Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di TKIT Al-Imam: Perencanaan, Penerapan, dan Kendala

Authors

  • Kartika Sari STKIP Muhammadiyah Kuningan
  • Sopian Asep Nugraha STKIP Muhammadiyah Kuningan

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.20431

Keywords:

kurikulum, merdeka belajar, projek penguatan profil pelajar pancasila

Abstract

Kurikulum merdeka merupakan kurikulum yang dipaparkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia yang erat kaitannya dengan Merdeka Belajar. Salah satu kegiatan yang harus dilaksanakan dalam Kurikulum Merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang dilaksanakan dengan tujuan agar siswa menjadi pelajar yang dalam hatinya tertanam jiwa pancasila serta bisa lebih kreatif dan inovatif dan juga bisa menghasilkan sebuah luaran atau produk dari suatu pembelajaran yang sudah dilaksanakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, penerapan serta kendala dan solusi yang dihadapi dalam melaksanakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Untuk mencapai tujuan dari penelitian tersebut, digunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi projek penguatan profil pelajar Pancasila di TKIT Al-Imam Kuningan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, seperti tahap permulaan, tahap perkembangan dan tahap penyimpulan serta adanya tahap tindak lanjut yang diisi dengan kegiatan market day.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abadiyah, E., Rokhmad, N., Permatasari, P., & Sholihah, N. (2020). Solusi terhadap Permasalahan Internal dan Eksternal pada Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mojokerto. Jurnal Administrasi Pendidikan Islam, 2(2), 157–170. https://doi.org/10.15642/japi.2020.2.2.157-170

Annisa, D. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980), 1349–1358.

Anwar, R. N. (2023e). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 102–109.

Anwar, R. N. (2023). Perencanaan Pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Sekolah Penggerak. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development 3(2), 69–79. https://doi.org/10.37680/absorbent

Aryanti, P. K. D. (2023). Penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Tk Islam Orbit 2 Surakarta Tahun 2022/2023.

Daulay, M. I., & Fauziddin, M. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 9(2), 101. https://doi.org/10.24114/jbrue.v9i2.52460

Dr. Abdul Fattah Nasution, M. P. (2023). Metode Penelitian Kualitatif (M. Dra. Hj. Meyniar Albina (ed.); 1st ed.). CV. Harfa Creative.

Kemendikbud Ristek. (2021). Profil Pelajar Pancasila. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–108. http://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila

Kemendikbudristek. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (1st ed., p. 2). CV ARYA DUTA.

Muhassanah, N., Rizal, M. N., & Inayah, S. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) pada Kurikulum Merdeka di TPA Raudhotul Jannah. 2(1), 21–40.

Mulia, P. S., & Kurniati, E. (2023). Partisipasi Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di Wilayah Pedesaan Indonesia. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 3663–3674. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i3.4628

Nabila. (2021). Tujuan Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(5).

Octavia, E., & Firmansyah, S. (2024). Kendala Pelaksanaan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Smp Negeri 9 Kota Pontianak Dalam Kurikulum Merdeka. 8(2004), 154–159.

Sari, A. M., Suryana, D., Bentri, A., & Ridwan, R. (2023). Efektifitas Model Project Based Learning (PjBL) dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Basicedu, 7(1), 432–440. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4390

Sulistyati, D. M., Wahyaningsih, S., & Wijania, I. W. (2021). Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pancasila Satuan PAUD. In Buku Panduan Guru Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.

Susanto, S., Eliyanti, E. T. S., Aunurrahman, A., & Halida, H. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(2), 1405–1409. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i2.3453

Triana, N. P., Suzanti, L., & Widjayatri, D. (2024). Aktivitas Market Day Sebagai Strategi untuk Pengembangan Entrepreneurship Skill Anak Usia Dini. 5(1), 327–342. https://doi.org/10.37985/murhum.v5i1.560

Downloads

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles