Analisis Metode Gerakan dalam Menghafal Hadits di RA Al-Quran Kota Sabang
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20154Keywords:
anak, gerakan, hadits, menghafal, metodeAbstract
Penggunaan metode yang monoton dalam menghafal hadits bisa mengurangi semangat anak-anak dalam pembelajaran. Hanya mengulang teks tanpa variasi membuat mereka bosan dan kurang termotivasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode gerakan dalam menghafal hadits pada anak di RA Al-Qur'an Kota Sabang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek pada penelitian ini yaitu 3 guru di kelas B3 RA Al-Qur'an Kota Sabang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru, serta analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode gerakan di RA Al-Qur’an melalui beberapa tahapan, yaitu  tahap memperhatiakan, tahap mengingat, tahap memproduksi, dan tahap motivasional. Intensitas penerapan metode gerakan dalam menghafal hadits dalam 1 semester minggu efektif terdapat 78 kali. Metode gerakan ini tidak hanya meningkatkan daya ingat anak-anak tetapi juga membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif. Anak-anak yang terlibat dalam metode ini menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan menghafal dan pemahaman hadits dibandingkan dengan metode konvensional.
Downloads
References
Astutik, A. P., Untari, R. S., & Angelica M. P. (2021). Penggunaan Media Animasi “Muroja’ah For Kids†untuk Meningkatkan Hafalan Anak. Community Empowerment, 6(4), 682–687. https://doi.org/10.31603/ce.4579
Anwar, R. N., & Cristanti, Y. D. (2019). Peran Pendidikan Anak Perempuan Dalam Membentuk Masyarakat Madani. Jurnal Care, 6(2), 11–18.
Anwar, R. N. (2021c). Keterlibatan Orangtua dalam Membentuk Disiplin Ibadah Sholat Anak Usia Dini di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 1–7.
Anwar, R. N. (2021). Parents ’ Involvement In The Quran Education In Early Childhood During The Covid-19 Pandemic. International Seminar on Islamic Religion (ISoIR), 83–88.
Danauwiyah, N. M., & Dimyati, D. (2021). Kemandirian Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 588–600. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.994
Desti, Y. (2019). Penerapan Metode Bercerita dalam Pengenalan Hadist di TK Raudhatul Ibni Mereubo Aceh Barat. Skripsi. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/13619
Eljannah, L., Fatimah, S., & Hasyim, F. (2023). Upaya Meningkatkan Minat Menghafal Hadits melalui Penerapan Metode Gerakan pada Anak RA Al-Hikmah Tanjungsari. Tarbi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(2), 381-388. https://doi.org/10.33507/tarbi.v2i2.1136
Ervina, Saudah, Muzaki, Aghnaita, Afifah, N., Hidayati, S. et al. (2024). Upaya Menanamkan Nilai-nilai Profetik pada Anak Usia Dini melalui Cerita Sirah Nabawiyah. Thufuli: Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1). https://doi.org/10.33474/thufuli.v6i1.21238
Fatimah, S. (2019). Perkembangan Anak pada Masa Golden Age: Didukung Penelitian Ilmiah dan Panduan Islam. Surakrta: UNS Press. https://bni.perpusnas.go.id/detailcatalog.aspx?id=186126
Fitriani, D., Fajriah, H., & Shovianda, E. (2020). Tingkat Respon Orang Tua Terhadap Penggunaan Group Whatsapp dalam Program Parenting di PAUD Seulanga Meuligo Aceh Selatan. Gender Equality: International Journal of Child and Gender Studies, 6(2), http://dx.doi.org/10.22373/equality.v6i2.7799
Handayani. (2015). Metode Gerakan dalam Menghafal Ḥadiś. Jakarta : An-Nah
Hanita, F., Nadhirah, Y. F., Huliyah, M., & Juhri. (2022). Upaya Mengenakan Hadits pada Anak Usia 5-6 Tahun melalui Metode Gerakan Tangan. As-Sibyan Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 181-192. DOI:10.32678/as-sibyan.v7i2.6006
Kuntarto, H. B., & Prakash, A. (2020). Digital Literacy Among Children in Elementary Schools. Diakom: Jurnal Media dan Komunikasi, 3(2), 157-170. https://doi.org/10.17933/diakom.v3i2.92
Malikhah, F., & Rohinah. (2019). Penerapan Metode Gerakan untuk Menghafal Hadits pada Anak. Jurnal Ilmiah Tumbuh Kembang Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.56211/toga
Mukhtar, Z., Na'imah, N., Selvi, I. D., & AH. N. M. (2023). Implementasi Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis Bagi Anak Usia Dini Melalui Program Parenting. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3157
Nellyana, D., Fajriah, H., & Fitriani, D. (2024) Efektivitas Komunikasi Guru dan Orang Tua Melalui WhatsApp Group Dalam Pembinaan Nilai Karakter Anak di TK Cinta Ananda Banda Aceh. Jurnal: Educator Development Journal, 2(1). https://doi.org/10.2022/edj.v2i1.2598
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Sugiono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sutisna, I., & Laiya, S. W. (2020). Metode Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Gorontalo: UNG Press Gorontalo.
Suyadi, & Ulfah, U. (2017). Konsep Dasar PAUD. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Ulum, M. S., & Ropikok, L. (2022). Upaya Meningkatkan Daya Ingat Anak melalui Metode One Day One Hadits pada Anak Usia TK. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 7(2). https://jurnal.iailm.ac.id/index.php/waladuna/article/view/86
Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139. https://doi.org/10.21831/elinvo.v1i2.10621
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.