Implementasi Edukasi Anti Bullying pada Anak Usia Dini melalui Metode Pembelajaran Gerak dan Lagu

Authors

  • Hesti Asri Kawurian STAI Darussalam Lampung
  • Elly Purwanti STAI Darussalam Lampung
  • Sefriyanti STAI Darussalam Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21024

Keywords:

anak usia dini, anti bullying, gerak dan lagu, metode pembelajaran

Abstract

Fenomena bullying saat ini memprihatinkan, perlu adanya perhatian khusus dari semua pihak khususnya peran orang tua atau pendidik dalam memberikan pondasi pendidikan anti bullying terutama pendidikan yang dilakukan sejak dini. Pendidikan bagi anak usia dini membutuhkan metode dan stimulasi pembelajaran yang tepat, agar anak dapat memahami dan berkembang sesuai dengan tahap perkembangannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru mengimplementasikan edukasi anti bullying pada anak usia dini melalui metode pembelajaran gerak dan lagu di RA Azzahra Way jepara Lampung Timur. Metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi dan wawacara. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya agar anak mudah memahami prilaku atau sikap yang baik dan mudah terjadinya perubahan tingkah laku perlu menerapkan pembiasaan, keteladanan dan pendampingan dengan cara selalu mengingatkan terhadap anak atas prilaku yang dimunculkan, agar tidak terjadinya sikap bullying yang dilakukan kepada temannya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N., Apriliani, M. P., Putri, W., Arumsari, K., Suyanto, N. U., Permatasari, A. I., & Wardana, V. D. (2024). Pencegahan Tiga Dosa Besar Pendidikan untuk Membentuk Karakter Siswa yang Berintegritas Bagi Siswa SMP di Kabupaten Madiun. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 118– 126. https://doi.org/https://doi.org/10.62005/jamarat.v2i1.112

Anwar, R. N. (2021). Pendidikan Alquran (TPQ) Sebagai Upaya Membentuk Karakter Pada Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(2), 44–50.

Anwar, R. N., & Mulya, N. (2025). Penguatan Karakter Anak melalui Tujuh Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dalam Perspektif Islam: Kajian Literatur. Jurnal Care, 12(2), 266–274. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21605

Aruan, C. N., Pakpahan, J. H., & Herlina, E. S. (2023). Pengaruh Keteladanan Guru PAUD Terhadap Karakter Anak Usia 5-6 Di PAUD SOS Sitabotabo. Journal Of Creative Student Research (JCSR), 1(5). Https://Doi.Org/10.55606/Jcsrpolitama.V1i5.2709

Apriliana N , Rusdiyani I, M. K. (2019). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal CARE, 7(1), 7–14.

Ayuni, D. (2021). Pencegahan Bullying Dalam Pendidikan Anak Usia Dini. Journal Of Education Research, 2(3). Https://Doi.Org/10.37985/Jer.V2i3.55

Cahyaningrum, E. S., Sudaryanti, & Purwanto, N. A. (2017). Pengembangan Nilai-Nilai Karakter Anak Usia Dini Melalui Pembiasaan Dan Keteladanan. Jurnal Pendidikan Anak, 6(2). Https://Doi.Org/10.21831/Jpa.V6i2.17707

Detikedu. (2023). FSGI: Ada 16 Kasus Bullying Di Sekolah Pada Januari-Juli 2023.

Detikjabar, A. M.-. (2022). Pengertian Bullying Adalah: Jenis, Penyebab Dan Cara Mengatasinya.

Hasanah, H. (2017). Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-Ilmu Sosial). At-Taqaddum, 8(1). Https://Doi.Org/10.21580/At.V8i1.1163

Ihsani, N., Kurniah, N., & Suprapti, A. (2018). Hubungan Metode Pembiasaan Dalam Pembelajaran Dengan Disiplin Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1).

Imanudin Abdurohman, Tirto. I. (2023). Awas! Ini Daftar Kasus Bullying Anak Di Sekolah Indonesia 2023.

John W. Cresswell. (2019). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran (4th Ed.). Pustaka Pelajar.

Kadafi, A., Dewi, N. K., Wardani, S. Y., Pratama, B. D., & Maharani, S. (2023). Pencegahan Kekerasan Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Prompts Berbasis Nilai Religius. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V7i5.4993

Karima, D. (2023). Mengembangkan Kreativitas AUD Melalui Pembelajaran Gerak Dan Lagu Di RA Bahrul Ulum Rebang Tangkas. BUNAYYA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2).

Maysarah, & Bengkel. (2023). Pentingnya Edukasi Anti- Bullying Pada Anak Sejak Dini Di Panti Asuhan Ar-Rahman. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 2(1). Https://Doi.Org/10.55123/Abdisoshum.V2i1.1391

Matthew B. Miles, A. M. H. (1994). Qualitative Data Analysis. Thousand Oaks, California : Sage Publications.

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1). Https://Doi.Org/10.14421/Hisbah.2017.141-05

Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik Dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.2715

Rachman, S. P. D., & Cahyani, I. (2019). Perkembangan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 2(1). Https://Doi.Org/10.15575/Japra.V2i1.5312

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung:

Downloads

Published

2025-01-06

Issue

Section

Articles