Pengaruh Penggunaan Media Looseparts terhadap Kemampuan Menggunakan Teknologi Sederhana
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20342Keywords:
anak usia dini, loose parts, teknologi sederhanaAbstract
Penggunaan teknologi sederhana sangat penting dikenalkan untuk anak usia dini, hasil observasi awal ditemukan permasalahan penggunaan teknologi sederhana pada anak usia dini di TK Teuku Nyak Arief Banda Aceh belum berkembang sesuai dengan tuntutan capaian pembelajaran Literasi dan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media looseparts terhadap kemampuan menggunakan tenologi sederhana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis eksperiment one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu kelas A berjumlah 12 anak di TK Teuku Nyak Arief Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan SPSS versi 26. Hasil uji normalitas data berdistribusi normal. Hasil uji t nilai thitung > ttabel atau 9,426>2,179. Maka dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh penggunaan media looseparts terhadap kemampuan menggunakan teknologi sederhana di TK Teuku Nyak Arief Banda Aceh. Penggunaan media loose parts banyak memberikan efek positif kepada anak diantaranya yaitu anak dapat mengenal beberapa teknologi sederhana dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan teknologi sederhana sesuai dengan fungsinya, menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab baik secara mandiri maupun berkelompok.
Downloads
References
Anwar, R. N. (2021). Parents ’ Involvement In The Quran Education In Early Childhood During The Covid-19 Pandemic. International Seminar on Islamic Religion (ISoIR), 83– 88.
Flanningan, C., & Dietze, B. (2017). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 54. https://doi.org/https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103
Hadiyanti, S. M., & Elan, E. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Ana Usia Dini. PAUDIA, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9329
Khairina, Hasballah, J., & Amelia, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Buah Kopi Untuk Pengenalan Konsep Penjumlahan pada Anak Kelompok B di Paud Harsya Ceria Banda Aceh. Educator Development Journal, 1(September), 126–140.
Khoiriyah, T., & Pusari, R. W. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. PAUDIA, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11569
Mubarokah. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK. Educatio Fkip Unma, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124
Murtining, H. (2018). Meningkatan keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. JURNAL CARE, 6(1). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Naili, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Review Pendidikan Dasar, 7(2), 126. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/v
Permendikbudristek. (2022). badan standar, kurikulum dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan riset teknologi republik indonesia.
Rahardjo, M. M. (2019). How To Use Loose Parts in STEAM. Pendidikan Usia Dini, 13(2), 312. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08
Rahmi, P. (2023). Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Teunom Aceh Jaya. Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 4(1).
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part Untu Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 108. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 194–195. https://doi.org/https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176
Siantajani, Y. (n.d.-a). Loose Part : Material Lepasan Otentik Stimulasi Paud.
Siantajani, Y. (n.d.-b). Loose Part: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD.
Sit, M., & Rahmawati, F. (2022). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Pendidikan STEAM untuk Anak Usia Dini. In Merdeka kreasi Group.
Smith, S., & Gilman. (2018). The Arts, Loose Parts and Conversation. Journal Of The Canadian Association For Curriculum Studies, 16(1), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.25071/1916-4467.40356
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sumarseh, & Delfi Eliza. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Emas, 5(1), 71.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078
Yuliastri, N. A., & Fitriani, R. (2021). Pengembangan Smart Box dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Zahro, W. M., & Giyoto. (2021). Pemanfaatan Media Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Flanningan, C., & Dietze, B. (2017). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 54. https://doi.org/https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103
Hadiyanti, S. M., & Elan, E. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Ana Usia Dini. PAUDIA, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9329
Khairina, Hasballah, J., & Amelia, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Buah Kopi Untuk Pengenalan Konsep Penjumlahan pada Anak Kelompok B di Paud Harsya Ceria Banda Aceh. Educator Development Journal, 1(September), 126–140.
Khoiriyah, T., & Pusari, R. W. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. PAUDIA, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11569
Mubarokah. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK. Educatio Fkip Unma, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124
Murtining, H. (2018). Meningkatan keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. JURNAL CARE, 6(1). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Naili, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Review Pendidikan Dasar, 7(2), 126. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/v
Permendikbudristek. (2022). badan standar, kurikulum dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan riset teknologi republik indonesia.
Rahardjo, M. M. (2019). How To Use Loose Parts in STEAM. Pendidikan Usia Dini, 13(2), 312. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08
Rahmi, P. (2023). Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Teunom Aceh Jaya. Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 4(1).
Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part Untu Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 108. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562
Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 194–195. https://doi.org/https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176
Siantajani, Y. (n.d.-a). Loose Part : Material Lepasan Otentik Stimulasi Paud.
Siantajani, Y. (n.d.-b). Loose Part: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD.
Sit, M., & Rahmawati, F. (2022). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Pendidikan STEAM untuk Anak Usia Dini. In Merdeka kreasi Group.
Smith, S., & Gilman. (2018). The Arts, Loose Parts and Conversation. Journal Of The Canadian Association For Curriculum Studies, 16(1), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.25071/1916-4467.40356
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sumarseh, & Delfi Eliza. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Emas, 5(1), 71.
Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078
Yuliastri, N. A., & Fitriani, R. (2021). Pengembangan Smart Box dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Zahro, W. M., & Giyoto. (2021). Pemanfaatan Media Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.