Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint

Tarich Yuandana

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tentang hasil pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui ecoprint di era merdeka bermain. Kreativitas merupakan perwujudan dari individu yang berfungsi sepenuhnya, dengan kreativitas memungkinkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kreativitas dapat ditingkatkan melalui pemanfaaatan bahan alam pada kegiatan ecoprint. Subjek penelitian terdiri dari anak usia dini dari kelas A berusia 4-5 tahun, guru, dan kepala TK, serta kegiatan ecoprint itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan, dokumentasi. Analisis data yang diperoleh di lapangan berupa lembar hasil observasi, catatan hasil wawancara, dan dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui ecoprint di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Dengan jumlah subjek penelitian 28 anak usia dini dan informan 3 pendidik. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini seperti pada kegiatan: (1) anak menata daun dan bunga diatas kain putih secara bebas sesuai kreativitas; (2) anak membuat bentuk ecoprint dari bahan daun dan bungan dengan bervariasi, dan; dan  (3) anak membuat hasil karya ecoprint sendiri. Lebih dari 50 % anak mendapat nilai berkembang sangat baik, hai ini dapat terlihat dalam mempraktikkan ecoprint bersama, anak terlihat mampu menyelesaikan secara mandiri dan antusias. Secara keseluruhannya pengamatan terhadap anak serta hasil wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah kemampuan berkreativitas, berimajinasi, dan kemampuan anak menghasilkan karya pada anak usia dini meningkat dengan dilakukannya kegiatan membuat kreasi ecoprint, selain itu juga bahan alam seperti daun, dan bunga turut berguna dalam pembelajaran.


Keywords


bahan alam; ecoprint; kreativitas

Full Text:

PDF

References


Anwar, R. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan.

Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29

Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. https://doi.org/10.1016/j.aenj.2008.02.005

Fazruza, M., & Mukhlis, N. (2018). Eksplorasi Daun Jati sebagai Zat Pewarna Alami pada Kain Katun sebagai Produk Pashmina dengan Teknik Ecoprint. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 3 (3). https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/11934

Ilyas, S. N., R., R. K., Dzulfadhilah, F., H, S. R. A., & Lismayani, A. (2023). The Influence of Ecoprint Batik Iron Blanket Technique on Increasing Early Childhood Creativity. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 803–810. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5655

Irianingsih, N. (2018). Eco Print Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: Gramedia

Kasta, A. (2019). Peningkatan Kreativitas Seni Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Daun Pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia. 3(2). https://doi.org/10.29210/3003297000

Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar Nasional: Seni, Teknologi, dan Masyarakat.

Marisa, D. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Seni Membatik dengan Mengecap dari Buah Belimbing di Taman Kanak-kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9181

Miles, M., & Huberman, M. (1992). Qualitative Data Analysis. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).

Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., Desstya, A., Minsih, & Choiriyah. (2023). Strengthening the Character of Caring for the Environment in Elementary Schools through Ecoprint Artwork. International Journal of Elementary Education, 7(3), 394–402. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i3.56472

Nuryanti, N. Y. (2019). Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun melalui Mteode Pratikum Membatik. Jurnal As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1). https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98446958070337771

Noerviana, A. P., Mariska, R. N., Vita, N., Eka, S., Putri, N., & Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Dengan Kegiatan Eco Enzyme Pada Guru Paud Di Gugus 1 Kecamatan Sawahan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, 60–66.

Oktaria, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika I-63 Padang. Jurnal PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.503

Rachmawati, E. K. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: kencana Prenada Media Group.

Ruswanti, T., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Hasibuan, R., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2024). Application of Simple Science Experimental Methods Through Ecoprint Activities to Improve The Cognitive Abilities and Creativity of Early Children at Nada Ashobah IT Kindergarten. 2(7), 1885–1892. https://injotel.org/index.php/12/article/view/214

Saedah, N., dkk. (2018). Kreativitas Seni melalui Kegiatan Bermain Membentuk Bebas Terarah pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Pariaman Kecamatan Wawotobi. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(1). https://ojs.uho.ac.id/index.php/JPSB/article/view/7802

Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.

Suwardi. (2011). Efektifitas Media Pembelajaran bagi Pendidikan PAUD yang Ramah Lingkungan. Jurnal Al-Azhar Indonesia series humaniora, 1(2), 72-77. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/download/39/37

Waluyo, L. A. S., dkk. (2019). PKM Kerajinan Batik Ecoprint dan Tie Dye di Kota Madiun dan Ponorogo. Jurnal Asawika: Media Sosial Abdimas Widya Karya. 4(2). https://doi.org/10.37832/asawika.v4i2.25

Yohana, E. (2013). Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Teknik Mozaik Dengan Media Bijibijian. Bengkulu: UNIB

Yulida, & Veryawan. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Anak melalui Kegiatan Teknik Kolase. Afāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education. 1(1). http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.770


Article Metrics

Abstract has been read : 63 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats