Pengembangan Media Pembelajaran ABEBO untuk Menstimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik Anak

Authors

  • Sherly Andua Cindi Silomita Universitas Negeri Malang
  • Tomas Iriyanto Universitas Negeri Malang
  • Nur Anisa Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20310

Keywords:

abebo, anak usia dini, berpikir simbolik

Abstract

Orang tua dan pendidik harus membantu anak-anak dalam  membangun fondasi  yang kuat untuk pembelajaran dan perkembangan lebih lanjut. Salah satunya yaitu kemampuan berpikir simbolik anak yang perlu distimulasi sejak dini. Kemampuan berpikir simbolik yang rendah pada anak usia 5-6 tahun di PAUD Terpadu Siti Hajar sangat perlu dilakukan stimulasi menggunakan media pembelajaran seperti ABEBO (Aplikasi Berpikir Simbolik). Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk menghasilkan media pembelajaran aplikasi ABEBO yang dapat menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Jenis penelitian pengembangan ABEBO ini menggunakan Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Teknik pengambilan data ini meliputi, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Ahli media, ahli materi, dan ahli pengguna melakukan uji kelayakan produk kemudian diujicobakan kepada 30 anak di PAUD Terpadu Siti Hajar Malang. Rata-rata keseluruhan persentasi ahli media sebesar 94%, ahli materi 93%, ahli pengguna 95%, serta uji coba kelompok kecil 78,19%, dan uji coba kelompok besar 93,59%. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa aplikasi ABEBO dapat dikatakan dalam kriteria sangat layak dengan kategori dapat digunakan dan dikembangkan untuk menstimulasi kemampuan berpikir simbolik anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hal tersebut ditemukan bahwa kemampuan berpikir simbolik anak mengalami peningkatan melalui media pembelajaran ABEBO.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anisa, N., Robbaniyah, I., Sutama, I. W., & Astuti, W. (2023). The Effect of Educational Qualifications and Teacher Professional Education Program on the Digital Literacy Skills of Early Childhood Educators. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(6), 7123–7130. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i6.5589

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Azizah, L. N. Dan Kholifah, K. (2021) “Perkembangan Media Pembelajaran Dalam Penanaman Aspek Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini,†Prosiding Snasppm, 6(1), Hal. 462–470. Tersedia Pada: Https://Informatika.Unirow.Ac.Id/Prosiding/Index.Php/Snasppm/Article/View/719.

Dhieni, N., Yuliantina, I., Soendjojo, R., Yuswanto, D. T., Nurjannah, Riany, Y. E., & Rosmalia, R. (2020). Panduan Penegerian Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 42.

Hartiyaningsih, Dewi Oktavia (2023). Upaya Meningkatkan Perkembangan Kognitif Berpikir Simbolik Anak Kelompok A Melalui Metode Bermain Konstruktif Di TK Aisyiyah Purwokerto Srengat Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/25492

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Maimanah, S., Musayyadah, & Prasetyo, D. (2022). Pengembangan Media Labirin Berbasis Loose Part untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-5 tahun. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 25–35. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2935

Mimin, E., Kristen, U., & Wacana, S. (2022). Analisis Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 6(2), 558–568. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/6462

Nasution, N, & Maulana, I.(2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Analisis Pembelajaran Berhitung melalui Media Prisma Pintar Pada Anak Usia Dini Abstrak. 4(10 230-236,https://doi,org/10.31004/obsesi.v4i1.311

Ningsih, P. R. (2020) “Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD/MI,†21(1), Hal. 1–9. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9851

Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian yang Inovatif dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Kurnia, Darmiyanti, A.,Riana, N. (2022). Media Bola Aritmatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Care 9(2). https://search.crossref.org/?q=2528-5173

Ridwan, R., Siahaan, A., & Zulheddi, Z. (2022). Aplikasi Beta (Belajar Dari Peta): Media Edukasi Mengenal Doa-Doa Harian Untuk Siswa Sd Kelas Rendah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 12(2), 309. https://doi.org/10.22373/jm.v12i2.12984

Safitri, N. N. D., Iriyanto, T., & Anisa, N. (2023). Pengembangan Game Edukasi Berhitung (GESIT) untuk Menstimulasi Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(2), 232-243.

Seìtiawan, Y. A. (2017) Beìlajar Androìid Meìnyeìnangkan. Surabaya: Pustaka Meìdia Guru. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=CfxFDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=belajar+android+menyenangkan+&ots=DZKh8Rj9je&sig=yJTJnGUtNgE_Abc__9-W0L9Vplg&redir_esc=y#v=onepage&q=belajar%20android%20menyenangkan&f=false

Sutama, I. W., Astuti, W., & Anisa, N. (2021). E-Modul Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Sebagai Sumber Belajar Digital. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(3), 449. https://doi.org/10.23887/paud.v9i3.41385

Valentina Dewi, E. R., Hibana, H., & Ali, M. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Loose Parts terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 267–282. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3451

Veryawan. (2020). Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Melalui Bermain Dengan Media Stick Angka. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2), 69–74. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8878

Veryawan., Masliyah,h. (2020). Penggunaan Media Kartu Angka Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2), 62-70. https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.6736

Yuliastri Nur Adiyah , Fitriani Rohyana, I. B. S. (2021). Pengembangan Media Smart Box Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnalcare, 8(2), 29–36. http://doi.org/10.25273/jcare.v8i2.8556

Zahwa, s. a., nisa’, t. f. f., & fajar, y. w. (2018). Pengaruh Metode Bermain Peran Makro Terhadap Kemampuan Berpikir Simbolik Anak Kelompok B. jurnal pgpaud trunojoyo : jurnal pendidikan dan pembelajaran anak usia dini, 5(1), 30–38. https://doi.org/10.21107/jpgpaud.v5i1.3848

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles