Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresif di Luar Ruangan terhadap Kreativitas Anak Usia Dini

Authors

  • Niken Larasati Universitas Negeri Malang
  • Usep Kustiawan Universitas Negeri Malang
  • Munaisra Tri Tirtaningsih Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.20332

Keywords:

Anak Usia Dini, kreativitas, menggambar ekspresif

Abstract

Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Masa anak usia dini merupakan masa bermain, berimajinasi, dan bereksplorasi, maka segala proses pembelajaran yang diberikan kepada anak hendaknya menyenangkan, termasuk aktivitas menggambar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresif Di Luar Ruangan Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini”. Penelitian ini penting untuk diteliti karena untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari kegiatan menggambar ekspresif di luar ruangan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan krativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design dengan jenis One-Group Pretes-Posttest Design. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menggambar ekspresif diluar ruangan dapat meningkatkan kreativitas menggambar AUD, yaitu menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis alternative diterima karena T hitung lebih besar dari T Tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan membandingkan besarnya “t” yang peneliti peroleh dengan T hitung 33,38 dan besarnya “t” yang tercantum pada T tabel yaitu 2,10, yang berarti 33,38 > 2,10.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N., & Fatimah, S. (2023). Teacher Creativity In Islamic Learning In Early Childhood. International Conference of Early Childhood Education in Multiperspectives, 468–472.

Anwar, R. N. (2022). Training on Implementation of Independent Curriculum for Teachers in PAUD Institutions in Sawahan District, Madiun Regency. Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 1(01), 52–58.

Ali, M. (2016). Teknik Analisis Kualitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf

Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118

Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200

Febriani, E. D. N. F. R. S. (2022). Implementasi Metode Menggambar Bebas Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TKQ Permata Bunda Tempuran Karawang. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 10(1), 24–30. http://doi.org/10.25273/jcare.v10i1.10899

Jazuli, M. (2016). Paradigma Pendidikan Seni Edisi 2 (Issue April 2016). https://www.researchgate.net/publication/361439006_Paradigma_Pendidikan_Seni_Edisi_2

Kustiawan, U. (2019). Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini (Cetakan 1). https://onesearch.id/Author/Home?author=Usep+Kustiawan

Mayar, F. (2021). Mengambar melalui ekspresi bebas anak usia dini (pp. 1–115). http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41221

Muharwati, T. I. (2014). Hubungan Sense Of Humor Dengan Kreativitas Pada Siswa Kelas XI MA Negeri Tlogo-Blitar. Skripsi , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 15. http://etheses.uin-malang.ac.id/743/

Munandar, U. (1997). Inisiatif Dan Kreativitas Anak. Psikologika, 2(2), 31–41. https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/8423/7150

Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain : Cara mengasah multiple intelligences pada anak sejak usia dini. Grasindo, 5(1), 61. http://103.142.62.240/perpus/index.php?p=show_detail&id=150415&keywords=

Nurhayati, U., & Burhani, S. (2021). Kegiatan Menggambar Ekspresi Sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak PAUD. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 205–222. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.367

Nurhaeny, H., Sayekti, T., & Asmawati, L. (2022). Kreativitas Seni Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Menggambar Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Andika Cilegon Banten). Jurnal CARE, 9(2), 38–46. http://e journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Oktaviana, A., Khomsiyati, S., & Oktavianti, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Kreatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak di PAUD Budi Luhur II Kecamatan Braja Selebah. Jurnal Care, 12(2), 322–332. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21639

Pepatuzdu, J. (2013). Jurnal Pepatuzdu, Vol 5, No. 1 Mei 2013 26. 5(1), 26–37. https://media.neliti.com/media/publications/156316-ID-analisis-semiotika-karya-seni-pendidik-p.pdf

Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecsNubanJagadithaCentre:https://journal.nubaninstitute.org/

Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111–123. https://doi.org/10.36928/jpkm.v9i2.123

Rachmah, L. L., Farantika, D., & Munawaroh. (2025). Pengembangan Media Pakar untuk Pengenalan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Kelompok B. Jurnal Care, 12(2), 191–199. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.1919881

Sartika Ukar, D., Taib, B., & Alhadad, B. (2020). Cahaya Paud Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Dewi Sartika, Bahran Taib. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2262

Septaria, L., & Wulandari, R. (2023). Penerapan Metode Ekspresi Bebas Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Kelompok Bermain Usia 5-6 tahun. 2(2), 171–175. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.691

Setiawan, N. (2015). Teknik Sampling ,Parung , Bogor. 25–28. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/teknik_sampling1.pdf

Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088

Vatmawati, D., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Teknik Mozaik Pada Kelompok B Tk Muslimat Nu Tlogosari Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 61–73. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/815%0Ahttp://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/viewFile/815/732

Widiastuti, C., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Tk Melalui Kegiatan Batik Celup Pada Kelompok a Di Tk Arum Tegalwangi 26-31 Tegal. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45–58.https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1658

Yuandana, T. (2024). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint. Jurnal Care, 12(1), 99–109

Downloads

Published

2025-01-13

Issue

Section

Articles