Peran Kepala Sekolah sebagai Supervisor dalam Mengetahui Kinerja Guru di Satuan PAUD

Authors

  • Mia Sumiani Madi Universitas Pancasakti Bekasi
  • Irma Yuliantina Universitas Pancasakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20160

Keywords:

guru, kinerja, peran

Abstract

Mewujudkan sekolah sebagai wadah yang efektif dan efesien kepemimpinan memainkan peran yang begitu penting dan memiliki fungsi sebagai penentu  keberhasilan yang ditunjukan melalui kinerja guru. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi Bagaimana peran kepala  sekolah sebagai supervisor  untuk mengetahui kinerja guru dalam proses pembelajaran di satuan PAUD. Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif fenomena. Pengumpulan data melalui wawancara  mendalam, observasi dan telaah dokumen. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian didapatkan bahwa evaluasi supervisi akademik dengan melakukan wawancara, observasi dan telaah dokumen bahwa kepala sekolah telah  melaksanakan  evaluasi sesuai dengan pedoman supervisi akademik. Simpulan dari penelitian ini didapatkan  hasil ada korelasi signifikan antara peran kepala sekolah yang optimal terhadap peningkatan kinerja guru dalam proses pembelajaran efektif

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ambarrukmi, S., Santosa, H., Nusyirwan, Triatna, C., & Prayitno, W. (2019). Bahan Ajar Pengantar Supervisi Akademik. Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan, 156–159.https://gtk.kemdikbud.go.id/kemitraan/front/img/unduhan/Pengantar_Supervisi_Akademik.pdf

Anwar, R. N., & Umar, M. (2021). Motivasi Guru Dalam Bekerja Perspektif Islam. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian, Dan Pengembangan Kependidikan, 12(2), 296–302.

Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.

Danial, A., Mumu, M., & Nurjamil, D. (2022). Model Supervisi Akademik Berbasis Digital Oleh Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru PAUD. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1514–1521.

Dr. M. Fadlillah, S. P. I. M. P. I. (2020). BUKU AJAR KONSEP DASAR PAUD. Samudra Biru. https://books.google.co.id/books?id=biF9EAAAQBAJ

Guntoro, G. (2020). Supervisi Pengawas dan Kepemimpinan Kepala Sekolah sebagai Stimulus dalam Meningkatkan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Iqra’, 14(1), 64–77.

Herlina, E. S., & Tambunan, A. M. (2022). Supervisi dan Problematikanya di Lembaga PAUD. DIKAIOS| Jurnal Manajemen Pendidikan Kristen, 2(2), 45–55.

Keni, D. (2023). Peran Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Tk Bangsa Ratu Bandar Lampung. Uin Raden Intan Lampung.

Mudarris, B., & Hasanah, R. (2021). Supervisi Kepala Sekolah Mengembangkan Bahasa Reseptif Anak. Managere: Indonesian Journal of Educational Management, 3(2), 62–74.

Musa, S., Nurhayati, S., Jabar, R., Sulaimawan, D., & Fauziddin, M. (2022). Upaya dan tantangan kepala sekolah PAUD dalam mengembangkan lembaga dan memotivasi guru untuk mengikuti program sekolah penggerak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4239–4254.

Muspawi, M. (2021). Strategi Peningkatan Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 21(1), 101–106.

Nurjannah, S. P. (2022). Supervisi Akademik dan Proses Pembelajaran. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Putri, R. S. D. (2022). PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI FLIPBOOK DIGITAL SUPERVISI PAUD NONFORMAL BERDASARKAN BAN PAUD DAN PNF 2021: Penelitian educational design research panduan digital untuk manajemen supervisi kepala sekolah kepada guru. Universitas Pendidikan Indonesia.

Raberi, A., Fitria, H., & Fitriani, Y. (2020). Pengaruh supervisi kepala sekolah dan peran komite sekolah terhadap kinerja guru. Jurnal Al-Qiyam, 1(1), 11–20.

Rahmi, A., & Zeky, S. (2024). Supervisi Pendidikan. CV. Gita Lentera. https://books.google.co.id/books?id=cXnxEAAAQBAJ

Rohmawati, O., Poniyah, P., & Adiyono, A. (2023). Implementasi Supervisi Pendidikan Sebagai Sarana Peningkatan Kinerja Guru Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Dan Keguruan, 1(3), 108–119.

Saputri, O. Y., & Darsinah, D. (2023). Manajemen Supervisi Akademik pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 28–39.

Saudin, D. (2008). Daftar PustakaSherwood, L. 2014. Fisiologi manusia : dari sel ke sistem. Edisi 8. Jakarta: EGC. Diabetes Care Baycrest Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi Jakarta: Jakarta: EGC Guyton J.E. Buku Ajar Fisiologi Kedokteran. Edisi, 31(12).

Snae, Y. D. I., Budiati, A. C., & Heriati, T. (2016). Supervisi Akademik: Program Kepala Sekolah Pembelajaran Tahun 2016. In Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Suci, A. D., Helmalia, R., & Pratama, S. A. D. (2023). Penilaian Penilaian dan Kriteria Kinerja Guru Melalui Supervisi Kepala Sekolah di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 2 Kota Serang. Jurnal Pelita PAUD, 7(2), 274–280.

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi pedagogik Guru PAUD dalam perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 543–550.

Sururuddin, M., & Dkk. (2021). Strategi Pendidik Dengan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Untuk Menghadapi Era Society 5.0. Jurnal DIDIKA : Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 143–148.

Tanjung, R., Hanafiah, H., Arifudin, O., & Mulyadi, D. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Sekolah Dasar. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 4(4), 291–296.

Downloads

Published

2024-01-31

Issue

Section

Articles