Penggunaan Metode Reward dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.21493Keywords:
anak usia 4-5 tahun, reward dan punishment, kedisiplinanAbstract
Anak adalah buah hati dan sekaligus menjadi investasi orang tua di masa mendatang. Ketika di pendidikan formal seperti TK atau PAUD, terkadang perilaku anak seringkali berlebihan. Oleh sebab itu, alternatif yang diberikan adalah metode reward dan punishment. Penelitian ini bertujuan untuk mendisiplinkan dan mendidik anak dengan kasih sayang bukan untuk menakut-nakuti atau mengancam mereka. Pendekatan penelitian yang akan digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian menggambarkan tentang penggunaan reward dan punishment dalam meningkatkan kedisiplinan pada anak usia 4-5 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan reward yang diterapkan di RA Azzahra berupa penghargaan seperti mendapatkan sebuah bintang atau dengan memberi pujian, acungan jempol, pelukan, sesekali mereka juga diberi hadiah berupa baris di depan nomer pertama, duduk dibangku depan, dan lain-lain. Sedangkan untuk penerapan punishment adalah hukuman bagi mereka agar mereka jera dan tidak melakukan kesalahan yang sama. Penggunaan sistem reward dan punishment sebagai upaya meningkatkan kedisiplinan anak usia 4-5 tahun di RA Azzahra terdapat 12 anak berkembang sangat baik dan 3 anak berkembang sesuai harapan, dari hasil tersebut dapat dilihat rata-rata anak mampu memperoleh kriteria perkembangan BSB yang artinya anak sudah berkembang sangat baik dan dinilai sudah meningkat kedisiplinan anak.
Downloads
References
Anwar, R. N. (2021). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1–7.
Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 3(2), 69– 79. https://doi.org/https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v3i2.3241
Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605
Al Gina Salsabilla, M. D. W. (2024). Mengembangkan Aspek Sosial Emosional Anak Menggunakan Model Cooperative Learning, Metode Bercerita, Metode Reward And Punishment. 4(1), 31–39.
Aswan Zen Syaiful Bahri Djamarah. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Renika Cipta, 2010.
Arikunto Suharsimi. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.
Berlian Ramadhanti, N., & Cholimah, M. (2023). Analisis Pola Asuh Keluarga terhadap Kedisiplinan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5698–5706. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5244
Binti Mukaromah, Raras Ayu Prawinda, Laela Lutfiana Rachmah, D. F. (2023). Peningkatan Kedisiplinan Melalui Media Stik Ice Cream Pada Siswa Kelompok B di TK Al Hidayah Jambewangi 01. 1(3), 166–184.
Christiana Hari Soetjiningsih. (2012). Perkembangan Anak Sejak Pembuahan Sampai Dengan Kanak-Kanak AKhir. Kencana Prenada Media Group.
Djamarah. Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, 2016 n.d.
Khoerunnisa, E. Y. (2019). Penerapan Reward Dan Punishment Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini. 112–120.
Kurniawati, K. (2021). Peningkatan kedisiplinan melalui metode reward and punishment pada Siswa Kelas 2 SDN Keputran. Foundasia, 12(1), 9–19. https://doi.org/10.21831/foundasia.v12i1.38913
Lismawarti, Salwiah, & Jeti, L. (2020). Meningkatkan Disiplin Anak melalui Pemberian Reward pada Anak Usia Dini Di Dea Waonu Kecamatan Kadatua Kabupaten Buton Selatan. Jurnal Lentera Anak, 1(2), 1–9.
Maman Rachman. (2003). Mendidik dan Menerapkan Disiplin Pada Anak Pra Sekolah. Gramedia.
Mini, Rose. 2011. Disiplin Pada Anak. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.
Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2018).
Ninda Apriliana, I. R., & Maryan, K. (2022). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal care. 10(1), 1–6.
Nur Fairuz Faizatul Mas’udah, S. W. (2021). Hubungan Pembelajaran Online Dengan Disiplin Anak Usia 5-6 Tahun Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Lamongan. 9(1).
Rofiatun, Kurotul Aeni, and H. (2023). Peranan Orang Tua Membentuk Kedisiplinan Anak dalam Mengerjakan Tugas. 7(1), 1186–1198. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4108
Slavin Robert E. (2008). Psikologi Pendidikan (Indeks (ed.)).
Soejono. (1980). Belajar Yang Efektif. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta CV.
Sugiyono. (2017b). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. 32–42.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D (ALFABETA (ed.)). Bandung.
Sulistyawati, E., & Tesmanto, J. (2021). Penerapan Metode Reward Dan Punishment Untuk Mengembangkan Kemampuan Emosional Dasar Anak Di PAUD Darul Amani Kosambi. Research and Development Journal of Education, 7(2), 511. https://doi.org/10.30998/rdje.v7i2.11240
Veny Iswantiningtyas. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin Terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal care. 5(2), 14–20.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Retno Risti Darmawati, Sefriyanti, Ririn Sanusi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.