Pengembangan Game “Pilas” (Pilah Sampah) untuk Pengenalan Jenis Sampah pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Magfirotul Fitri Universitas Pendidikan Indonesia
  • Deri Hendriawan Universitas Pendidikan Indonesia
  • Roby Naufal Arzaqi Universitas pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.20108

Keywords:

game PILAS, kognitif, sampah

Abstract

Game PILAS merupakan game yang dibuat sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan jenis sampah pada anak usia dini. Pengenalan sampah pada anak penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk menanamkan rasa peduli terhadap lingkungan. Melalui game ini anak akan dikenalkan jenis sampah melalui permainan pilah sampah dan menangkap sampah. Penelitian ini memfokuskan pada penggunaan game PILAS sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah game PILAS dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk mengenalkan sampah pada anak. Penelitian ini menggunakan metode desain dan pengembangan (Design and Development) dengan model ADDIE. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-Qur’an Hidayatullah. Hasil data kuantitatif dianalisis dengan menggunakan rumus usability dan rumus Paired T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game PILAS dapat digunakan sebagai media pembelajaran dalam mengenalkan sampah pada anak. Game PILAS efektif untuk digunakan dalam mengenalkan sampah pada anak berdasarkan perhitungan dari uji usability pada guru dan hasil Paired T-Test yang dilakukan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, S. M. N., Pratama, A., Seytaningrum, A., & Muhgni, R. M. (2023). Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran Ipas. In Inovasi Media Pembelajaran Untuk Mata Pelajaran IPAS (1st ed., p. 13). Cahya Ghani Recovery.

Alditama, A. D., Lestanti, S., & Febrinita, F. (2024). Perancangan Game Edukasi “Marpilsah” Untuk Anak Usia Dini Berbasis Html5. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 7(5), 3504–3510. https://doi.org/10.36040/jati.v7i5.7700

Anamisa, D. R., Rachmad, A., Syakur, M. A., & Syahputra, E. F. (2021). Education Game Untuk Sorting Trash 3D Berbasis Android. SNTEM, 1(November), 1238–1243.

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Awwalina, V. F., Farantika, D., & Rachmah, L. L. (2024). Jurnal care. Jurnal Care, 12, 16–26. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19902

Borman, R. I., & Purwanto, Y. (2019). Implementasi Multimedia Development Life Cycle pada Pengembangan Game Edukasi. Jurnal Edukasi Dan Penelitian Informatika, 5(2), 119–124. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jepin/article/view/25997/75676582374

Cahyanti, D., Dinda Rizki Tiara, & Muhammad Busyro Karim. (2023). Artikel Analisis Tingkat Pengetahuan Anak Usia Dini Tentang Pengelolaan Sampah di TK Bangkalan. Jurnal Pendidikan Modern, 9(1), 30–36. https://doi.org/10.37471/jpm.v9i1.813

Fauzia, W. (2022). Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. In Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini (1st ed., p. 2). CV. Feniks Muda Sejahtera.

Handayani, N., Kariasih, A., Rosarini, F., Yulaeha, S., Triyati, S., Dewi, R., Putranto, Soesilowati, A., Sulistyono, H. A., Setiyati, T., Purwoko, Lestari, T., Latifah, N., Hastuti, B., & Susiyaningrum, W. (2022). pengembangan model pembelajaran upaya meningkatkan hasil belajar siswa. In pengembangan model pembelajaran upaya meningkatkan hasil belajar siswa (pp. 73 & 83).

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Method. In Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Method (1st ed., p. 157).

Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042

Ibda, H., Aniqoh, Muntakhib, A., Maratussolicah, & Fadhila, Trifka Dila Rakhmawati, N. F. (2023). Media Game Digital SD/MI berbasis Karkater P5 dan PPRA. In Media Game Digital SD/MI berbasis Karkater P5 dan PPRA (pp. 6,8&9).

Kartini, T., & Hasbi, M. (2021). Aku Anak Bijak Sampah: Panduan Edukasi Penanganan Sampah Plastik melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Satuan PAUD.

Laksana, D. N. L., Dhiu, K. D., Ita, E., Dopo, F., Natal, Y. R., & Tawa, O. P. A. (2021). Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. In Aspek Perkembangan Anak Usia Dini (p. 5). PT Nasya Expanding Management.

Mulyana, fegie rizkia. (2021). pengembangan media pembelajaran senam berbasis aplikasi android. In pengembangan media pembelajaran senam berbasis aplikasi android (p. 73). CV. Bayfa Cendekia Indonesia.

Nasution, R. A. (2023). perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis nilai islam. In perencanaan pembelajaran anak usia dini berbasis nilai islam (p. 66). Edu Publisher.

Ningtiyas, A., Faizah, S. N., Mustikasari, M., & Bastian, I. (2021). Pengukuran Usability Sistem Menggunakan USE Questionnaire pada Aplikasi OVO Pendahuluan. Ilmiah KOMPUTASI, 20, 101–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32409/jikstik.20.1.2701

Purnomo, I. I. (2020). Aplikasi Game Edukasi Lingkungan Agen P Vs Sampah Berbasis Androidmengunakan Construct 2. Technologia Jurnal Ilmiah, 11. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31602/tji.v11i2.2784

Rozana, S., & Bantali, A. (2020). Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Melalui Permainan Tradisional Engklek. In Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini: Melalui Permainan Tradisional Engklek (1st ed.). edupublisher.

Sufandi, U., Priono, M., Aprijani, D., Wicaksono, B., & Trihapningsari, D. (2022). Uji Usability Fungsi Aplikasi Web Sistem Informasi Dengan Use Questionnaire. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(1), 24–34. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v19i1.42320

Umam, A. K., & Rizqiyani, R. (2021). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoretis Dan Studi Empiris. In Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini Berbasis Kajian Teoretis dan Studi Empiris (pp. 78–81). Idea Press Yogyakarta.

Widiyanto, M. A. (2013). statistika terapan: konsep & aplikasi spss dalam penelitian bidang pendidikan, psikologi & ilmu sosial lainnya. In statistika terapan: konsep & aplikasi spss dalam penelitian bidang pendidikan, psikologi & ilmu sosial lainnya (p. 254).

Widjayatri, R. D., Suzanti, L., Alfarisa, F., Nurazka, R. A., Rahmadini, F., Safitri, D., & Audina, A. (2022). Pengenalan Media Pembelajaran Digital berbasis Aplikasi Android untuk Anak Prasekolah pada Pendidik Lembaga PAUD Article Info. Jurnal Pengabdian Masyarakat PGSD, 2(2), 203–214. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpmserang

Zuraidah, Z., Rosyidah, L. N., & Zulfi, R. F. (2022). Edukasi Pengelolaan Dan Pemanfaatan Sampah Anorganik Di Mi Al Munir Desa Gadungan Kecamatan Puncu Kabupaten Kediri. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1–6. https://doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6547

Downloads

Published

2024-12-23

Issue

Section

Articles