Meningkatkan Kecerdasan Musikal Anak Usia Dini melalui Alat Musik Perkusi di RA Bunda Kasih
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20224Keywords:
anak usia dini, alat musik perkusi, kecerdasan musikalAbstract
Potensi kecerdasan anak dikembangkan secara optimal dengan melihat karakteristik yang dimiliki oleh anak. Potensi anak wajib dikembangkan, contohnya seperti musik. Musik yaitu cara untuk membentuk kepribadian anak, karena dengan bermain musik anak dapat meningkatkan kemampuan berfikir, perasaan yang ada dalam dirinya dan kreativitaspun muncul. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memahami proses penerapan alat musik perkusi untuk meningkatkan kecerdasan musikal anak usia dini. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian tindakan kelas terhadap 13 orang anak. Dengan prosedur penelitian yang terdiri dari: persiapan, pelaksanaan, pengamatan atau observasi dan refleksi. Hasil menunjukkan bahwa metode bermain alat musik perkusi dapat menjadi salah satu alternatif yang dapat dilakukankan oleh pendidik sebagai pengembangan musikal pada anak usia dini 5 sampai 6 tahun yang mana pelaksanaan pembelajaran pada anak tersebut harus dilakukan secara berulang-ulang. Penggunaan metode bermain alat musik perkusi dalam meningkatkan kecerdasan musikal ini dapat ditindaklanjuti dan diterapkan di rumah dengan dibantu oleh orang tua. Hal ini membuktikan bahwa melalui metode bermain alat musik perkusi dapat meningkatkan kecerdasan musikal anak.
Downloads
References
Adawiyah, R., Rohyana, F., & Ashari, M. A. (2019). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek berbasis Sains di TK Titipan ilahii rencoong Kelayu Jorong. Jurnal CARE, 7(1), 1–6.
Amah, N., & Sari, N. E. (2017). Permainan Poli Dana Untuk Menumbuhkan KecerdasanFinansial Pada Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children, Advisory, Research, Adn Education), 4(2), 31–41.
Cahyani, A. N., Alfina, A., & Anwar, R. N. (2024). Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Care, 11(2), 41–49. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20097
Buku Materi Pokok PAUD 44D4, Perkembangan Kecerdasan Majemuk, Universitas Terbuka, Jakarta, 2010, h. 1.9
Diana Mutiah, Psikologi Bermain Anak Usia Dini, Jakarta, Kencana Prenada Media Group, 2012, h. 170.
Dimyati, Johni. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan dan Aplikasinya Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kencana. Jakarta.
Febriana, D., & Sofyan, F. A. (2022). Analisis Pengembangan Bakat Terhadap Kecerdasan Musik Dalam Animasi “Bing Bunny: Moment Musikalâ€. JIMR: Journal Of International Multidisciplinary Research, 1(01 Juni), 21-28.
Gardner, Howard. (2013). Multiple Intelligences, Kecerdasan Majemuk. Penerjemah: Sindoro, Alexander. Interaksana. Jakarta.
Kirnadi. (2011). Dunia Marching Band. Jakarta Selatan: PT Eksatama Pertiwi.
Mahmud, A.T, Musik dan Anak, Depdikbud, 1995, h. 66.
Manurung, N. 2013. “Pemanfaatan ‘Multiple Intelligence’ dalam Proses Pembelajaranâ€. Keguruan. Vol. 01, No. 01, Halaman 49-56).
Muhidin, Ali, Sambas. (2006). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Pustaka Setia. Bandung.
Munif Chatib, Sekolahnya Manusia, Bandung: PT. Mizan Pustaka, 2014.
Nasution, R. A. (2016). Pembelajaran Seni Musik Bagi Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Raudhah, 4(1). 11-21. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.60.
Nisya, N. I. (2022). Analisa Desain Organisasi Pada Kedai Kopi Ben’Enak (BE) menggunakan Metode Deskriptif Kualitatif. Jurnal Dunia Bisnis, 2(4).
Nurdin, M. Yaumu. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak. PrenadaMedia Group. Jakarta. h. 117.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasioanal Nomor 58 Tahun 2009, Standar Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta, 2009. H.1.
Putri, N. (2012). Efektifitas penggunaan media video untuk meningkatkan pengenalan alat musik daerah pada pembelajaran IPS bagi anak tunagrahita ringan di SDLB 20 Kota Solok. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(2), 318-328. https://doi.org/10.24036/jupe8580.64
Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM Dengan Penggunaan Media Loose Parts Di Desa Bukit Harapan. JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47-52.https://doi.org/10.15642/jeced.v3i1.995
Rasyid, Fathur. 2013, Cerdaskan Anakmu Dengan Musik. Jogyakarta: Diva Press.
Sheppard, P. (2007). Music Makes Your Child Smarter: Peran Musik dalam Perkembangan Anak. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Sousa, D,. A. (2012). Bagaimana Otak Belajar. Jakarta : PT. Indeks.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.
Sunoviani, R. (2021). MENINGKATKAN KECERDASAN KINESTETIK MELALUI MEDIA ALAT MUSIK PERKUSI PADA ANAK KELOMPOK B2 RA BABUSSALAM (Doctoral dissertation, STKIP Bina Bangsa Getsempena).
Suwono, Pengembangan Permainan Instrumentalia Musik Perkusi Berbasis Budaya Lokal Untuk Meningkatkan Kecerdasan Majemuk Anak. Tesis, PGRA, Universitas Islam Sunan Kali Jaga, Yogjakarta, 2011. H. 89.
Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD. Yogyakarta: Pedagogia.
Yeni R, dkk, 2014, Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak, Kencana Prenada Media Group, Jakarta.
Yuliani, Bambang, Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak, PT Indek, Jakarta, 2010 h. 60.
Emilia, Siti., dkk.. 2014. â€Penerapan Bermain Musik Perkusi Untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Kasar Pada Anak Kelompok B TK Al-Huda Kerten Tahun Ajaran 2013/2014.†Diakses pada 7 September 2016.
Nurgiyanti, Sri. 2013. “Pengaruh Permainan Alat Musik Perkusi Terhadap Persepsi Bunyi Irama Pada Anak Kelompok B TK ABA Ngabean I Kemusuh Banyurejo Tempel Sleman Yogyakarta.†Skripsi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.