Inovasi Quantum Learning dan Media Kotak Huruf: Solusi Membedakan Huruf
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21312Keywords:
anak usia dini, huruf mirip, kotak huruf, quantum learningAbstract
Anak-anak usia dini sering menghadapi tantangan dalam membedakan huruf-huruf yang tampak serupa secara visual yang mirip, seperti s dan z, serta b, d, dan p. Berdasarkan observasi awal hasil belajar dalam kemampuan membedakan huruf masih kurang dengan rata-rata dibawah 60% dan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik masih berpusat pada guru. Masalah tersebut diketahui pada saat kegiatan jurnal pagi anak menulis nama hari dan bulan. Tantangan ini dapat mempengaruhi perkembangan kemampuan literasi awal mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Quantum Learning yang dipadukan dengan media kotak huruf terhadap kemampuan anak dalam membedakan huruf-huruf mirip di kelompok A TK Baiturrohman. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Sample penelitian ini terdiri dari 10 anak kelas A1 dan 10 anak kelas A2. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan bantuan SPSS 26.0. Temuan penelitian mengindikasikan bahwa penggunaan model Quantum Learning yang dilengkapi dengan media kotak huruf meningkatkan kemampuan anak secara signifikan dalam membedakan huruf yang mirip. Dimana terdapat perbedaan sebelum dan sesudah diberikan model Quantum Learning dan Media Kotak huruf berpengaruh signifikan terhadap membedakan huruf yang mirip. Kombinasi ini efektif karena mengintegrasikan aspek kognitif, emosional, dan fisik dalam proses pembelajaran, yang membuat materi lebih mudah dipahami oleh anak.
Downloads
References
Adillia, N. N. (2023). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Media Flashcard Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Paud Riang Gembira Desa Titiwangi Lampung Selatan. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22990
Aprilianti, I. F., & Hasiana, I. (2024). Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media Kartu Huruf. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 12(1), 120–129. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19993
Aulia Rahman, T., Fitri, N. L., & Aulia, A. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Sentra Untuk Mengoptimalkan Kecerdasan Majemuk. Al-Hikmah : Indonesian Journal of Early Childhood Islamic Education, 6(02), 145–157. https://doi.org/10.35896/ijecie.v6i02.411
Aulina, C. N. (2019). Metodologi Pengembangan Bahasa Anak usia Dini. In Umsida Press. Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2019/978-623-7578-09-3
Ekayati, I. A. S. (2024). Pengaruh Media Koca Terhadap Kemampuan Berbahasa Anak Pada Kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Leran Weran Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 1(2). https://doi.org/https://doi.org/10.55719/gcej.v1i2.1169
Fitri, A., Nasution, F., & Maulana, M. (2023). Peran Penting Keluarga dalam Perkembangan Sosioemosional pada Anak Usia Dini. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 480–489. https://doi.org/10.47467/jdi.v5i2.3071
Indrayasa, K. B., & Suryanti, P. E. (2023). Chai’s Play, Aplikasi Parenting dan Permainan Milenial untuk Aktivitas Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1), 64–75. https://doi.org/10.25078/pw.v8i1.2438
Januviarti, S. (2023). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kincir Angin Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Dan Angka di TK Negeri 15 Bengkulu Selatan. UIN Fatmawari Sukarno. http://repository.uinfasbengkulu.ac.id/id/eprint/3027
Kertati, I., Zamista, A. A., Rahman, A. A., Yendri, O., Pratama, A., Rusmayadi, G., Nurhayati, K., Zebua, R. S. Y., Artawan, P., & Arwizet, K. (2023). Model & metode pembelajaran inovatif era digital. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Maria Lestari, A., Nurwili, Wahyuni, S., & Azian, N. (2024). Implementasi Pembelajaran Seni Rupa Menggambar Dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Anak Usia Dini. Jurnal DZURRIYAT Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 10–16. https://doi.org/10.61104/jd.v2i1.126
Paujiah, T. S., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Peran Lingkungan Dalam Menstimulasi Perkembangan Bahasa Serta Menumbuhkan Karakter Anak Usia Dini. PELANGI: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Islam Anak Usia Dini, 4(1), 103–122. https://doi.org/10.52266/pelangi.v4i1.821
Puspitorini, T. D. (2018). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penggunaan Media Papan Flanel pada Anak Kelompok B TK Negeri Pembina Kecamatan Taman Kota Madiun. Jurnal CARE, 6(1), 47–57. h
Rahayu, E. E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ips di Kelas IV Mi Nurul Islam Kecamatan Kebonsari. IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19639
Rosdiana, A., Lestari, A., Halimah, M., Sutarti, N. S., Sutanti, S., & Yusuf, R. N. (2024). Peningkatan Pembelajaran Pada Anak Usia Dini Melalui Media Powerpoint. Jurnal Tahsinia, 5(2), 213–227. https://doi.org/https://doi.org/10.57171/jt.v5i2.245
Safitri, S. (2021). Pola Asuh Anak Usia Dini di Era Digital (Studi Kasus di Desa Kalikuning Kecamatan Tulakan Pacitan). IAIN Ponorogo. https://etheses.iainponorogo.ac.id/16651/1/211117037_SISKA SAFITRI_PIAUD.pdf
Suryana, D. (2021). Pendidikan anak usia dini teori dan praktik pembelajaran. Prenada Media.
Widyastuti, A. (2018). Analisis upaya guru dalam mengembangkan bahasa pada anak usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-kanak Assaadah Limo Depok. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 6(1), 10–17. https://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD/article/view/3090/1785
Wijayanti, L. D., & Marli’ah, S. (2022). Kelayakan Media Pembelajaran Marble Literasi Untuk Menstimulasi Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun. Golden Childhood Education Journal (GCEJ), 3(1), 40–46. https://doi.org/https://doi.org/10.55719/gcej.v3i1.399
Wulandari, R., Nurhasanah, N., & Saputra, H. H. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Media Papan Flannel Terhadap Aktivitas Belajar Ips Siswa Kelas Iv Sdn 2 Sila. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 90–95. https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/83
Yanti, A. M., Karokaro, A. S., Putri, F. A., Simbolon, S., Dhestia, S. E., Amanda, T. D., Hasni, U., & Amanda, R. S. (2023). Penerapan Literasi Menggunakan APE Yang Menyenangkan Sebagai Upaya Persiapan Anak Pada Jenjang Transisi PAUD Ke SD. Jurnal PAUD Emas, 3(1), 41–49. https://online-journal.unja.ac.id/jpe/article/view/36312
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ifa Aristia Sandra E, Laila Mariska

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.