Implementasi Permainan Monopoli dalam Mengembangkan Bahasa Anak di TK Al-Imaniah Kota Parepare

Authors

  • Syarifah Halifah Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Nurzhafirah Nurzhafirah Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Suhartina Suhartina Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Nurul Fadilah Misbar Institut Agama Islam Negeri Parepare
  • Sri Rika Amriani Universitas Negeri Makassar

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20563

Keywords:

anak usia dini, bahasa, permainan monopoli

Abstract

Bahasa adalah alat yang digunakan berpikir, mengapresiasikan diri, dan alat komunikasi dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan permainan monopoli tema hewan guna mengembangkan bahasa pada anak kelompok B TK Al-Imaniah Kota Parepare. Permasalahan yang diidentifikasi adalah kemampuan bahasa anak yang masih rendah, ditandai dengan anak-anak yang belum mampu menjawab pertanyaan secara kompleks ketika diajukan pertanyaan dan kurangnya keterampilan berkomunikasi secara lisan untuk mengungkapkan perasaan karena kurangnya perbendaharaan kata. Fokus masalah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan kemampuan anak dalam menyebutkan, mengklasifikasikan, dan menceritakan nama-nama binatang melalui permainan monopoli. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Al-Imaniah Kota Parepare. Penilaian yang dilakukan peneliti melibatkan anak menyebutkan nama binatang yang terdapat pada permainan monopoli, mengklasifikasi binatang, serta menceritakan binatang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa permainan monopoli berhasil mengembangkan bahasa pada anak kelompok B TK Al-Imaniah. Penggunaan media permainan monopoli dapat mempengaruhi seluruh aspek anak, membuat anak senang dan bersemangat untuk belajar, serta memberikan pengalaman baru dalam belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Syarifah Halifah, Institut Agama Islam Negeri Parepare

Author early childhood

References

Amalia, E. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini Dengan Metode bercerita. Ikhac, 1(1), 1–12.

Ardini, P. P., Arifin, I. N., Pupala, B., Syahputra, H., Prabowo, A. D., & Gorontalo, U. N. (2022). Games Monopoli: Permainan Berbasis Windows Power Point Untuk Mengenalkan Konsep Mitigasi Bencana Gempa Di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Lonto Leok Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1).

Fadlillah, M. (2016). Pengembangan Permainan Monraked Sebagai Media Untuk Mestimulasi Kecerdasan Logika Matematika Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 04(1), 9–23.

Hadi, G. K. (2018). Pengaruh Metode Bercerita Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi 1 Banjarsari. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.5441

Halifah, S., Palintan, T. A., & Sari, P. I. (2022). Pengembangan Bahasa Melalui Media Roda Putar Pada Kelompok B PAUD Terpadu AL-Madinah Kota Parepare. Anakta Journal, 1(2), 58–65.

Jauhari, U., Herlina, H., & Asti, A. S. W. (2023). Pengaruh Bermain Monopoli Huruf Terhadap Kemampuan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Telkom Makassar. Fashluna, 4(2), 142–150. https://doi.org/10.47625/fashluna.v4i2.528

Kurniasari, A., & Prima, E. (2020). Penanganan anak usia dini dengan gangguan perkembangan bahasa ekspresif di Kb Al Azkia Lab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Purwokerto. Jurnal CARE, 8(1), 20–39.

Lukmanul Hakim, M., Devi, S., & Suprayit, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Demonstrasi Terhadap Peningkatan Kemampuan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tentang Teks Deskripsi. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(6).

Nasirun, M., Suprapti, A., Daryati, M. E., & Indrawati, I. (2021). Kesesuaian Alat Permainan Edukatif Terhadap Aspek Perkembangan Bahasa dan Kognitif Anak. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 200–206. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.150

Nisa, K., & Anggraini, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Melalui Media Monopoli Pada Anak Kelompok B Di RA Qotrunnada Sukun Malang. Prosiding Seminar Nasional …, 3, 971–979.

Pangaribuan, B. W., Purba, N., Siahaan, K. W. A., Sidabutar, E. F., Sihombing, V. T., Simamora, D. F., & Matondang, J. R. (2022). The Implementation of Demonstration Method to Increase Learning Outcome in Natural Science Lessons. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1711

Ratih, P. S., & Nuryani, N. (2020). Analisis Keterlambatan Berbicara (Spech Delay) Pada Anak Study Kasus Anak Usia 10 Tahun. Konfiks Jurnal Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(1), 9–15. https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i1.2963

Sabila, W. S., & Wahyudi, M. D. (2023). Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Bahasa Anak Melalui Storytelling Dan Demonstrasi Dengan Big Book. Jurnal Inovasi, Kreatifitas Anak Usia Dini (JIKAD), 3, 42–51.

Supriyono, A. (2018). Serunya Permainan Tradisional Anak Zaman Dulu. In Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (pp. 17–20).

Suras, F. E., Herman, & Parwoto. (2022). Pengaruh Penerapan Bermain Monopoli Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak di TK Padu Annisa Kecamatan Kajang. JPP PAUD FKIP Untirta, 9(2), 145–152.

Utami, R. N. W. (2020). Pengembangan Permainan Monopoli Edukasi Akmar-Umali ( Abu Bakar , Umar , Utsman , Ali ) Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Revolusi Industri 4.0, 387–397.

Wahyuning Fitri, A., & Atika, D. R. (2023). Pengembangan Permainan Monopoli dalam Kemampuan Mengenal Lingkungan pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Modern, 9(1), 23–29. https://doi.org/10.37471/jpm.v9i1.814

Widianti, Y. T., Ismaniyah, I., Kehi, A. N., Yuyun, H., & Siswoyo, A. A. (2022). Penerapan Media Monopoli Untuk Meningkatkan Kelancaran Berbahasa Pada Siswa Kelas 2 Sdn Palesanggar 5. EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(2), 138–145. https://doi.org/10.51878/educator.v2i2.1336

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yuliana, Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Upaya penumbuhan perilaku toleransi pada anak usia dini di lembaga PAUD. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 866–874.

Yusra, N. (2022). Pengembangan Media Permainan Monopoli Sholat Untuk Meningkatkan Belajar Sholat Anak Usia Dini. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno (Uinfas) Bengkulu.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles