Tingkat Kemandirian Anak Ditinjau dari Peran Ganda Ibu sebagai Orang Tua dan Guru di Sekolah
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.20539Keywords:
anak usia dini, peran ganda, kemandirianAbstract
Intensitas hadirnya orang tua di sekolah dapat mempengaruhi tingkat kemandirian anak usia dini. Sekolah merupakan tempat yang efektif dalam melatih kemandirian anak sebab anak dapat dengan bebas berinteraksi bersama teman sebaya maupun dengan guru. Fenomena guru yang menyekolahkan anaknya di lembaga tempatnya bekerja merupakan hal yang biasa terjadi di jenjang PAUD karena anak usia dini cenderung membutuhkan pengawasan lebih. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kemandirian secara fisik, emosi, dan sosial anak usia dini ditinjau dari peran ganda ibu sebagai orang tua dan guru di sekolah anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan studi deskriptif. Metode yang digunakan survei dengan jumlah responden 32 orang. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kemandirian fisik anak usia dini ditinjau dari peran ganda ibu sebagai orang tua dan guru di sekolah berada pada kategori baik dengan rata-rata presentase sebesar 79.9%. Tingkat kemandirian anak usia dini baik secara emosi dan sosial ditinjau dari peran ganda ibu sebagai orang tua dan guru di sekolah berada pada kategori cukup dengan rata-rata presentase kemandirian emosi sebesar 70.71% dan rata-rata presentase kemandirian sosial sebesar 70.9%.
Downloads
References
Akbar Abbas, S. (2023). Faktor-Faktor Pendorong Motivasi Dan Perannya Dalam Mendorong Peningkatan Kinerja: Tinjauan Pustaka. BALANCA : Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 5(1), 45–54. https://doi.org/10.35905/balanca.v4i1.4295
Anista, D. Z. N., Anwar, R. N., & Afifah, S. N. (2023). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.65
Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.
Amka, Mastur, & Najamudin, M. (2020). Buku Ajar: Profesi Kependidikan (Menjawab Problematika Profesi dan Kinerja Guru). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Andriani, R. D. (2017). Umur yang Tepat Mengajarkan Anak Berkompromi. Tempo. https://cantik.tempo.co/read/875830/umur-yang-tepat-mengajarkan-anak-berkompromi
Covey, S. R. (2017). The 7 Habits of Highly Effective People (7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif (R. A. Djanuar (ed.); 2nd ed.). PT Dunamis Intra Sarana.
Efendy, S. P. A. (2017). Hubungan pola kelekatan (attachment) anak yang memiliki ibu bekerja dengan kematangan sosial di SDN Tlogomas 02 Malang. Skripsi, 53(9), 1689–1699.
Fadhila, M. E. N., Samawi, A., & Astuti, W. (2023). Akulturasi Budaya Asuh Orang Tua Lokal dan Pendatang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7545–7556. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.4595
Fitriana, S. (2024). Ketahui 3 Bentuk Kemarahan Anak Usia Dini dan Cara Identifikasinya! Https://Www.Cikal.Co.Id/. https://www.cikal.co.id/blog?id=ketahui-3-bentuk-kemarahan-anak-usia-dini-dan-cara-identifikasinya
In, I. ’, & Thamrin, M. (2016). Upaya Guru Mengembangkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Taman Kanak-Kanak. 10.
Iriyanto, T., Aisyah, E. N., & Anisa, N. (2021). Studi Kasus Perilaku Temper Tantrum Anak Usia 5 Tahun Di Tk Laboratorium Universitas Negeri Malang. Seminar Nasional Jurusan …. http://plb.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2021/11/16_Tomas-Iriyanto_81-86-1.pdf
Kusuma, P., & Miftakul, J. (2020). Perkembangan Keandirian Usia Dini (Usia 4-6 Tahun) Di Taman Kanak-Kanak Assalam Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 01(03), 1–7. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/2714
Lusiana, R., Kusumastuti, N., & Tanto, O. D. (2024). Peningkatkan Perilaku Prososial melalui Media Magic Tree pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Care, 12, 69–78. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19735
Maningtyas, R. T., & Aisyah, E. N. (2021). Strategi Guru Dalam Mengembangkan Resolusi Konflik Pada Anak Usia Dini Dalam Rangka Menyongsong Masyarakat 5.0. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 7(1), 1. https://doi.org/10.24235/awlady.v7i1.7474
Maulina, F. (2014). Tingkat kemandirian anak usia dini ditinjau dari status kerja ibu di kecamatan reban kabupaten batang. BELIA: Early Childhood Education Papers, 3(2), 23–30. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/belia/article/view/3718
Mikaelin. (2023). Hubungan antara Intensitas Perilaku Orang Tua Menunggu Anak di Sekolah dengan Kemandirian Anak Usia Dini di TK Setia, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sangau. FIP UM.
Miyati, D. S., Rasmani, U. E. E., & Fitrianingtyas, A. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua terhadap Pola Asuh Anak. Kumara Cendekia, 9(3), 139. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50219
Novita, E., & Siregar, E. S. (2021). Hubungan Kelekatan Anak Pada Ibu Dengan Kemandirian Anak Di TK IT Nurul Ilmi Medan. 1(3), 128–133.
Nursyafitri, D. D., Iriyanto, T., & Astuti, W. (2024). Parenting Foundation Class : “ Mewarnai ” Sebagai Membangun Secure Attachment Orang Tua dan Anak Sarana. 11, 63–74.
Rahmi, P. (2019). Mengelola dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial & Emosional Anak Usia Dini. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, VI(2), 19–44.
Rumini. (2023). Dampak Kehadiran Orang Tua yang Mendampingi Anak pada Jam Belajar di RA Darussalam Desa Sidomulyo Kabupaten Musiwaras. Fakultas Tarbiyah IAIN CURUP.
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Sari, K. N., Sri, S., & Yulidesni. (2020). Persepsi Orangtua Tentang Alasan Menunggu Anak di PAUD. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 74–82. https://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/view/8644%0Ahttps://ejournal.unib.ac.id/potensia/article/download/8644/5993
Wahyuni, N. S. (2022). Kemandirian Emosional Anak. Https://Yankes.Kemkes.Go.Id/. https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1497/kemandirian-emosional-anak
Widoyoko, S. E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.