Implementasi Edukasi Anti Bullying pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Gerak dan Lagu
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21024Keywords:
anak usia dini, anti bullying, gerak dan lagu, metode pembelajaranAbstract
Fenomena bullying saat ini memprihatinkan, perlu adanya perhatian khusus dari semua pihak khususnya peran orang tua atau pendidik dalam memberikan pondasi pendidikan anti bullying terutama pendidikan yang dilakukan sejak dini. Pendidikan bagi anak usia dini membutuhkan metode dan stimulasi pembelajaran yang tepat, agar anak dapat memahami dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan edukasi anti bullying pada anak usia dini melalui metode pembelajaran gerak dan lagu di RA Azzahra Way jepara Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya agar anak mudah memahami prilaku atau sikap yang baik dan mudah terjadinya perubahan tingkah laku perlu menerapkan pembiasaan, keteladanan dan pendampingan dengan cara selalu mengingatkan terhadap anak atas prilaku yang dimunculkan, agar tidak terjadinya sikap bullying yang dilakukan kepada temannya.
Downloads
References
Anwar, R. N., Apriliani, M. P., Putri, W., Arumsari, K., Suyanto, N. U., Permatasari, A. I., & Wardana, V. D. (2024). Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Membentuk Karakter Siswa yang Berintegritas Bagi Siswa SMP di Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 118– 126. https://doi.org/https://doi.org/10.62005/jamarat.v2i1.112
Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 44–50.
Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605
Aruan, C. N., Pakpahan, J. H., & Herlina, E. S. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru PAUD Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Di PAUD SOS Sitabotabo. Journal Of Creative Student Research (JCSR), 1(5). Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i5.2709
Apriliana N , Rusdiyani I, M. K. (2019). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal CARE, 7(1), 7–14.
Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Education Research, 2(3). Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V2i3.55
Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V6i2.17707
Detikedu. (2023). FSGI: Ada 16 Kasus Bullying Di Sekolah Pada Januari-Juli 2023.
Detikjabar, A. M.-. (2022). Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya.
Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1). Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163
Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1).
Imanudin Abdurohman, Tirto. I. (2023). Awas! Ini Daftar Kasus Bullying Anak Di Sekolah Indonesia 2023.
John W. Cresswell. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran (4th Ed.). Pustaka Pelajar.
Kadafi, A., Dewi, N. K., Wardani, S. Y., Pratama, B. D., & Maharani, S. (2023). Pencegahan Kekerasan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Prompts Berbasis Nilai Religius. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i5.4993
Karima, D. (2023). Mengembangkan Kreativitas AUD Melalui Pembelajaran Gerak Dan Lagu Di RA Bahrul Ulum Rebang Tangkas. BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2).
Maysarah, & Bengkel. (2023). Pentingnya Edukasi Anti- Bullying Pada Anak Sejak Dini Di Panti Asuhan Ar-Rahman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(1). Https://Doi.Org/10.55123/Abdisoshum.V2i1.1391
Matthew B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks, California : Sage Publications.
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1). Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2017.141-05
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik Dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.2715
Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1). Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V2i1.5312
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.