Penerapan Tari Dampeng Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Darmiana Darmiana Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
  • Hijriati Hijriati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20167

Keywords:

anak usia dini, sosial emosional, tari dampeng

Abstract

Perkembangan sosial emosional kurang berkembang karena sebagian anak-anak kurang bersosialisasi dengan teman sekelasnya dan cenderung bermain sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi secara mendalam pengaruh Tari Dampeng terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Subulussalam. Fokus utama penelitian adalah untuk mengeksplorasi bagaimana partisipasi anak-anak dalam Tari Dampeng dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam berinteraksi sosial dan mengelola emosi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak TK B1 kelas eksperimen dan 20 anak TK B2 kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05. Anak-anak yang sebelumnya cenderung bermain sendiri atau menghindari interaksi sosial menunjukkan peningkatan dalam partisipasi dan keterlibatan dalam aktivitas kelompok seperti Tari Dampeng. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan Tari Dampeng terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Subulussalam, ini dapat diinterpretasikan sebagai bukti bahwa intervensi ini memberikan manfaat yang positif bagi anak-anak dalam aspek sosial dan emosionalnya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Darmiana Darmiana, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Hijriati Hijriati, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry

Pendidikan Islam Anak Usia Dini

References

ge, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Agustina, S., Nurlaili, & Evi Selva Nirwana. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(2). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/6326

Anggraeni, E. P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85–93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864

Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109.

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.

Arintya Rahmadani, (2023). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 7, No 1, April 2023 DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6191

Batubara, L. F., Agustini, R., & Lubis, J. N. (2023). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak melalui Metode Cerita. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5336

Cahyani, A. N., Alfina, A., & Anwar, R. N. (2024). Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Care, 11(2), 41–49. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20097

Damayanti, L., & Sumarwoto, V. D. (2016). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madium Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal Care PG PAUD IKIP PGRI Madium, 3(2). http://doi.org/10.25273/jcare.v3i2.543

Dewi Yunisari, & Yusra. (2020). Kesan Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 7(1). https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.937

Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233

Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408

Habibie, A. (2017). Pengenalan Aurat Bagi Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.115

Hewi, L. (2020). Pengembangan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Dadu di RA An-Nur Kota Kendari. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5918

Karomah, R. T., & Diana, R. R. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Dayakan dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 2023. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa

Khoiruddin, M. A., & Alwy, S. (2020). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Pondok Pesantren Tahfidz Hidayatul Muta’allimin. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(2), 179–193. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i2.1355

Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978

Murniati, M., Iriani, Z., & Desfiarni, D. (2019). Bentuk Penyajian Tari Dampeng pada Upacara Adat Pernikahan di Kecamatan Longkib Kota Subulussalam Aceh Singkil. Jurnal Sendratasik, 7(3). https://doi.org/10.24036/jsu.v7i3.103279

Muthmainah, M. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-kanak Selama Masa Pandemi. Kumara Cendekia, 10(2), 152. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.61062

Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94

Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722jaudhi.v4i1.696

Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346

Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05

Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1, 787–790.,

Rianti, Hayani, S., Hidayati, I. N., Kurniati, R., & Mufidah, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 48-60. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2963

Sari, M., Ardipal, & Wirman, B. (2020). Development of Early Childhood Creativity Through Fine Arts Education. Atlantis Press: Proceedings of the 2nd International Conference Innovation, 504. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.197

Savitri, R., & Dwikayani, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Care, 10(1), 52–66.

Sriwahyuni, 2021. Pelaksanaan Kreatifitas Anak Usia Dini Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Melalui Pembelajaran Seni tari Di sanggar Mutiara Minang. Jurnal Alayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 1, No 2, September 2021

Sufianti, V., & Hasanah, N. (2021). Pengembangkan Sosial Emosional melalui Cerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal CARE, 8(2). http://e-jornal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD

Sunarni, N. (2018). “Kontrak Perilaku†Dapat Menanamkan Kebiasaan Baik Pada Siswa Kelompok B3 Tk Masyithoh Pijenan Bantul Sehingga Menjadi Siswa Yang Berkarakter “ Mantab.†Jurnal Pendidikan Anak, Volume 7,(August). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/24460/12377

Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331

Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792

Travelancya, T. (2021). Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ihyaul Islam Prasi Gading. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 57–71. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1541

Wariyanti. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4750

Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. doi:10.31004/obsesi.v5i1.626

Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran olah gerak dan tari sebagai sarana ekspresi dan apresiasi seni bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 1–18.

Yuspita, R, (2021). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Flamboyan Desa Geramat, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat. JECIE: Jurnal of Early Childhood Isalamic Education, 5(1). http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4370

Downloads

Published

2024-07-23

Issue

Section

Articles