Penerapan Tari Dampeng Untuk Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20167Keywords:
anak usia dini, sosial emosional, tari dampengAbstract
Perkembangan sosial emosional kurang berkembang karena sebagian anak-anak kurang bersosialisasi dengan teman sekelasnya dan cenderung bermain sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi secara mendalam pengaruh Tari Dampeng terhadap perkembangan sosial emosional anak di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Subulussalam. Fokus utama penelitian adalah untuk mengeksplorasi bagaimana partisipasi anak-anak dalam Tari Dampeng dapat mempengaruhi kemampuan mereka dalam berinteraksi sosial dan mengelola emosi. Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis pendekatan eksperimen. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak TK B1 kelas eksperimen dan 20 anak TK B2 kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Control Group Pretest-Posttest Design. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai (2-tailed) sebesar 0,000 < 0.05. Anak-anak yang sebelumnya cenderung bermain sendiri atau menghindari interaksi sosial menunjukkan peningkatan dalam partisipasi dan keterlibatan dalam aktivitas kelompok seperti Tari Dampeng. Hal ini bisa meningkatkan rasa percaya diri anak dalam berinteraksi dengan orang lain. Oleh karena hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh signifikan dari penerapan Tari Dampeng terhadap perkembangan sosial-emosional anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal Kota Subulussalam, ini dapat diinterpretasikan sebagai bukti bahwa intervensi ini memberikan manfaat yang positif bagi anak-anak dalam aspek sosial dan emosionalnya.
Downloads
References
ge, J. G., & Hamzanwadi, U. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Agustina, S., Nurlaili, & Evi Selva Nirwana. (2022). Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun Di PAUD Islam Ummu Fathimah Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 5(2). https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/alfitrah/article/view/6326
Anggraeni, E. P., & Pamungkas, J. (2023). Sarana dan Prasarana Lembaga dalam Menciptakan Potensi Pengembangan Seni Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 85–93. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.2864
Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109.
Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.
Arintya Rahmadani, (2023). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Aplikasi Tiktok. Jurnal Pendidikan Tambusai, Vol 7, No 1, April 2023 DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.6191
Batubara, L. F., Agustini, R., & Lubis, J. N. (2023). Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak melalui Metode Cerita. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 7(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5336
Cahyani, A. N., Alfina, A., & Anwar, R. N. (2024). Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Care, 11(2), 41–49. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20097
Damayanti, L., & Sumarwoto, V. D. (2016). Pengaruh Media Cerita Bergambar Terhadap Kehidupan Sosial Anak Didik Kelompok B TK Desa Ngepeh Saradan Madium Tahun Ajaran 2014-2015. Jurnal Care PG PAUD IKIP PGRI Madium, 3(2). http://doi.org/10.25273/jcare.v3i2.543
Dewi Yunisari, & Yusra. (2020). Kesan Peran Orang Tua Dalam Pengembangan Kecerdasan Emosional Anak Usia 4-6 Tahun Di Aceh Besar. Jurnal Buah Hati, 7(1). https://doi.org/10.46244/buahhati.v7i1.937
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(01), 181–190. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2233
Fitriya, A., Indriani, I., & Noor, F. A. (2022). Konsep Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di RA Tarbiyatussibyan Ploso Karangtengah Demak. Jurnal Raudhah, 10(1). https://doi.org/10.30829/raudhah.v10i1.1408
Habibie, A. (2017). Pengenalan Aurat Bagi Anak Usia Dini dalam Pandangan Islam. Jurnal Pendidikan: Early Childhood, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i2.115
Hewi, L. (2020). Pengembangan Sosial Emosional Anak melalui Permainan Dadu di RA An-Nur Kota Kendari. PAUDIA: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(1), 72–81. https://doi.org/https://doi.org/10.26877/paudia.v9i1.5918
Karomah, R. T., & Diana, R. R. (2023). Pengaruh Permainan Tradisional Dayakan dalam mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 12(1), 2023. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa
Khoiruddin, M. A., & Alwy, S. (2020). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Pondok Pesantren Tahfidz Hidayatul Muta’allimin. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 3(2), 179–193. https://doi.org/10.33367/ijies.v3i2.1355
