Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20097Keywords:
anak usia dini, manajemen kelas, pembelajaran efektif, pendidikan islamAbstract
Pembelajaran efektif adalah hal yang perlu  digapai dari para pendidik. Kesulitan pada kelas menjadikan guru belum secara maksimal dalam mendidik peserta didik. Guru perlu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas untuk pembelajaran efektif di RA PSM Gunungan Magetan. Subjek penelitian ini adalah ketua yayasan, kepala sekolah, 3 guru kelas, 1 guru pendamping, dan orang tua. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian pada sekolah Lembaga Pendidikan Islam Raudhatul Athfal PSM Gunungan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasu. Teknik analisis data penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran di manajemen kelas guna mencaapi pembelajaran efektif adalah aspek siswa, desain kelas, pembelajaran serta komunikasi. Guru membantu anak agar tercipta pembelajaran efektif dengan menerapkan model gaya belajar, menjaga lingkungan kelas, memastikan sarana prasarana sesuai kebutuhan anak, menjalankan proses KBM tersusun dan terarah menggunakan RPPH yang telah dibuat sesuai rencana bersama, dan menciptakan komunikasi yang sistematis dan mudah dipahami.
Downloads
References
Adiarti, W. (2014). Implementasi Pendidikan Inklusi Melalui Strategi Pengelolaan Kelas Yang Inklusi Pada Guru Taman Kanak-Kanak Di Kecamatan Ngalian, Semarang. Rekayasa, 12(1), 70–78.
Agolla, J. E. (2018). Human Capital in the Smart Manufacturing and Industry 4.0 Revolution. Digital Transformation in Smart Manufacturing. https://doi.org/10.5772/intechopen.73575
Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 36–47.
Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29.
Anwar, R. N. (2023). Pelatihan Penyusunan Modul Ajar Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Satuan Pendidikan Program Sekolah Penggerak. Jurnal GEMBIRA (Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1), 102–109.
Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019a). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Profesionalisme Guru Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari. Conference on Research & Community Services, 51–56.
Anwar, R. N., & Alfina, A. (2019b). Manajemen Sumber Daya Manusia Di TK IT Nur Al Izhar Kebonsari (Studi Kasus Pengembangan Guru). Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, I(2), 1–12.
Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.
Atika, A., Arifin, Z., & Jannana, N. S. (2021). Integrated School Management-Character Education Affirmation: a Case Study in Muhammadiyah Wirobrajan 3 Elementary School Yogyakarta. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 15–26. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v5i2.1970
Ayu Sri Wahyuni. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 118–126. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.562
Fadlillah, M. (2017). Model Kurikulum Pendidikan Multikultural di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 5(1), 42–51. https://doi.org/10.21831/jppfa.v5i1.13286
Prastiwi, W. A. (2015). Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Produktivitas Kerja Guru TK Amanah Ummah Klaten Tahun Ajaran 2014/2015. Institut Agama Islam Negeri Surakarta.
Qoid, M., & Munif, M. (2020). Membangun Komunikasi Efektif Guru Dan Siswa Di Madrasah Dalam Perspektif Ilmu Komunikasi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 96–113. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Saputri, I. A., & Afifah, D. R. (2019). Gaya Belajar Anak Usia Dini Kelompok B TK Margobhakti Kota Madiun. Jurnal Care, 6(2).
Sepriyanti. (2018). Manajemen Kelas dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Fitrah Insani Kec. Langkapura Kota. Bandar Lampung. 1–82.
Sidik, I., Annur, S., & Handayani, T. (2021). Manajemen Program Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Studia Manageria, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6873
Terry, G. R. (1960). Principles of Management. Richard D. Irwin Inc.
Vety Jayanti, A., Priyo Purnomo, E., & Nurkasiwi, A. (2020). Vertical Garden : Penghijauan Untuk Mendukung Smart Living Di Kota Yogyakarta. Al Imarah : Jurnal Pemerintahan Dan Politik Islam, 5(1), 41. https://doi.org/10.29300/imr.v5i1.2916
Wijaya, M. (2017). Manajemen Pembelajaran Bahasa Arab Sinergi Teori Dan Praktek. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 1–18. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v1i1.24
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.