Implementasi Profil Pelajar Pancasila Di TK Al Kautsar Bandar Lampung

Authors

  • Neni Mulya UIN Raden Intan Lampung
  • Dina Seftiana UIN Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20385

Keywords:

anak usia dini, implementasi, profil pelajar pancasila

Abstract

Pendidikan di Indonesia berkembang sesuai perkembangan zaman yang membuat kebijakan pemerintah menjadi berubah-ubah. Era globalisasi menjadi tantangan terbesar bagi dunia pendidikan. Pada era milenial guru dituntut menjadi guru yang kreatif, inovatif, dan terampil agar melahirkan generasi yang berpengetahuan luas serta memiliki perilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru mengimplementasikan profil pelajar pancasila di TK Al Kautsar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di TK Al Kausar Bandar Lampung 1 April sampai dengan 20 Mei 2024. Hasil penelitian yaitu pembiasaan akhlak dan budi pekerti, pengenalan budaya melalui projek, kegiatan bergotong royong yang menyenangkan, pembiasaan kemandirian, pengembangan kemampuan berpikir kritis dan penggalian kreativitas anak. Guru-guru yang kreatif, inovatif dan berpengalaman menerapkan model pembelajaran berpusat pada siswa, memungkinkan anak-anak untuk mengeksplorasi konsep-konsep pancasila melalui kegiatan yang menyenangkan dan beragam. Kerjasama dari semua pihak, termasuk kepala sekolah, guru, wali murid dan mitra sekolah juga berperan penting dalam kesuksesan implementasi ini.

References

Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal Gembira (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 102–109.

Anggraena, Y., Sufyadi, S., Maisura, R., Chodidjah, I., Takwin, B., Cahyadi, S., Felicia, N., Gazali, H., Wijayanti, M. A., Khoiri, H. M., Matakupan, S. J., Siantajani, Y., & Kurnianingsih, S. (2020). Kajian Pengembangan Profil Pelajar Pancasila. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Repubblik Indonesia.

Apriastuti, D. A. (2013). Analisis Tingkat Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Anak Usia 48-60 Bulan. Ilmiah Kebidanan, 4(1).

Apriyanti, M. E. (2019). Ajarkan disiplin sejak dini agar terhindar dari kenakalan remaja. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 6(3), 183–190. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/3625/2784

Erawati, E. (2018). Meningkatkan Kedisiplinan Anak Melalui Penggunaan Reinforcement Secara Variatif Pada Anak Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Negeri Pembina Kepahiang. Ilmiah Potensia, 3(1), 36–43.

Itsna, A., Munawar, M., & Hariyanti, D. P. D. (2022). Stimulasi Kemampuan Berfikir Kritis Anak Usia Dini Di Masa Belajar Dari Rumah (Bdr). Wawasan Pendidikan, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.26877/wp.v2i1.9608

kusuma Amariziki, A. M. (2021). Pengaruhmedia Sosial Youtube Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di Perumahan Cikande Permai. Pengaruhmedia Sosial Youtube Terhadap Kemampuan Menyimak Anak Usia 4-5 Tahun Di Perumahan Cikande Permai, 7(1), 7–14. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=928431&val=8253&title=Implikasi dapodik di paud non formal

Maharani, A. I., Isharoh, & Putri, P. A. (2023). Program P5 sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka: Faktor Penghambat dan Upayanya. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Budaya, Dan Sosial Humaniora, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.59024/atmosfer.v1i2.153

Mulyasa, E. (2020). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar (Lia Inarotut Darojah (ed.)). PT Bumi Aksara.

Ntimuk, P., Hadi, M. Y., & Arifin, I. (2022). Analisis Kebijakan Pemerintah Tentang Profil Pelajar Pancasila Dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dan Pendidikan Dasar, 5, 1–10.

Puspita, W. A. (2010). Pendidik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sebagai Model Perilaku Anak Usia Dini. Jiv, 5(2), 209–215. https://doi.org/10.21009/jiv.0502.9

Safitri, H. D. A. (2022). Strategi Implementasi Pendidikan Profil Pelajar Pancasila Pada Jenjang PAUD (Studi Kasus Di KB Tunas Bangsa). Seminar Nasional Manajemen Strategik Pengembangan Profil Pelajar Pancasila Pada Pendidikan Anak Usia DIni (PAUD) Dan Pendidikan Dasar (DIKDAS), 1(1).

Santoso, G., Karim, A. A., Maftuh, B., & Ma’mun, M. (2023). Kajian Wawasan Nusantara melalui Local Wisdom NRI yang Mendunia dan Terampil dalam Lagu Nasional dan Daerah Abad 21. Jurnal Pendidikan Transformatif, 2(1), 197–209.

Sarmauli, S., Herdi Ginting, M. T., Colina, Y., & Haloho, O. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Kurikulum Merdeka Belajar bagi Guru-Guru Paud. Communautaire: Journal of Community Service, 1(1), 57–67. https://doi.org/10.61987/communautaire.v1i1.11

Wahid, A. (2022). Eksistensi dan Kebijakan Pendidikan Islam Pada Masa Kolonial Belanda. Kewarganegaraan, 6(3), 4613–4623. https://journal.upy.ac.id/

Widyastuti, A. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. REFEREN, 1(2), 189–203. https://doi.org/10.22236/referen.v1i2.10504

Yusnita, N. cynthia, & Muqowim. (2020). Pendekatan Student Centered Learning dalam Menanamkan Karakter Disiplin dan Mandiri Anak di TK Annur II. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(2), 116–126.

Zhang, Q., & Thoma, S. J. (2017). Research on Moral Judgment Competency of College Students in Mainland China with DIT-2. Ethics in Progress, 8(2), 80–96. https://doi.org/10.14746/eip.2017.2.7

Downloads

Published

2024-07-12

Issue

Section

Articles