Penggunaan Media Lampu Warna terhadap Perkembangan Bahasa Arab Anak Usia Dini

Authors

  • Emilia Fitri Harahap Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Khairunnisa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nabilah Araminta Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hilda Zahra Lubis Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21544

Keywords:

anak usia dini, bahasa arab, lampu warna

Abstract

Bahasa memiliki keterampilan yang penting untuk dikuasai terutama untuk anak usia dini, Bahasa Arab anak usia dini adalah bahasa asing yang dipelajari oleh anak-anak Indonesia melalui proses pembelajaran yang disengaja dan disadari. Pembelajaran Bahasa pada anak usia dini diharapkan dapat ditingkatkan melalui kegiatan yang lebih menari,termasuk dengan mrnggunakan media. Salah satu metode yang dapat digunakan adalah penggunaan media pembelajaran interaktif, seperti lampu warna. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian media lampu warna terhadap perkembangan bahasa Arab untuk anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, dokumentasi, wawancara, studi kepustakaan, teknik pengumpulan data dengan menganalisis buku, jurnal dan artikel yang masih berhubungan dengan topik penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media lampu warna berhasil mengembangkan bahasa Arab untuk anak usia dini. Dengan menggunakan media lampu warna anak lebih semangat dalam belajar bahasa arab, proses pembelajaran bahasa arab terasa lebih menyenangkan, anak lebih mudah menangkap dan mudah memahami setiap materi yang diberikan oleh guru. Penelitian ini hanya pada media lampu warna dalam pemerolehan bahasa Arab bagi anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, A., Afifah, S. N., Anwar, R. N., Sari, N. V. E., & Putri, R. L. (2024). Management to Create Child-Friendly Childhood Islamic Education Institutions Schools in Early. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo, 11, 105–114.

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam Untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi Pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117–126. https://doi.org/10.21009/jiv.1502.3

Ariani, N. P. A. D., & Putra, I. B. K. S. (2024). Stimulasi Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal CARE (Children Advisory and Education), 12(1), 79–87. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19826

Anwar, R. N., Agusrini, P. A., & Aulia, S. T. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran guna Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru di SMP Negeri 3 Kutorejo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81–85.

Bahasa, P., Anak, A., Dini, U., & Karakter, B. N. (2020). 46 | Jurnal Warna Vol. 4, No. 1, Juni (2020). 4(1), 46–64.

Bakri, M. A. (2017). Metode Langsung (Direct Method) Dalam Pengajaran Bahasa Arab. Al-Maraji’ (Jurnal Pendidikan Bahasa Arab), 1(1). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/al-maraji/article/view/2385

Chandrawati, T., & Aisyah, S. (2022). Penanaman Cinta Lingkungan Pada Masyarakat PAUD.Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1). https://doi.org/10.37905/aksara.8.1.131-136.2022

Darmayanti, R., Baiduri, B., & Sugianto, R. (2022). Learning Application Derivative Algebraic Functions: Ethnomathematical Studies and Digital Creator Books. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 2212–2227.

Fauziddin, M. (2016). Peningkatan Kemampuan Kerja Sama melalui Kegiatan Kerja Kelompok Pada Anak Kelompok A TK Kartika Salo Kabupaten Kampar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1)

Fitriyani, Syafrida, R., & Fauziah, D. N. (2023). Perkembangan Motorikhalus Anak Usia Dini Dengan Kolase Media Kertas Koran Bekas. Jurnal Care, 10(2), 38–44

Firdaus. (2019). Prinsif Prinsif Dalam Pembelajaran. Ash-Shahabah, 5(1), 11–19

Guslinda dan Kurnia Rita (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini (CV Jakad Publishing : Surabaya)

Hamidin, N. M. (2020). The Usage of Direct Method in Learning Arabic at Home. E-Jurnal Bahasa Dan Linguistik, 2(2). https://ejbl.kuis.edu.my/index.php/e-jbl/article/view/55

Hermawan, A. (2021). Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab. Rosda Karya.

Idris, Muhammad, dkk, Masnipal. (2013). Siap Menjadi Guru danPengelola PUAD Profesional. Jakarta: PT Gramedia.

Lestariningrum, A. (2017). Implementasi Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini Di Kota Kediri (Studi Pada Paud Inklusif Ybpk Semampir, Kecamatan Kota, Kediri). Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 4(2), 53–68.

Kasmiati, & Kurniawan, H. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Wadas Kelir Press.

Meryana, F. (2021). Pengaruh Metode Discovery Terhadap Kemampuan Mengenal Warna pada Anak Usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalirejo Lampung Tengah [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/13707/

Montessori, M. (2021a). Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Pustaka Pelajar.

Montessori, M. (2021b). The Absorbent Mind: Pikiran yang Mudah Menyerap. Terj. Daryatno. Pustaka Pelajar.

Mulyana, E. H., Nurzaman, I., & Fauziyah, N. A. (2017). Upaya Meningkatkan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Warna. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 76–91. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7170

Nityanasari, D. (2020). Alat Permainan Edukatif Pasak Warna Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 10. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/YaaBunayya/article/view/6681/4241

Rahayu, S., Wangsanata, S. A., Alivia, A., & Muhimmatun, A. (2024). Pengenalan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory and Education), 12(1), 88–98. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20199

Ragil, Y. A., Meilani, S. M., & Akbar, Z. (2020). Evaluasi Sistem Penjaminan Mutu Internal Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 567. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.420

Syah, I. J. (2019). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Asing Terhadap Anak Usia Dini. JCE (Journal of Childhood Education), 2(1). https://doi.org/10.30736/jce.v1i2.14

Sumarseh, Delfi Eliza (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume 5 Nomor 1.

Putera, D. B. R. A., & Nazarullail, F. (2020). Mengembangkan Kemampuan Mengenal Warna Melalui Indikator Alami Asam Basa Pada Anak Paud. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 213–219.

Qomariyah, S., Darmayanti, R., Rosyidah, U., & Ayuwanti, I. (2023). Indicators and Essay Problem Grids on Three-Dimensional Material: Development of Instruments for Measuring High School Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 11(1), 261–274. https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14708.

Uliyah, A., & Isnawati, Z. (2019). Metode Permainan Edukatif Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Shaut Al Arabiyyah, 7(1), 31. https://doi.org/10.24252/saa.v1i1.9375

Pagarra Hamzah, dkk (2022). Media Pembelajaran (Badan Penerbit UNM : Gunungsari)

Widyastuti, A. (2018). Analisis Upaya Guru dalam Mengembangkan Bahasa pada Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 6(1), 10–17.

Downloads

Published

2025-01-09

Issue

Section

Articles