Pengaruh Penggunaan Media Looseparts terhadap Kemampuan Menggunakan Teknologi Sederhana

Authors

  • Deviazani B UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Lina Amelia UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Heliati Fajriah UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20342

Keywords:

anak usia dini, loose parts, teknologi sederhana

Abstract

Penggunaan teknologi sederhana sangat penting dikenalkan untuk anak usia dini, hasil observasi awal ditemukan permasalahan penggunaan teknologi sederhana pada anak usia dini di TK Teuku Nyak Arief Banda Aceh belum berkembang sesuai dengan tuntutan capaian pembelajaran Literasi dan STEAM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media looseparts terhadap kemampuan menggunakan tenologi sederhana. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, jenis eksperiment one group pre-test dan post-test. Teknik pengambilan sampel adalah total sampling yaitu kelas A berjumlah 12 anak di TK Teuku Nyak Arief Banda Aceh. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji t dengan SPSS versi 26. Hasil uji normalitas data berdistribusi normal. Hasil uji t nilai thitung > ttabel atau 9,426>2,179. Maka dapat diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya pengaruh penggunaan media looseparts terhadap kemampuan menggunakan teknologi sederhana di TK Teuku Nyak Arief Banda Aceh. Penggunaan media loose parts banyak memberikan efek positif kepada anak diantaranya yaitu anak dapat mengenal beberapa teknologi sederhana dalam kehidupan sehari-hari, menggunakan teknologi sederhana sesuai dengan fungsinya, menggunakan teknologi secara aman dan bertanggung jawab baik secara mandiri maupun berkelompok.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N. (2021). Parents ’ Involvement In The Quran Education In Early Childhood During The Covid-19 Pandemic. International Seminar on Islamic Religion (ISoIR), 83– 88.

Flanningan, C., & Dietze, B. (2017). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 54. https://doi.org/https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103

Hadiyanti, S. M., & Elan, E. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Ana Usia Dini. PAUDIA, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9329

Khairina, Hasballah, J., & Amelia, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Buah Kopi Untuk Pengenalan Konsep Penjumlahan pada Anak Kelompok B di Paud Harsya Ceria Banda Aceh. Educator Development Journal, 1(September), 126–140.

Khoiriyah, T., & Pusari, R. W. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. PAUDIA, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11569

Mubarokah. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK. Educatio Fkip Unma, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124

Murtining, H. (2018). Meningkatan keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. JURNAL CARE, 6(1). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Naili, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Review Pendidikan Dasar, 7(2), 126. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/v

Permendikbudristek. (2022). badan standar, kurikulum dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan riset teknologi republik indonesia.

Rahardjo, M. M. (2019). How To Use Loose Parts in STEAM. Pendidikan Usia Dini, 13(2), 312. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08

Rahmi, P. (2023). Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Teunom Aceh Jaya. Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 4(1).

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part Untu Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 108. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 194–195. https://doi.org/https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176

Siantajani, Y. (n.d.-a). Loose Part : Material Lepasan Otentik Stimulasi Paud.

Siantajani, Y. (n.d.-b). Loose Part: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD.

Sit, M., & Rahmawati, F. (2022). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Pendidikan STEAM untuk Anak Usia Dini. In Merdeka kreasi Group.

Smith, S., & Gilman. (2018). The Arts, Loose Parts and Conversation. Journal Of The Canadian Association For Curriculum Studies, 16(1), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.25071/1916-4467.40356

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sumarseh, & Delfi Eliza. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Emas, 5(1), 71.

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

Yuliastri, N. A., & Fitriani, R. (2021). Pengembangan Smart Box dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Zahro, W. M., & Giyoto. (2021). Pemanfaatan Media Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Flanningan, C., & Dietze, B. (2017). Children, Outdoor Play, and Loose Parts. Journal of Childhood Studies, 42(4), 54. https://doi.org/https://doi.org/10.18357/jcs.v42i4.18103

Hadiyanti, S. M., & Elan, E. (2021). Analisis Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Ana Usia Dini. PAUDIA, 10(2). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.9329

Khairina, Hasballah, J., & Amelia, L. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Buah Kopi Untuk Pengenalan Konsep Penjumlahan pada Anak Kelompok B di Paud Harsya Ceria Banda Aceh. Educator Development Journal, 1(September), 126–140.

Khoiriyah, T., & Pusari, R. W. (2022). Upaya Meningkatkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menganyam Menggunakan Media Loose Part. PAUDIA, 11(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.11569

Mubarokah. (2021). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berhitung Menggunakan Media Loose Parts Pada Anak Kelompok B TK. Educatio Fkip Unma, 7(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1124

Murtining, H. (2018). Meningkatan keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting dengan Berbagai Media Pada Kelompok B TK Dharma Wanita Tawangrejo. JURNAL CARE, 6(1). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Naili, S. (2021). Implementasi Model Pembelajaran STEAM pada Pembelajaran Daring. Review Pendidikan Dasar, 7(2), 126. https://doi.org/https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/v

Permendikbudristek. (2022). badan standar, kurikulum dan asesmen pendidikan kementrian pendidikan, kebudayaan riset teknologi republik indonesia.

Rahardjo, M. M. (2019). How To Use Loose Parts in STEAM. Pendidikan Usia Dini, 13(2), 312. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/JPUD.132.08

Rahmi, P. (2023). Penerapan Bahan Alam Tumbuhan Pada Kegiatan Mewarnai Untuk Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini 4-5 Tahun di RA Teunom Aceh Jaya. Pendidikan Dan Pengasuhan Anak, 4(1).

Ridwan, A., Nurul, N. A., & Faniati, F. (2022). Analisis Penggunaan Media Loose Part Untu Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 108. https://doi.org/https://doi.org/10.46963/mash.v5i02.562

Saputra, A. (2018). Pendidikan Anak Pada Usia Dini. Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 194–195. https://doi.org/https://ejournal.staindirundeng.ac.id/index.php/tadib/article/view/176

Siantajani, Y. (n.d.-a). Loose Part : Material Lepasan Otentik Stimulasi Paud.

Siantajani, Y. (n.d.-b). Loose Part: Material Lepasan Otentik Stimulasi PAUD.

Sit, M., & Rahmawati, F. (2022). Integrasi Permainan Tradisional Dalam Pendidikan STEAM untuk Anak Usia Dini. In Merdeka kreasi Group.

Smith, S., & Gilman. (2018). The Arts, Loose Parts and Conversation. Journal Of The Canadian Association For Curriculum Studies, 16(1), 96. https://doi.org/https://doi.org/10.25071/1916-4467.40356

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Sumarseh, & Delfi Eliza. (2022). Penerapan Media Pembelajaran Berbahan Loose Part In Door Untuk Membangun Merdeka Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Generasi Emas, 5(1), 71.

Wasis, S. (2022). Pentingnya Penerapan Merdeka Belajar Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 9(2), 36. https://doi.org/https://doi.org/10.51747/jp.v9i2.1078

Yuliastri, N. A., & Fitriani, R. (2021). Pengembangan Smart Box dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Zahro, W. M., & Giyoto. (2021). Pemanfaatan Media Bahan Alam Sebagai Bentuk Kepedulian Anak Terhadap Lingkungan. JURNAL CARE, 8(2). https://doi.org/http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Downloads

Additional Files

Published

2024-01-01

Issue

Section

Articles