Analisis Program Pembelajaran Al-Qur’an Pada Kelompok Usia 2-3 Tahun Di TPA Al-Ishlah Gorontalo

Authors

  • Susi Susanti IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Wiwik Pratiwi IAIN Sultan Amai Gorontalo
  • Munirah IAIN Sultan Amai Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21620

Keywords:

al-qur'an, program, pembelajaran

Abstract

Taman penitipan anak Al-Ishlah Gorontalo memiliki program pembelajaran al-quran anak-anak akan diperkenalkan 14 huruf hijaiyah yang berharakat fatha (ﹷ) dan diperdengarkan murotal Al-Qur’an setiap hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan program pembelajaran al-quran pada usia 2-3 tahun di TPA Al-Ishlah Gorontalo. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui pengamatan dan wawancara, metode analisis data mencangkup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa perencanaan Program Pembelajaran Al-Quran Pada Usia 2-3 Tahun Di TPA Al-Ishlah Gorontalo telah dirancang secara sistematis dan terstruktur. Namun, terdapat kekurangan dalam keterlibatan guru dalam penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran al-quran pada kelompok usia 2-3 tahun di TPA Al-Ishlah Gorontalo menggunakan metode wafa dimana anak-anak akan diperkenalkan 14 huruf hijaiyah yang dimulai dari huruf م (ma) melalui pendekatan otak kanan kreatif dan tahapan 5P (Pembukaan, Pengalaman, Pengajaran, Penilaian, dan Penutupan). Meskipun demikian, pembelajaran belum sepenuhnya disesuaikan dengan kemampuan setiap anak. Untuk menyikapi hal tersebut, TPA Al-Ishlah Gorontalo telah memberikan solusi dengan menerapkan pembelajaran BSP (Baca Simak Privat) untuk meningkatkan hasil belajar anak. Evaluasi program dilakukan secara harian dan bulanan, dengan penilaian berbasis kartu prestasi dan jurnal harian, dan rekap prestasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 44–50. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i2.1342

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605

Anwar, R. N., & Yuliana. (2021). Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf al-Quran pada Anak melalui Metode Iqra. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 5(5), 2556–2562

Anwar, R. N. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1–7.

Aminuddin, Isnu Rizka. 2020. “Program Pembelajaran Di Ra Tiara Chandra Perdukuhan Prancak Panggungharjo Kecamatan Sewon Kabupaten Bantul Yogyakarta.” 274–82.

D. Santiago dan A. kOSASIH. 2022. “Penggunaan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Alquran Di Sekolah Dasar Islam Khaira Ummah.” Pendidikan Islam Anak Usia Dini 4:670–81.

Hajerah, & Syamsuardi. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 1–7. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21391

Luthfiyyah Tasya, Azizah Zein, and Masganti Sit , Rhea Aquilla Fawaz. 2025. “Strategi Orang Tua Dalam Pembiasaan Doa Harian Pada Anak.” Jurnal Care (Children Advisory Research and Education) 12(1):238–47.

Mamnum G G. 2019. “Pelaksanaan Program Pembelajaran Di Sekolah Full Day (Studi Di Sdit Lhi Yogyakarta).” Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar (3):8–19.

Nurchahyani, & Kurniawaty, L. (2022). Kreativitas Guru Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi. Jurnal Care, 9(2).

Nurul, H. Anisa. 2022. “Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Menggunakan Metode Wafa Di Tk It Cita Mulia Ajibarang Kabupaten Banyumas.”

Pangastuti, Ratna. 2017. “Pembelajaran Al-Quran Anak Usia Dini Melalui Metode ‘“Wafa.”’” Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE) 2(1):109–22.

Sahidu, H. 2018. “Pengembangan Program Pembelajaran Fisika.” Mataram: FKIP Universitas Mataram 1:119–27.

Sari, Putri Kartika, and Akhtim Wahyuni. 2024. “Penerapan Metode Wafa Dalam Pembelajaran Pengenalan Huruf Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(3):11. doi: 10.47134/paud.v1i3.408.

Supriyatin, I., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2023). Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Care, 10(2), 45–52.

Sri Maharani, Izzati. 2020. “Pembelajaran Baca Tulis Al- Qur ’ an Anak Usia Dini.” 4(2):1288–98.

Talango, Sitti Rahmawati. 2020. “Konsep Perkembangan Anak Usia Dini.” Early Childhood Islamic Education Journal 1(1):92–105. doi: 10.54045/ecie.v1i1.35.

Downloads

Published

2025-01-12

Issue

Section

Articles