Penanaman Sikap Empati dan Kepedulian pada Anak Melalui Metode Keteladanan di Lingkungan Keluarga

Authors

  • Sriyanti Nihi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga
  • Khamim Zarkasih Putro Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21619

Keywords:

metode keteladanan, sikap empati, kepedulian

Abstract

Era globalisasi menyebabkan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Anak-anak dihadapkan dengan berbagai tantangan yang tidak hanya bersifat akademis, tetapi juga moral dan sosial. Sebagai respon terhadap fenomena ini, pendidikan karakter seperti sikap empati dan kepedulian sebagai landasan penting terhadap pribadi yang utuh. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis lebih dalam terkait dengan penanaman sikap empati dan kepedulian pada anak melalui metode keteladanan di lingkungan keluarga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi literatur. Sumber literatur yang digunakan meliputi artikel nasional dan internasional yang diterbitkan antara tahun 2017 hingga 2024. Dari artikel yang terkumpul kemudian dianalisis. Sumber literatur diperoleh melalui pencarian menggunakan database dan media elektronik seperti Google Scholar, Consensus, Litmaps dan Open Knowledge Maps dengan fokus pada topik sikap empati dan kepedulian, metode keteladanan dan anak usia dini. Selanjutnya dilakukan pengorganisasian data. Pada tahap pengorganisasian, data disajikan dalam bentuk narasi, kemudian diikuti dengan proses penafsiran data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman sikap empati dan kepedulian pada anak melalui metode keteladanan di lingkungan keluarga terbukti efektif membentuk karakter anak, seperti pemberian contoh langsung, interaksi sehari-hari, dan konsistensi perilaku orang tua memberikan landasan moral yang kuat untuk membangun hubungan sosial yang harmonis. Temuan ini diharapkan dapat menjadi kontribusi bagi pengembangan model pendidikan karakter berbasis keluarga yang relevan dengan kebutuhan zaman, dan menjadi acuan bagi orang tua serta pendidik dalam mendukung tumbuh kembang anak secara holistik, baik aspek kognitif, emosional, maupun sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

References

A, L., & A, W. (2021). Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Cinta Tanah Air Berbasis Kearifan Lokal Bahasa Jawa pada Anak Usia Din. Sistem Informasi Manajemen, 4(1), 75–95.

Abbas, N., & Nuriana, M. A. (2023). Methods Of Teacher ’ S Executive Ability On Student Intelligence ( Study the book Rasulullah the Teacher by Abdul Fattah Abu Ghuddah ). Jurnal Studi Islam Dan Sosial, 4(c), 26–38.

Aini, F. Q., Yuli, R., Hasibuan, A., & Gusmaneli, G. (2024). Pendidikan Karakter Sebagai Landasan Pembentukan Generasi Muda. Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(4), 54–69.

Aini, N., Kurniawan, A. D., Andriani, A., Susanti, M., & Widowati, A. (2023). Literature Review : Karakter Sikap Peduli Sosial Nur. Jurnal Basicedu, 7(6), 3816–3827.

Alifya, N. D. (2024). Peningkatan sikap empati anak usia 5-6 tahun melalui media buku ilustrasi fenomena palestina di tk islam asshafa.

Amaniyah, I. F., & Nasith, A. (2022). Upaya Penanaman Karakter Peduli Sosial Melalui Budaya Sekolah Dan Pembelajaran IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(2), 81–95.

Ambarita, V. M., Kawatu, L. P. I., Sitorus, J., & Zega, R. F. W. (2024). Menumbuhkan Kepekaan Dan Kepedulian : Mendidik Anak Usia Dini Dengan Nilai-Nilai Teologis Dan Pastoral. Pediaqu: Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 464–472.

Anwar, R. N. (2024). Pelatihan Pemanfaatan Artificial Intelligence pada Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran di Kota Kediri. Jumat Informatika: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 119–124. https://doi.org/https://doi.org/10.32764/abdimasif.v5i2.4976

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605

Astuti, H. P., Nugroho, A. A. E., & Dewi, N. A. R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Berbasis Keanekaragaman Hayati Dalam Pembentukan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Ilmiah, 12(1), 66–74.

Azhari, A., Mujahidin, E., & Hafidhuddin, D. (2020). Metode Keteladanan Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Dan Al-Hadist. Annual Connference on Islamic Education and Though, I(I), 145–156.

Bakar, A., & Siregar, A. (2021). Pendekatan Pendidikan Anak : Keteladanan , Nasehat dan Perhatian. AUD Cendekian: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(1), 1–8.

Bulut, B., & Aslan, S. (2019). The Effect of Communication and Immigration Activities in 7th Grade Social Studies Course on the Empathy Skills of Students. Journal of Education and Training Studies, 7(5), 86–91. https://doi.org/10.11114/jets.v7i5.4224

Daynia, I. ichi. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak Ikhfasya. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(1), 28–31.

Ernst, J., & Budnik, L. (2022). Fostering Empathy for People and Animals : An Evaluation of Lake Superior Zoo ’ s Nature Preschool. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 9(2), 3–16.

Ernst, J., Underwood, C., Nayquonabe, T., & Oreilles, L. C. (2023). Everyone Has a Piece of the Story : A Community of Practice Approach for Supporting Early Childhood Educators ’ Capacity for Fostering Empathy in Young Children through Nature-Based Early Learning. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 11(1), 34–62.

Fithriyana, E. (2019). Menumbuhkan Sikap Empati Melalui Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Pada Sekolah Berasrama. Al-Ulya: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 42–54.

Hamid, A., & Pengawas. (2020). The Application Of Examplary Methods As A Learning Strategy To Improve Results Of Islamic Education Learning. Al-Fikrah: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan Dan Keislaman, 3(2), 155–169.

Hanny, C. R. P., Andini, B., & Gusmanel. (2024). Pola Asuh Orang Tua Dan Dampaknya Pada Karakter Anak. Jurnal Psikologi Bimbingan Konseling, 7(2), 1–10.

Harti, S. D. (2023). Keteladanan Orang Tua dalam Mengembangkan Moralitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5369–5379. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5191

Irma, M. C. N., Harmawati, D., & Fitrianti, H. (2024). Analisis Kemampuan Empati Anak Usia 4-5 Tahun. Seulanga: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 100–108.

Juwitaningrum, Rakhmawati, D., & Handayani, A. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Moral Spiritual Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Metode Pembiasaan. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 10(02), 1362–1367.

Kuntarti, K., & Rustina, Y. (2018). Empathy and Compassion as a Caring Personality and Their Functional Neuroimaging in theBrain : Brain : A Literature Review. Proceeding of International Conference of Mental Health, Neuroscience, and Cyberpsychologi, 77–82.

Kusuma, L., Dimyati, & Harun. (2022). Perhatian Orang tua dalam Mendukung Keterampilan Sosial Anak selama Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 473–491. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.959

Downloads

Published

2025-01-09

Issue

Section

Articles