Pengembangan Permainan Ular Tangga dalam Pemahaman Gizi Seimbang Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20302Keywords:
anak usia dini, gizi seimbang, permainan ular tanggaAbstract
Terbatasnya pemahaman tentang gizi yang seimbang sehingga menyebabkan permasalahan dalam kesehatan anak yaitu kekurangan gizi maupun kelebihan gizi yang mengakibatkan obesitas dini. Faktor lain yang mempengaruhi adalah masih terbatasnya alat permainan yang memberikan edukasi mengenai gizi seimbang terhadap anak usia dini sehingga menyebabkan anak bosan dalam belajar khususnya memahami pentingnya gizi yang seimbang. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan berupa alat permainan ular tangga untuk memberikan pemahaman tentang gizi seimbang terhadap anak usia 5-6 tahun yang valid menurut ahli materi dan ahli permainan. Model penelitian dan pengembangan menggunakan model sintesis yang meliputi enam tahapan yakni melakukan analisis kebutuhan, mengidentifikasi model aspirasi yang diinginkan, mengembangkan model awal, melakukan uji ahli, melakukan uji coba skala kecil, dan melakukan uji coba lapangan. Jenis data dalam penelitian ini yaitu kualitatif dan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berdasarkan validitas materi sebesar 89,75% dan validitas permainan sebesar 89,77%. Melalui pengamatan terhadap anak didik ketika bermain permainan ular tangga, anak didik mampu memahami konten edukasi makanan bergizi seimbang dalam permainan ular tangga dengan baik. Alat permainan ular tangga dinyatakan valid karena mendapatkan persentase validitas pada rentang 76.01%-100,00%, sehingga permainan ular tangga yang dihasilkan layak digunakan untuk memberikan pemahaman gizi seimbang anak usia 5-6 Tahun. Alat permainan ular tangga gizi seimbang mampu memberikan banyak manfaat kepada anak khususnya anak dapat memahami dengan baik gizi yang seimbang melalui bermain yang menyenangkan.
Downloads
References
Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Agustia, E. (2023). Merancang Alat Permainan Edukatif (APE) bagi Anak Usia Dini. Jurnal Egileaner, 1(1), 1–12.
Amalia, J. O., & Putri, T. A. (2022). Edukasi Gizi Seimbang pada Anak-Anak di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 4(1), 65–70. http://ejournal2.undip.ac.id/index.php/pasopati
Ardini, P., & Lestariningrum, A. (2018). Bermain dan Permainan (pp. 1-undefined).
Baddrin Afdhilla, A., & Agam Mahendra, S. (2020). Mengembangkan Multiple Intelligences Dengan Bermain Pada Anak Usia Dini. Children Advisory Research and Education Jurnal CARE, 8(1), 1–10. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Cinthia, C., Fakhrana, A., Ritonga, E. R., & Khadijah. (2022). Pengembangan Permainan Ular Tangga Dalam Mengembangkan Moral Aud Di Tk Bina Anaprasa Kencana. 4(3), 886–892.
Daflora, R., Redy, P., & Jaya, P. (2019). Analisis Pemahaman Orang Tua Siswa Akan Keterlibatannya Dalam PAUD. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 10–19. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4606
Ekandari, C. H., & Karmila, M. (2017). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Si “BAM†Terhadap Kemandirian Anak Kelompok TK A Di KB-TK Sultan Agung 01 Semarang. PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 6(1), 108–124. https://doi.org/10.26877/paudia.v6i1.1869
Fadillah, C. N. (2022). Analisis Kurikulum Merdeka Belajar Mandiri Dalam Satuan Pendidikan Anak Usia Dini. 8(2), 120–137.
Fadlillah, M., Kristiana, D., & Wulansari, B. Y. (2020). Penyuluhan Kesehatan dan Gizi Anak Usia Dini bagi Orang Tua dan Guru pada Masa COVID-19. J-ABDIPAMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 4(2), 133. https://doi.org/10.30734/j-abdipamas.v4i2.1251
Farhurohman, O. (2017). Hakikat Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini Di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Suai Dini, 2(01), 27-36.
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. GENERASI EMAS : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(1), 52.
Hidayah, U., & Ain, S. Q. (2021). Pengembangan Media Board Game Ular Tangga Pada Materi Metamorfosis Kupu-Kupu Tema 3 Subtema 2 Kelas IV SDN 169 Pekanbaru. QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2). https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.1020
Hidayat, W., Halifah, S., & Zainuddin, L. (2022). Pemanfaatan Media Rainbow Walking Water dan Ampas Kelapa Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Warna Pada Anak. PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 11(1), 443–458. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26877/paudia.v11i1.11364
Indrawati. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar melalui Permainan Tradisional Kucing Kucingan pada Anak Kelompok B TK RT 17 Kejuron Kota Madiun. Jurnal CARE, 5(2), 53–61.
Jannah, M. M., & Rasyid, H. (2023). Kurikulum Merdeka : Persepsi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. 7(1), 197–210. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.3800
Masfufah, U. (2021). Bahasa & Perkembangan Literasi pada Anak Usia Dini: Sebuah Studi Literatur. Alzam: Journal of Islamic Early Childhood Education, 1(01), 7–13. https://doi.org/10.51675/alzam.v1i01.131
Muliasari, H.-. (2019). Penyuluhan Gzi Seimbang Keluarga Menuju Masyaraat yang Sehat dan Cerdas. Jurnal Warta Desa (JWD), 1(2). https://doi.org/10.29303/jwd.v1i2.28
Nironi, E., & Jumiatin, D. (2023). Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia Dini. 6(4), 2614–6347.
Pramono, Nurhasanb, Kusnanik, N. W., & Winarno, M. E. (2019). Playing motion activity model development to improve early childhood creative thinking. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 5(4), 219–236.
Prihatini, V. A., & Mursid. (2022). Implementasi Permainan Ular Tangga Raksasa dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood and Character Education, 2, 22.
Rohmah, N. (2016). Bermain Dan Pemanfaatannya Dalam Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Tarbawi, 13(2), 27–35.
Supiani. (2018). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Gobak Sodor Anak Kelompok B Tk Dharma Wanita Demangan. Jurnal CARE, 6(1), 41–49. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v6i1.3095
Untari, E. (2022). Media Ipa Berbasis Android Untuk Mahasiswa Pgsd. Wahana Sekolah Dasar, 30(1), 1. https://doi.org/10.17977/um035v30i12022p1-10
Veronica, N. (2018). Permainan Edukatif dan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).
Yasbiati dan Gilar Gandana. 2018. Alat Permainan Edukatif untuk Anak Usia Dini (Teori dan Konsep Dasar). Tasikmalaya: Ksatria Siliwangi.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.