Meningkatkan Keterampilan Sains Menggunakan Metode Eksperimen pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21777Keywords:
anak usia dini, keterampilan sains, metode eksperimenAbstract
Pengenalan sains diperkenalkan sejak usia dini melalui pembiasaan agar anak mengalami proses sains secara langsung. Hal itu dilakukan agar anak tidak hanya mengetahui hasilnya saja tetapi juga dapat mengerti proses dari kegiatan sains yang dilakukannya. Sains memungkinkan anak melakukan eksplorasi terhadap berbagai benda, baik benda hidup maupun mati. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan sains yang terjadi pada nak usia dini menggunakan metode eksperimen dalam proses pembelajaran. Metode Penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan kelas (PTK) yaitu penelitian yang dilakukan menggunakn beberapa siklus. Jenis data ini menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini menggunkan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anak usia dini tempat penelitian sudah menunjukkan keterampilan sainsnya, baik dilihat dari sikap jujur, sikap tidak mudah menyerah dan sikap eksplorasi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan sains anak usia dini dengan baik.
Downloads
References
Aisah, Siti. (2015) Mengembangkan Kemampuan Sains dalam Mengenal Percampuran Warna.
Aisiah, Siti, dan Hidayat, Heri. (2015). Aktivitas Mengajar Anak TK/RA dan PAUD. Bandung: CVArfino Raya.
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90
Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 3(2), 69– 79. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.3241
Bundu, P. (2006). Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Eliwarti. (2016). Penerapan Strategi Penemuan Terbimbinguntuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahundi TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 130–140. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3688
Fiandi, A. (2023). Analisis Makna Pengetahuan, Sains, Ilmu Dan Ma’rifah. Journal of Islamic and Educational Research, 1(2), 59-66
Febriagivary, A. H. (2021). Pengembangan Keterampilan Proses Sains (KPS) Anak Usia Dini Dengan Pemanfaatan Audio Visual Dalam Menopang Program KKN Tematik di Kecamatan Mandalajati. Jurnal Care, 9(1).
Izzuddin, A. (2019). Sains dan Pembelajarannya pada Anak Usia Dini. Bintang, 1(3), 353-365.
Jaelani, W., Sar’iyyah, N., Abdullah, A. N., & ... (2023). Literasi Sains: Cinta Lingkungan Untuk Peserta Didik SD I Watujara. MENGABDI : Jurnal Hasil Kegiatan Bersama Masyarakat, 1(6).
Latifah, N., Khotimah, N., & Fitri, R. (2024). Pengaruh Pembelajaran Sains dan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory and Education), 12(1), 36–44. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19991
Mulyadi, O. W., Mahfud, H., & Pudyaningstyas, A. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Guided Discovery dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Muthia, K. A. (2020). Kecenderungan Berpikir Kritis dalam Bereksperimen Sains pada Anak Kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 199–208. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68876
Noerviana, A. P., Mariska, R. N., Vita, N., Eka, S., Putri, N., & Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Dengan Kegiatan Eco Enzyme Pada Guru Paud Di Gugus 1 Kecamatan Sawahan. Prosiding Seminar Nasional UNARS, 60–66.
Noerviana, A. P., Mariska, R. N., Ramadhani, N. V. S. E., Septiana, N. P., Citra, & Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Pembelajaran Berbasis Projek dengan Kegiatan Eco-enzyme untuk Mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka. BATIK: Jurnal Pengembangan Dan Pengabdian Masyarakat Multikultural, 1(2), 89–93.
Nurhandayani, Nirmala, I., & Putri, F. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Balok di PAUD Plamboyan 3 Karawang. Jurnal CARE, 9(2)
Nurul Latifah ,Nurul Khotimah, Ruqoyyah Fitri. 2024. Pengaruh Pembelajaran Sains dan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education). 12 (1), hal. (36-44)
Putri, S. U. (2019). Pembelajaran sains untuk anak usia dini. UPI Sumedang Press Rineka Cipta.
Purnawati, L., Kusumastuti, N., & Rachman, B. (2024). Peningkatan Proses Keterampilan Sains melalui Kegiatan Berkebun Hidroponik pada Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory and Education), 11(2), 19–27. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19753
Rasyid, H., Mansyur, & Suratno. (2009). Asesmen Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Multi Presindo.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2000). Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wisnu, K., Wijaya, B., Ayu, P., & Dewi, S. (2021). Pembelajaran Sains Anak Usia Dini dengan Model Pembelajaran Children Learning in Science. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 142–146.
Yulianti, D. (2010). Bermain Sambil BelajarSains di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Indeks.
Wingsi, M. S., & Yaswinda. (2020). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1228–1236. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/589.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muh Hamdani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.