otonomipada Toddler. 10(2), 111–122.

Downloads

Published

2025-01-20

Issue

Section

Articles