Inovasi Quantum Learning dan Media Kotak Huruf: Solusi Membedakan Huruf

Authors

  • Ifa Aristia Sandra Ekayati Universitas PGRI Ronggolawe
  • Laila Mariska Universitas PGRI Ronggolawe

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21312

Keywords:

anak usia dini, huruf mirip, kotak huruf, quantum learning

Abstract

Anak-anak usia dini sering menghadapi tantangan dalam membedakan huruf-huruf yang tampak serupa secara visual yang mirip, seperti s dan z, serta b, d, dan p. Berdasarkan observasi awal hasil belajar dalam kemampuan membedakan huruf masih kurang dengan rata-rata dibawah 60% dan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik masih berpusat pada guru. Masalah tersebut diketahui pada saat kegiatan jurnal pagi anak menulis nama hari dan bulan. Tantangan ini dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan literasi awal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Quantum Learning yang dipadukan dengan media kotak huruf terhadap kemampuan anak dalam membedakan huruf-huruf mirip di kelompok A TK Baiturrohman. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Sample penelitian ini terdiri dari 10 anak kelas A1 dan 10 anak kelas A2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan bantuan SPSS 26.0. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model Quantum Learning yang dilengkapi dengan media kotak huruf meningkatkan kemampuan anak secara signifikan dalam membedakan huruf yang mirip. Dimana terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan model Quantum Learning dan Media Kotak huruf berpengaruh signifikan terhadap membedakan huruf yang mirip. Kombinasi ini efektif karena mengintegrasikan aspek kognitif, emosional, dan fisik dalam proses pembelajaran, yang membuat materi lebih mudah dipahami oleh anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adillia, N. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flashcard Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22990

Aprilianti, I. F., & Hasiana, I. (2024). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media Kartu Huruf. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 12(1), 120–129. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19993

Aulia Rahman, T., Fitri, N. L., & Aulia, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 145–157. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.411

Aulina, C. N. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. In Umsida Press. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3

Ekayati, I. A. S. (2024). Pengaruh Media Koca Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Pada Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Leran Weran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55719/gcej.v1i2.1169

Fitri, A., Nasution, F., & Maulana, M. (2023). Peran Penting Keluarga dalam Perkembangan Sosioemosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 480–489. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3071

Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2023). Chai’s Play, Aplikasi Parenting dan Permainan Milenial untuk Aktivitas Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 64–75. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2438

Januviarti, S. (2023). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kincir Angin Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Dan Angka di TK Negeri 15 Bengkulu Selatan. UIN Fatmawari Sukarno. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3027

Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Maria Lestari, A., Nurwili, Wahyuni, S., & Azian, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Menggambar Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.126

Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821

Puspitorini, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE, 6(1), 47–57. h

Rahayu, E. E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips di Kelas IV Mi Nurul Islam Kecamatan Kebonsari. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19639

Rosdiana, A., Lestari, A., Halimah, M., Sutarti, N. S., Sutanti, S., & Yusuf, R. N. (2024). Peningkatan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Powerpoint. Jurnal Tahsinia, 5(2), 213–227. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.245

Safitri, S. (2021). Pola Asuh Anak Usia Dini di Era Digital (Studi Kasus di Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Pacitan). IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/16651/1/211117037_SISKA SAFITRI_PIAUD.pdf

Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.

Widyastuti, A. (2018). Analisis upaya guru dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(1), 10–17. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3090/1785

Wijayanti, L. D., & Marli’ah, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran Marble Literasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 3(1), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.399

Wulandari, R., Nurhasanah, N., & Saputra, H. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Papan Flannel Terhadap Aktivitas Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sila. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 90–95. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/83

Yanti, A. M., Karokaro, A. S., Putri, F. A., Simbolon, S., Dhestia, S. E., Amanda, T. D., Hasni, U., & Amanda, R. S. (2023). Penerapan Literasi Menggunakan APE Yang Menyenangkan Sebagai Upaya Persiapan Anak Pada Jenjang Transisi PAUD Ke SD. Jurnal PAUD Emas, 3(1), 41–49. https://online-journal.unja.ac.id/jpe/article/view/36312

Downloads

Published

2025-01-07

Issue

Section

Articles