Strategi Orang Tua dalam Pembiasaan Doa Harian pada Anak

Authors

  • Luthfiyyah Tasya Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Azizah Zein Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rhea Aquilla Fawaz Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Masganti Sit Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21510

Keywords:

anak, doa, strategi orangtua, pembiasaan

Abstract

Pembiasaan doa harian pada anak usia dini adalah proses mengenalkan dan memperkuat kebiasaan berdoa sebagai bagian dari rutinitas harian untuk menanamkan nilai spiritual dan moral. Anak usia ini mulai memahami nilai-nilai melalui pengulangan dan pengalaman langsung. Orang tua memiliki peran utama dalam membimbing anak menginternalisasi doa sebagai bagian dari rutinitas harian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam mengenai strategi orang tua dalam membiasakan doa harian pada anak yang berusia 5-6 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di lingkungan TK IT Bunayya 7, subjek penelitian sebanyak 2 orang tua. Penelitian mengggunakan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara dengan orang tua anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua membiasakan anak berdoa melalui contoh langsung, rutinitas, dan penguatan positif, mendukung perkembangan moral, spiritual, dan kedisiplinan anak. Implikasinya, strategi ini memberikan panduan praktis bagi orang tua dalam membiasakan doa harian pada anak untuk mendukung pembentukan karakter moral dan spiritual.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Nasrullah dan Nur Hayati. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Religius Anak. Jurnal Pendidikan Karakter Islam, 6, 42–56.

Anwar, R. N., Priyanti, I., Sukowati, U., Mubarokah, L., & Yuniya, V. (2020). Penguatan Orangtua Di Tengah Pandemi Guna Dalam Menjaga Fitrah Anak. E-Prosiding Hapemas, 1(1), 386–392.

Anwar, R. N. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1–7.

Anwar, R. N. (2021). Penanaman Nilai-Nilai Islam Moderat Pada Anak Usia Dini Dalam Keluarga Sebagai Upaya Menangkal Radikalisme. Al Fitrah Journal Of Early Childhood Islamic Education, 4(2), 155–163.

Apriliana N , Rusdiyani I, M. K. (2019). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal CARE, 7(1), 7–14. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=928431&val=8253&title=Implikasi Dapodik Di Paud Non Formal

Atmojo, W. T. (2019). Psikologi Pendidikan: Pendekatan Ekologi dalam Pengembangan Anak. Prenada Media Group.

Bronfenbrenner’. (2021). Teori Ekologi dalam Psikologi Perkembangan: Perspektif Bronfenbrenner. Urnal Psikologi Perkembangan, 10, 123.

Erica, D. (2016). Penerapan Parenting pada Perkembangan Anak Usia Dini Menurut Sudut Pandang Islam. Cakrawala: Jurnal Humaniora, 16.

Fajarwatiningtyas, Akbar, I. (2023). Metode Pembiasaan dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 7, 490–497.

Fauziyah, S., Fahrrurozi, Y., & Yofita, S. (2022). Studi Literatur: Implementasi Model Pembelajaran Habit Forming dalam Penguatan Kedisiplinan Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar Selama Pembelajaran Daring. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4, 765–770.

Herlina, Marmawi, & Yuline. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Doa dalam Kegiatan Sehari-hari melalui Pembiasaan Pada Anak Usia 5-6. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Untan, 3(12), 1–13. https://www.neliti.com/publications/214870/peningkatan-kemampuan-membaca-doa-dalam-kegiatan-sehari-hari-melalui-pembiasaan

Hidayah, S. N. (2021). Implementasi Pembiasaan Doa Harian pada Anak Usia Dini Melalui Media Stiker di KB Hidayatussibyan Wadaslintang.

Iswantiningtyas, V. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin Terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal CARE, 5(2), 14–20.

Laela Lutfiana Rachmah, Dessy Farantika, M. (2025). Pengembangan Media Pakar untuk Pengenalan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Kelompok B. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education): Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 12, 192–193.

Ninik Hirawati, D. W. P. (2022). Kumpulan Doa Sehari-hari Beserta Apersepsinya. Indocamp.

Nurbaiti. (2024). Penerapan Metode Pembiasaan Dalam Meningkatkan Hafalan Doa Sehari-Hari Pada Kasih Ibu Kecamatan Semparuk Tahun Pelajaran 2022-2023. Jurnal Lunggi: Jurnal Literasi Unggulan, 2(1), 89–90.

Palintang, T. A., Jalil, N., Insyira, Y. I., Bahtiar, N., & Irawati, S. N. (2024). Pendidikan Keluarga (Parenting Education).

Peradila, S., & Chodijah, S. (2020). Bimbingan Agama Islam Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1.

Purnama. (2022). Perkembangan Moral Manusia dalam Perspektif Jean Piaget dan Lawrence Kohlberg.

Rahman, A. A. (2021). Integrasi Teori Perkembangan Moral dalam Pendidikan Anak: Perspektif Piaget dan Kohlberg. Psympathic: Jurnal Ilmu Psikologi, III, 37–44.

Slameto. (2015). Psikolog Pendidikan. Rineka Cipta.

Sulichah, N., & Khotimah, N. (2022). Pengaruh Aktivitas Menghafal Doa Harian Terhadap Nilai Agama Dan Moral Anak Usia 5-6 Tahun di RA Tarbiyatul Aulad Karangtanjung Sidoarjo. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 2(2), 37–51. https://doi.org/10.37216/aura.v2i2.548

Tarsono. (2020). Implikasi Teori Belajar Sosial (Social Learning Theory) dari Albert Bandura dalam Bimbingan dan Konseling. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1).

Umar Salamah & Abdul Hidayatullah. (2021). eran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak (Perspektif Al-Qur’an dan Hadis). L-Mudarris: Journal of Education, 4, 49–63.

Yanti, Z., Sitorus, M., & Khadijah, K. (2022). Model Pengembangan Parenting Islami Pada Aspek Keterampilan Hidup (Life Skill) Untuk Anak Usia 4 – 6 Tahun. Research and Development Journal of Education, 8(2), 734. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13122

Downloads

Published

2024-12-31

Issue

Section

Articles