Upaya Peningkatan Karakter Sosial Emosional Anak melalui Metode Demonstrasi di TK Plus Usman Al Farsy Nurul Hikmah

Authors

  • Dwi Ramadhaniya Ririyanti Universitas Islam Madura
  • Dewi Pusparini Universitas Islam Madura
  • Khairun Nisa' Universitas Islam Madura
  • Devi Sulistiani Universitas Islam Madura
  • Putriyatus Sani Universitas Islam Madura
  • Khotimatul Hosna Universitas Islam Madura

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21497

Keywords:

anak usia dini, demonstrasi, sosial emosional

Abstract

Perkembangan sosial emosional perlu dikembangkan sebaik mungkin karena akan berdampak pada kesiapan anak memasuki sekolah, seperti anak mampu menjalin pertemanan serta komunikasi yang baik dengan guru dan teman sebayanya, juga akan dibawa sampai mereka dewasa nanti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan karakter sosial emosional anak. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan instrumen pedoman wawancara dan lembar pengamatan. Lokasi penelitian adalah di TK Plus Usman Al Farsy kelompok B. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aspek perkembangan sosial emosional anak mengalami peningkatan setelah diberikan tindakan dengan menggunakan metode demonstrasi pada tiap siklus, dimana peningkatan yang terjadi yaitu anak sudah mampu mengatur emosinya sendiri, anak mampu berinteraksi dengan baik bersama teman sebayanya yaitu dengan bersabar menunggu giliran setiap melakukan kegiatan. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa setelah tindakan penggunaan metode demonstrasi, seluruh siswa sudah mencapai kriteria ketuntasan minimal penilaian terlihat dari peningkatan siklus 1 sebesar 67,4% dan siklus 2 sebesar 84,3%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N., Mulyadi, & Soleh, A. K. (2022). Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD untuk Meningkatkan Mutu Pendidik. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 404–414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1577

Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296–302.

Arimbi, G., & Amalia, A. (2024). Upaya Guru Untuk Pembiasaan Perilaku Disiplin Pada Anak Di Tk Bandara Kuburaya. 7(2019), 14395–14401.

Asia, N., Suryati, & Duku, S. (2024). Penerapan metode demonstrasi pada mata pelajaran fiqih di MTS Muhammadiyah 15 Medan. Jurnal Keislaman Dan Kemasyarakatan, 8(2), 423–445. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/aliman/article/view/4441

Aulia, D., & Sudaryanti, S. (2023). Peran Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4565–4574. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.4056

Aullya, N. (2024). pendidikan sosial emosional: fondasi kesehatan mental dan kemandirian anak. https://kumparan.com/nurul-aullya/pendidikan-sosial-emosional-fondasi-kesehatan-mental-dan-kemandirian-anak-23dL9Blqd1l

Darmiana, & Hijriati. (2024). Penerapan Tari Dampeng Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Care, 12(1), 161–171. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20167

Irayanti, I., & Sundawa, D. (2023). Children See, Children Do: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai Moral Pancasila. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3057–3066. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4362

Khadijah, K., Putri, H. A., Akhiriyah, A. F., Nasution, A. Z., Pratiwi, E. S., Harahap, M. J., & Rahmawati, N. (2024). Mengembangkan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Bercerita. Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(3), 137–146. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i3.2860

Kholifah, S. N., & Rizqiyani, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Di Tk Darul Muttaqin Desa Bulu Sari Kecamatan Bumi Ratu Nuban Lampung Tengah. IJIGAEd: Indonesian Journal of Islamic Golden Age Education, 3(1), 24–31. https://doi.org/10.32332/ijigaed.v3i1.5802

Marlinah, M., & Priyanti, N. Y. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Ular Tangga pada Kelompok B di TK Al Khairiyah Jatibening, Bekasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 4135–4142. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/1525

Mi’rotul, R. (2023). Peran Pendidikan Holistik Bagi Pengembangan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 154–165.

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346

Nurhayyu Humairoh Amriyadi, Umi Nur Kholifah, Konto Iskandar Dinata, L. A. (2024). Review Literatur: Perkembangan Sosial Emosional pada Anak Usia Dini. International Conference on Tradition and Religious Studies, 3(1).

Rifki, M., & Komarudin, O. (2023). Upaya Meningkatkan Karakter Anak Usia Dini Melalui Bermain Bahan Alam Kelompok A RA Darul Ma ’ arif Pamanukan Subang. 01, 43–56.

Rohmad Arkam, & Mulyono. (2020). Strategi Pengembangan Kemampuan Sosial Emosional Berbasis Kearifan Lokal Di Tk Muslimat Nu 089 Kepatihan Ponorogo. Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 179–184. https://doi.org/10.35457/konstruk.v12i2.1106

Solihah, Z. A., Qonita, Q., & Mulyana, E. H. (2024). Upaya Guru dalam Mencapai Kematangan Kemampuan Sosial Emsoional Anak melalui Bermain Peran. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 6(1), 208–213. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v6i1.7232

Sosial, P., Metode, M., Pada, D., Kelompok, B., Falasifa, T. K., H, I. T., Susmiati, I., K, S. N. F., & Nurmufidah, G. (2024). Peningkatan Sosial dan Emosional Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok B di TK Falasifa Surabaya. 5(1), 38–47.

Sovia Oktaviana, Elan, P. (2024). Analisis Pola Interaksi Guru Dalam Membangun Karakter Kemandirian Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2).

Suryana, D. (2021). pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran.

Widyawati. (2023). Upaya meningkatkan perkembangan sosial emosional anak melalui permainan tradisonal gopa di TK Melati desa mbawa kecamatan donggok kabupaten bima nusa tenggara barat. Nucl. Phys.

Wulandari, riska ayu. (2023). Peran guru dalam meningkatkan perkembangan sosial emosional anak di kelompok bermain ummul quro kecamatan trimurjo kabupaten lampung tengah. Nucl. Phys., 13(1), 104–116.

Yusuf, R. N., Al Khoeri, N. S. T. A., Herdiyanti, G. S., & Nuraeni, E. D. (2023). Urgensi Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak. Jurnal Plamboyan Edu (JPE), 1(1), 37–44. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/plamboyan/article/view/320

Downloads

Published

2024-12-28

Issue

Section

Articles