Pemanfaatan Bahan Alam untuk Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini melalui Ecoprint
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.20129Keywords:
bahan alam, ecoprint, kreativitasAbstract
Penelitian ini mendeskripsikan tentang hasil pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui ecoprint di era merdeka bermain. Kreativitas merupakan perwujudan dari individu yang berfungsi sepenuhnya, dengan kreativitas memungkinkan manusia untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Kreativitas dapat ditingkatkan melalui pemanfaaatan bahan alam pada kegiatan ecoprint. Subjek penelitian terdiri dari anak usia dini dari kelas A berusia 4-5 tahun, guru, dan kepala TK, serta kegiatan ecoprint itu sendiri. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan, dokumentasi. Analisis data yang diperoleh di lapangan berupa lembar hasil observasi, catatan hasil wawancara, dan dokumen yang relevan dengan fokus penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemanfaatan bahan alam untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini melalui ecoprint di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Dengan jumlah subjek penelitian 28 anak usia dini dan informan 3 pendidik. Berdasarkan hasil penelitian kegiatan ecoprint dapat meningkatkan kemampuan kreativitas anak usia dini seperti pada kegiatan: (1) anak menata daun dan bunga diatas kain putih secara bebas sesuai kreativitas; (2) anak membuat bentuk ecoprint dari bahan daun dan bungan dengan bervariasi, dan; dan  (3) anak membuat hasil karya ecoprint sendiri. Lebih dari 50 % anak mendapat nilai berkembang sangat baik, hai ini dapat terlihat dalam mempraktikkan ecoprint bersama, anak terlihat mampu menyelesaikan secara mandiri dan antusias. Secara keseluruhannya pengamatan terhadap anak serta hasil wawancara dengan guru kelas dan kepala sekolah kemampuan berkreativitas, berimajinasi, dan kemampuan anak menghasilkan karya pada anak usia dini meningkat dengan dilakukannya kegiatan membuat kreasi ecoprint, selain itu juga bahan alam seperti daun, dan bunga turut berguna dalam pembelajaran.
Downloads
References
Anwar, R. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan.
Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29
Creswell, J. W. (2007). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches. https://doi.org/10.1016/j.aenj.2008.02.005
Fazruza, M., & Mukhlis, N. (2018). Eksplorasi Daun Jati sebagai Zat Pewarna Alami pada Kain Katun sebagai Produk Pashmina dengan Teknik Ecoprint. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. 3 (3). https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/11934
Ilyas, S. N., R., R. K., Dzulfadhilah, F., H, S. R. A., & Lismayani, A. (2023). The Influence of Ecoprint Batik Iron Blanket Technique on Increasing Early Childhood Creativity. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(1), 803–810. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v7i1.5655
Irianingsih, N. (2018). Eco Print Motif Kain dari Daun dan Bunga. Jakarta: Gramedia
Kasta, A. (2019). Peningkatan Kreativitas Seni Anak melalui Kolase dengan Menggunakan Daun Pisang di TK Aisyiyah Talaok. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia. 3(2). https://doi.org/10.29210/3003297000
Kharishma, V., & Septiana, U. (2019). Pelatihan Teknik Ecoprint untuk Guru PAUD. Seminar Nasional: Seni, Teknologi, dan Masyarakat.
Marisa, D. (2019). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Seni Membatik dengan Mengecap dari Buah Belimbing di Taman Kanak-kanak Harapan Ibu Sukarame Bandar Lampung. Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/9181
Miles, M., & Huberman, M. (1992). Qualitative Data Analysis. Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press).
Moleong. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.
Mulyasa. (2012). Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nugroho, A. S., Sumardjoko, B., Desstya, A., Minsih, & Choiriyah. (2023). Strengthening the Character of Caring for the Environment in Elementary Schools through Ecoprint Artwork. International Journal of Elementary Education, 7(3), 394–402. https://doi.org/10.23887/ijee.v7i3.56472
Nuryanti, N. Y. (2019). Peningkatan Kreativitas pada Anak Usia Dini Kelas SD Awal Usia 6-8 Tahun melalui Mteode Pratikum Membatik. Jurnal As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(1). https://moraref.kemenag.go.id/documents/article/98446958070337771
Noerviana, A. P., Mariska, R. N., Vita, N., Eka, S., Putri, N., & Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Pengolahan Sampah Organik Dengan Kegiatan Eco Enzyme Pada Guru Paud Di Gugus 1 Kecamatan Sawahan. PROSIDING SEMINAR NASIONAL UNARS, 60–66.
Oktaria, V. M. (2017). Penggunaan Media Bahan Alam dalam Pembelajaran di Taman Kanak-kanak Kartika I-63 Padang. Jurnal PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. https://doi.org/10.31849/paudlectura.v1i1.503
Rachmawati, E. K. (2010). Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak. Jakarta: kencana Prenada Media Group.
Ruswanti, T., Pendidikan, F. I., Surabaya, U. N., Hasibuan, R., Pendidikan, F. I., & Surabaya, U. N. (2024). Application of Simple Science Experimental Methods Through Ecoprint Activities to Improve The Cognitive Abilities and Creativity of Early Children at Nada Ashobah IT Kindergarten. 2(7), 1885–1892. https://injotel.org/index.php/12/article/view/214
Saedah, N., dkk. (2018). Kreativitas Seni melalui Kegiatan Bermain Membentuk Bebas Terarah pada Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Pariaman Kecamatan Wawotobi. Jurnal Pembelajaran Seni & Budaya, 3(1). https://ojs.uho.ac.id/index.php/JPSB/article/view/7802
Susanto, A. (2017). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
Suwardi. (2011). Efektifitas Media Pembelajaran bagi Pendidikan PAUD yang Ramah Lingkungan. Jurnal Al-Azhar Indonesia series humaniora, 1(2), 72-77. https://jurnal.uai.ac.id/index.php/SH/article/download/39/37
Waluyo, L. A. S., dkk. (2019). PKM Kerajinan Batik Ecoprint dan Tie Dye di Kota Madiun dan Ponorogo. Jurnal Asawika: Media Sosial Abdimas Widya Karya. 4(2). https://doi.org/10.37832/asawika.v4i2.25
Yohana, E. (2013). Meningkatkan Kreativitas Anak dengan Teknik Mozaik Dengan Media Bijibijian. Bengkulu: UNIB
Yulida, & Veryawan. (2018). Upaya Meningkatkan Kreativitas Seni Anak melalui Kegiatan Teknik Kolase. AfÄluna: Journal of Islamic Early Childhood Education. 1(1). http://dx.doi.org/10.32505/atfaluna.v1i1.770
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.