Pengaruh Metode Proyek terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak TK B
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.20658Keywords:
anak usia dini, metode proyek, kemampuan bersosialisasiAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan rendahnya kemampuan bersosialisasi anak yang ditandai kurangnya perilaku menyesuaikan diri, perilaku yang mencerminkan sikap peduli dan mau membantu jika diminta bantuannya serta kurang adanya perilaku berinteraksi dengan orang lain. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh metode proyek terhadap kemampuan bersosialisasi anak TK B di TK Izzatin Lahat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode penelitian ekperimen pre-eksperimental design. Desain penelitian ini menggunakan One Group Pretest, Posttest Design. Populasi penelitian ini adalah anak-anak kelompok B yang berjumlah 12 orang anak di TK Izzatin Lahat. Observasi, tes, dan dokumentasi digunakan dalam proses pengumpulan data. Uji validitas, reliabilitas, homogenitas, dan hipotesis t digunakan sebagai teknik analisis data Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi anak kelompok B jika dilihat dari indikator yang telah ditetapkan. Selain itu, thitung = 46,268 dan dk = 12-1= 11 pada taraf 5% menunjukkan hal tersebut hasilnya ttabel = 2,178. Ha diterima dan H0 ditolak karena thitung > ttabel (46,268 > 2,178). Hal ini menunjukkan bahwa metode proyek di TK Izzatin Lahat memberikan pengaruh terhadap kemampuan bersosialisasi anak TK B.
Downloads
References
Alhadad, B., Arfa, U., & Sulman, H. (2020). Penerapan Metode Proyek Dalam Mengembangkan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 46-58. doi: https://doi.org/10.33387/cahayapd.v2i2.1956
Ananda, F. S., Rusdiyani, H. S., & Khosiah, S. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun (Penelitian Kuantitatif Survei di Kecamatan Serang Kota Serang Banten). JPP PAUD FKIP Unirta, 135-144. doi: https://dx.doi.org/10.30870/jpppaud.v8i2.13032
Anwar, R. N. (2023a). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan.
Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 102–109.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, H. D., Afifah, D. R., & Anwar, R. N. (2022). Hubungan Game Online Dengan Interaksi Sosial Dimasa Pandemi Pada Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 1104–1110.
Bachtiar, M. Y., Rusmayadi, & Herman. (2021). Pengembangan Kemampuan Sosial Melalui Bermain Peran Pada Anak Usia Dini di TK Riyanti Kabupaten Gowa. Seminar Nasional Hasil Penelitan "Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Peneliti di Era Pandemi Covid-19, 914-923. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/25221
Dahlia, M. (2019). Pengaruh Metode Proyek Terhadap Kemampuan Sosial Anak Kelompok A Di Ra Al Chusnaniyah Surabaya Tahun Ajaran 2017-2018. Pedagogi: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67-74. doi: https://doi.org/10.30651/pedagogi.v4i1.3606
Darmiana, & Hijriati. (2024). Penerapan Tari Dampeng Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Care (Children Advisory Research and Education), 12(1), 161-171. doi: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20167
Djamarah, S. B., & Zain, A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hurlock, E. B. (2007). Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan Edisi V. Jakarta: Erlangga.
Islamiyah, N., Herlina, Dzulfadhilah, F., & Amriani, S. R. (2024, April 01). Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Proyek Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Nurul Talakalabbua. Jurnal Pendidikan Inovatif, 6 (2), 353-363. https://journalpedia.com/1/index.php/jpi/article/view/1093
Mala, & Hatiningsih, N. (2022). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Di PAUD Terpadu An-Nabawi. JUPE: Jurnal Pendidikan Mandala, 7(3), 604-610. doi: http://dx.doi.org/10.58258/jupe.v7i3.3846
Mulya, N., & Seftiana, D. (2024). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di TK Al Kautsar Bandar Lampung. Jurnal Care, 12(1), 110–119. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20385
Moelichatoen. (2004). Metode Pengajaran di Taman Kanak-kanak. Jakarta: Rineka Cipta.
Rachmawati, Y., & Kurniati, E. (2021). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Rinetha, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning untuk Meningkatkan Sosial Emosional Anak Usia 5 - 6 Tahun di TKQ Riyadlul Jannah Jl. Karang Tinggal, Cipedes, Kota Bandung. Bandung Conference Series: Early Childhood Teacher Education, 3(1), 79-85. doi: http://dx.doi.org/10.29313/bcsecte.v3i1.8936
Rohmiati, D., Windarsih, C. A., & Alam, S. K. (2023). Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Dengan Penerapan Metode Proyek Pada Saat Pembelajaran Daring. CERIA (Cerdas Energik Responsf Inovatif Adatif), 6(5), 520-528. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/ceria/article/view/17103/5838
Rusmayadi, Herman, Dzulfadhilah, F., & Lismayani, A. (2023). Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Seminar Nasional Hasil Penelitian “Penguatan Riset, Inovasi dan Kreativitas Peneliti di Era 5.0”, 1487-1499. https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/54439
Sarwono, S. W. (2008). Teori-teori Psikologi Sosial. Jakarta: Bulan Bintang.
Yuliastari, P. I., Danugiri, D., & Melya, I. R. (2022, September). Analisis Kemampuan Bersosialisasi Anak Usia Dini di Paud Seroja 1B Cikarang Barat. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidkan, 8 (16), 455-466. doi: https://doi.org/10.5281/zenodo.7067990
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.