Pengenalan Kosakata Bahasa Arab (Mufrodat) pada Anak Usia 5-6 Tahun di TKIT Bunayya 7

Authors

  • Zyhan Risty Andini Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sarah Nabila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sinta Affrilliana Sari Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hilda Zahra Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21682

Keywords:

anak usia dini, kosakata, metode bernyanyi

Abstract

Pengenalan kosakata bahasa Arab pada anak usia dini merupakan langkah penting dalam membangun sebuah fondasi pembelajaran bahasa yang kokoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pengenalan kosakata melalui metode bernyanyi kepada anak usia 5-6 tahun. Metode yang digunakan adalan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi. Pada usia ini, anak berada dalam tahap perkembangan bahasa yang pesat, dan penggunaan metode yang menyenangkan dapat mempercepat proses pembelajaran mereka. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah melalui bernyanyi, karena lagu dapat menarik perhatian anak, meningkatkan daya ingat, serta membuat pembelajaran lebih interaktif. Subjek penelitian adalah anak-anak yang berada di TKIT Bunaya 7. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengenalan kosakata bahasa arab (mufrodat) dilakkukan untuk mendukung kemampuan bahasa Arab dengan pendekatan yang sesuai dengan kebutuhan anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N., & Yuliana. (2021). Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf al-Quran pada Anak melalui Metode Iqra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2556–2562

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Ekayati, I. A. S., & Mariska, L. (2025). Inovasi Quantum Learning dan Media Kotak Huruf: Solusi Membedakan Huruf. Jurnal Care, 12(2), 292–299

Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah . Jurnal Edukatif , 7.

Fauziddin Mohammad, M. F. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah yan dilenkapi Kosakata. Journal for Education Research , 1 (1).

Halid, A. A.-Z., & Anwar, R. N. (2024). Urgensi Kemampuan Bahasa Arab Terhadap Komunikasi pada Pendakwah. Ahsan: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 3(2), 107–116

Mardhi, M. R. (2024). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah , 3(5).

Munawwarah H, H. (2022). Implementasi Pengenalan Kosakata Bahasa arab Pada Anak usia 5-6 tahun. Jurnal obsesi: Jurnal pendidikan anak usia dini , 10 (10).

Muzayyin A, S. F. (2023). Pembelajaran bahasa Arab pada anak usia dini untuk memahami al-qur'an. Jurnal iiq .

Oktaviana, A., Khomsiyati, S., & Oktavianti, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Kreatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak di PAUD Budi Luhur II Kecamatan Braja Selebah. Jurnal Care, 12(2), 322–332. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21639

Rani, H. I. (2022). Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini Melalui Ghina’ Arabiy (Lagu Bahasa Arab) Di Tk Al-Munawwar Panyabungan. Journal Of Community Dedication And Development , 2 (1).

Ridwan, F. A. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi Dalam Meningkatkan Penguasaan Mufrodatdalam Pembelajaran Bahasa Arab Di Raodhatul Athfal. Didaktika: Jurnal Kependidikan , 13 (1).

Rozi fahrur, s. d. (2023). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research , 3 (3).

Saidah, R. (2017). Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini. utile Jurnal Kependidikan .

Salma, U. N. (2020). Pembelajaran Mufrodat Dengan Metode Bernyanyi Anak Kelas B Ra Perwanida XXV Wonogiri . Jurnal Thulabuna , 2(1).

Siska Ayunita, L. Z. (2024). Meningkatkan Kosakata Bahasa Arab Anak Usia 5-6 Tahun melalui metode bernyanyi. Journal psychology and child development , 4 (2).

susanti susi, p. w. (2025). Analisis Program Pembelajaran Al-Qur’an Pada Kelompok Usia 2-3 Tahun Di TPA Al-Ishlah Gorontalo. jurnal care , 13 (1).

Susiawati, W. (2018). implementasi teori chomsky dalam bahasa bahasa alqur'an. Jurnal Pendidikan dan Kebahasa Araban , 274.

Susiyati, Mayangsari, D., & Adhani, D. N. (2019). Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Klasifikasi Benda Pada Anak Kelompok A Di Tk Dharma Wanita Blaban Batumar-Mar Pamekasan. Jurnal Children Advisory Research and Education, 7(1), 15–26

ulin, N. (2024). Metode Bernyanyi Nadzam Kitab “Ra’sun Sirah” Untuk Menambah Perbendaharaan Mufradat Pada Santritpq Roudlotul Athfal Wonosari Gunungkidul. Jurnal madaniyah , 14 (2).

Yakin ainul, j. U. (2020). Metode Pembelajaran Bahasa Arab Bagi Anak Usia Dini(Studi Kasus Di Paud Darul Ulum Pa Prenduan Sumenep). 5 (2).

Yenni Yunita, d. (2023). Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Di Sekolah Taudal-Fatih Pekan BarU. Community Education Engagement Journal , 4 (2), 18.

Zahra Nursyahadati, Y. Y. (2023). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengingat Kosakata Bahasa Arab Pada Anakusia Dini Melalui Metode Gerak Dan Lagu. Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education , 4 (1), 70.

Zaenullah, & Anwar, R. N. (2021). Intervention of Peer Groups in Strengthening Youth Religious Character Based on Art Activities Rebbana. IJoASER (International Journal on Advanced Science, Education, and Religion), 4(2), 117–125. https://doi.org/https://doi.org/10.33648/ijoaser.v4i2.7

Downloads

Published

2025-01-13

Issue

Section

Articles