Maghfiroh, A. S., Usman, J., & Nisa, L. (2020). Penerapan Metode Bermain Peran Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUD/KB Al-Munawwarah Pamekasan. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.19105/kiddo.v1i1.2978
Murniati, M., Iriani, Z., & Desfiarni, D. (2019). Bentuk Penyajian Tari Dampeng pada Upacara Adat Pernikahan di Kecamatan Longkib Kota Subulussalam Aceh Singkil. Jurnal Sendratasik, 7(3). https://doi.org/10.24036/jsu.v7i3.103279
Muthmainah, M. (2022). Analisis Perkembangan Sosial Emosional Anak Taman Kanak-kanak Selama Masa Pandemi. Kumara Cendekia, 10(2), 152. https://doi.org/10.20961/kc.v10i2.61062
Ngura, E. T., Go, B., & Rewo, J. M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(2), 118–124. https://doi.org/10.38048/jipcb.v7i2.94
Nisa, A. R., Patonah, P., Prihatiningrum, Y., & Rohita, R. (2021). Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 4-5 Tahun: Tinjauan Pada Aspek Kesadaran Diri Anak. Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI), 4(1), 1. https://doi.org/10.36722jaudhi.v4i1.696
Nurhasanah, N., Sari, S. L., & Kurniawan, N. A. (2021). Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini. Mitra Ash-Shibyan: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(02), 91–102. https://doi.org/10.46963/mash.v4i02.346
Nurjannah, N. (2017). Mengembangkan Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia Dini melalui Keteladanan. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 50–61. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-05
Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains Pendidikan, Humaniora (Senassdra), 1, 787–790.,
Rianti, Hayani, S., Hidayati, I. N., Kurniati, R., & Mufidah, S. (2022). Implementasi Metode Bernyanyi dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini. Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 48-60. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i2.2963
Sari, M., Ardipal, & Wirman, B. (2020). Development of Early Childhood Creativity Through Fine Arts Education. Atlantis Press: Proceedings of the 2nd International Conference Innovation, 504. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.197
Savitri, R., & Dwikayani, Y. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal Care, 10(1), 52–66.
Sriwahyuni, 2021. Pelaksanaan Kreatifitas Anak Usia Dini Ditinjau Dari Aspek Perkembangan Melalui Pembelajaran Seni tari Di sanggar Mutiara Minang. Jurnal Alayya: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Vol 1, No 2, September 2021
Sufianti, V., & Hasanah, N. (2021). Pengembangkan Sosial Emosional melalui Cerita untuk Anak Usia Dini. Jurnal CARE, 8(2). http://e-jornal.unipma.ac.id/index.php/JPAUD
Sunarni, N. (2018). “Kontrak Perilaku†Dapat Menanamkan Kebiasaan Baik Pada Siswa Kelompok B3 Tk Masyithoh Pijenan Bantul Sehingga Menjadi Siswa Yang Berkarakter “ Mantab.†Jurnal Pendidikan Anak, Volume 7,(August). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpa/article/view/24460/12377
Suteja, J. (2017). Dampak Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak. Awlady : Jurnal Pendidikan Anak, 3(1). https://doi.org/10.24235/awlady.v3i1.1331
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2021). Analisis Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial dan Emosional Anak Usia Dini Dimasa Pandemi Corona Virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.792
Travelancya, T. (2021). Penerapan Metode Bercerita dalam Meningkatkan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di Raudlatul Athfal Ihyaul Islam Prasi Gading. EL Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 3(1), 57–71. https://doi.org/10.33367/jiee.v3i1.1541
Wariyanti. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Engklek Dalam Mengembangkan Motorik Dan Sosial Emosional Anak. ASGHAR : Journal of Children Studies, 1(2), 152–163. https://doi.org/10.28918/asghar.v1i2.4750
Wulandari, H., & Purwanta, E. (2021). Pencapaian Perkembangan Anak Usia Dini di TK Selama Pembelajaran Daring Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 452-462. doi:10.31004/obsesi.v5i1.626
Wulandari, R. T. (2017). Pembelajaran olah gerak dan tari sebagai sarana ekspresi dan apresiasi seni bagi anak usia dini. Jurnal Pendidikan, 1–18.
Yuspita, R, (2021). Pengaruh Senam Irama Terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Flamboyan Desa Geramat, Kecamatan Mulak Ulu, Kabupaten Lahat. JECIE: Jurnal of Early Childhood Isalamic Education, 5(1). http://dx.doi.org/10.29300/ja.v5i1.4370
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.