Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresif di Luar Ruangan terhadap Kreativitas Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v13i1.20332Keywords:
Anak Usia Dini, kreativitas, menggambar ekspresifAbstract
Pendidikan anak usia dini adalah pendidikan yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak. Masa anak usia dini merupakan masa bermain, berimajinasi, dan bereksplorasi, maka segala proses pembelajaran yang diberikan kepada anak hendaknya menyenangkan, termasuk aktivitas menggambar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui “Pengaruh Kegiatan Menggambar Ekspresif Di Luar Ruangan Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini”. Penelitian ini penting untuk diteliti karena untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh dari kegiatan menggambar ekspresif di luar ruangan sebagai salah satu cara dalam meningkatkan krativitas anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain pre-eksperimental design dengan jenis One-Group Pretes-Posttest Design. Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan menggambar ekspresif diluar ruangan dapat meningkatkan kreativitas menggambar AUD, yaitu menunjukkan bahwa hipotesis alternative (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hipotesis alternative diterima karena T hitung lebih besar dari T Tabel dengan taraf signifikansi 5% dengan membandingkan besarnya “t” yang peneliti peroleh dengan T hitung 33,38 dan besarnya “t” yang tercantum pada T tabel yaitu 2,10, yang berarti 33,38 > 2,10.
Downloads
References
Anwar, R. N., & Fatimah, S. (2023). Teacher Creativity In Islamic Learning In Early Childhood. International Conference of Early Childhood Education in Multiperspectives, 468–472.
Anwar, R. N. (2022). Training on Implementation of Independent Curriculum for Teachers in PAUD Institutions in Sawahan District, Madiun Regency. Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 1(01), 52–58.
Ali, M. (2016). Teknik Analisis Kualitatif. Makalah Teknik Analisis II, 1–7. http://staffnew.uny.ac.id/upload/132232818/pendidikan/Analisis+Kuantitatif.pdf
Chapnick, A. (2008). The golden age. International Journal, 64(1), 205–221. https://doi.org/10.1177/002070200906400118
Fakhriyani, D. V. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini. Wacana Didaktika, 4(2), 193–200. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.193-200
Febriani, E. D. N. F. R. S. (2022). Implementasi Metode Menggambar Bebas Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TKQ Permata Bunda Tempuran Karawang. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 10(1), 24–30. http://doi.org/10.25273/jcare.v10i1.10899
Jazuli, M. (2016). Paradigma Pendidikan Seni Edisi 2 (Issue April 2016). https://www.researchgate.net/publication/361439006_Paradigma_Pendidikan_Seni_Edisi_2
Kustiawan, U. (2019). Pengembangan Seni Rupa Anak Usia Dini (Cetakan 1). https://onesearch.id/Author/Home?author=Usep+Kustiawan
Mayar, F. (2021). Mengambar melalui ekspresi bebas anak usia dini (pp. 1–115). http://repository.unp.ac.id/id/eprint/41221
Muharwati, T. I. (2014). Hubungan Sense Of Humor Dengan Kreativitas Pada Siswa Kelas XI MA Negeri Tlogo-Blitar. Skripsi , Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 15. http://etheses.uin-malang.ac.id/743/
Munandar, U. (1997). Inisiatif Dan Kreativitas Anak. Psikologika, 2(2), 31–41. https://journal.uii.ac.id/Psikologika/article/download/8423/7150
Musfiroh, T. (2008). Cerdas melalui bermain : Cara mengasah multiple intelligences pada anak sejak usia dini. Grasindo, 5(1), 61. http://103.142.62.240/perpus/index.php?p=show_detail&id=150415&keywords=
Nurhayati, U., & Burhani, S. (2021). Kegiatan Menggambar Ekspresi Sebagai Upaya Peningkatan Motorik Halus Anak PAUD. Al-Riwayah : Jurnal Kependidikan, 1(1), 205–222. https://doi.org/10.47945/al-riwayah.v1i1.367
Nurhaeny, H., Sayekti, T., & Asmawati, L. (2022). Kreativitas Seni Anak Usia Dini Dalam Kegiatan Menggambar Pada Masa Pandemi Covid-19 (Penelitian Kualitatif Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Andika Cilegon Banten). Jurnal CARE, 9(2), 38–46. http://e journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Oktaviana, A., Khomsiyati, S., & Oktavianti, S. (2025). Penerapan Pembelajaran Kreatif untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Anak di PAUD Budi Luhur II Kecamatan Braja Selebah. Jurnal Care, 12(2), 322–332. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.21639
Pepatuzdu, J. (2013). Jurnal Pepatuzdu, Vol 5, No. 1 Mei 2013 26. 5(1), 26–37. https://media.neliti.com/media/publications/156316-ID-analisis-semiotika-karya-seni-pendidik-p.pdf
Primawati, Y. (2023). Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Studies, 1(2), 1–10. https://journal.nubaninstitute.org/index.php/jecsNubanJagadithaCentre:https://journal.nubaninstitute.org/
Rahmat, S. T., & Sum, T. A. (2017). Mengembangkan Kreativitas Anak. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 9(2), 111–123. https://doi.org/10.36928/jpkm.v9i2.123
Rachmah, L. L., Farantika, D., & Munawaroh. (2025). Pengembangan Media Pakar untuk Pengenalan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Kelompok B. Jurnal Care, 12(2), 191–199. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.1919881
Sartika Ukar, D., Taib, B., & Alhadad, B. (2020). Cahaya Paud Analisis Kreativitas Menggambar Anak Melalui Kegiatan Menggambar. Dewi Sartika, Bahran Taib. https://doi.org/10.33387/cahayapd.v3i1.2262
Septaria, L., & Wulandari, R. (2023). Penerapan Metode Ekspresi Bebas Untuk Meningkatkan Kreativitas Menggambar Anak Kelompok Bermain Usia 5-6 tahun. 2(2), 171–175. https://doi.org/10.47233/jpst.v2i2.691
Setiawan, N. (2015). Teknik Sampling ,Parung , Bogor. 25–28. https://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/teknik_sampling1.pdf
Trenggonowati, D. L., & Kulsum, K. (2018). Analisis Faktor Optimalisasi Golden Age Anak Usia Dini Studi Kasus Di Kota Cilegon. Journal Industrial Servicess, 4(1), 48–56. https://doi.org/10.36055/jiss.v4i1.4088
Vatmawati, D., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Melalui Teknik Mozaik Pada Kelompok B Tk Muslimat Nu Tlogosari Semarang Tahun Ajaran 2015/2016. Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 61–73. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/815%0Ahttp://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/viewFile/815/732
Widiastuti, C., & Kristanto, M. (2015). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Rupa Anak Tk Melalui Kegiatan Batik Celup Pada Kelompok a Di Tk Arum Tegalwangi 26-31 Tegal. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 45–58.https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1658
Yuandana, T. (2024). Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint. Jurnal Care, 12(1), 99–109
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.