Mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media Kartu Huruf
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19993Keywords:
anak usia 5-6 tahun, kemampuan membaca permulaan, media kartu hurufAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan bahasa yaitu membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun yang masih rendah karena monotonnya media pembelajaran digunakan. Pembelajaran hanya mengandalkan buku dan Lembar Kerja Siswa (LKS) serta ceramah, yang kurang menarik bagi anak. Kondisi tersebut memerlukan perubahan pembelajaran yang lebih kreatif salah satunya dengan media kartu huruf. Media kartu huruf sebagai alat edukatif untuk mengenalkan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak usia 5-6 tahun di RA Muslimat Sunan Ampel II Trosobo. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, studi ini dilaksanakan melalui desain pre-eksperimen dengan tipe one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini melibatkan 22 anak dari kelompok B di RA Muslimat Sunan Ampel II Trosobo. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan lembar observasi sebagai alat penilaian. Indikasi adanya pengaruh signifikan dari pemanfaatan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di institusi tersebut ditunjukkan melalui hasil uji paired samples yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000.
Downloads
References
Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pelntingnya Pelndidikan Bagi Manulsia. Julrnal Bulana Pelngabdian, 1(1), 66-72. https://doi.org/10.36805/jurnalbuanapengabdian.v1i1.581
Altiner, C. (2019). Integrating A Computer-Based Flashcard Program Into Academic Vocabulary Learning. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 18(1), 44-62. https://www.researchgate.net/publication/254610928_Integrating_a_computer-based_flashcard_program_into_academic_vocabulary_learning
Amalia, El. R., Rahmawati, A., & Farida, S. (2019). Melningkatkan Pelrkelmbangan Bahasa Anak Ulsia Dini delngan Meltodel Belrcelrita. Institult Pelsantreln KH. Abdull Chalim Mojokelrto. https://osf.io/kr5fw/download
Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.
Artati, Y. B. (2018). Telrampil Melmbaca. Klateln: PT Intan Parawira
Astulti. (2021). Hulbulngan Pelnggulnaan Meldia Kartul Hulrulf delngan Kelmampulan Melmbaca Pelrmullaan Anak Ulsia 5-6 Tahuln. KINDElRGARTElN: Joulrnal of Islamic Elarly Childhood Eldulcation, 4(1), 73-81.
Atmanto, R. (2016). Ulpaya Melningkatkan Kelmampulan Melmbaca Pelrmullaan mellaluli Meltodel Pelrmainan Flash Card pada Anak Kellompok B di TK Pelrtiwi V Grabag Magellang Tahuln Pellajaran 2015/2016. Skripsi. Ulnivelristas Nelgelri Yogyakarta.
Aullina. (2018). Meltodologi Pelngelmbangan Bahasa Anak Ulsia Dini. Sidoarjo : UlMSIDA Pelrs.
Cahyani, A. N., Alfina, A., & Anwar, R. N. (2024). Manajemen Kelas untuk Pembelajaran Efektif di Lembaga Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurnal Care, 11(2), 41–49. https://doi.org/https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.20097
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Dizon, G., & Tang, D. (2017). Comparing The Efficacy Of Digital Flashcards Versus Paper Flashcards To Improve Receptive And Productive L2 Vocabulary. The EuroCALL Review, 25(1), 3. https://doi.org/10.4995/eurocall.2017.6964
Fatimah, Kholijah, S., & Susanti, S. S. (2019). Pelngarulh Meldia Auldio Visulal Telrhadap Kelmampulan Melmbaca Pelrmullaan pada Anak Ulsia Dini RA Darul Isitiqomah 2 Desa Karang Anyar Lampung Timur. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 39-52. https://staidarussalamlampung.ac.id/ejournal/index.php/azzahra/article/view/108
Firdauls, P. (2019). Pelningkatan Kelmampulan Melngelnal Hulrulf mellaluli Meldia Kartul Hulrulf. JAPRA: Julrnal Pelndidikan Rauldhatull Athfal, 2(1), 66-73. https://doi.org/10.15575/japra.v2i1.5313
Hilaiya, T. (2016). Kelmampulan Melmbaca Anak Ulsia Dini. Julrnal Melmbaca Bahasa dan Sastra Indonelsia, 1(2), 187-194. http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v1i2.2734
Julia, J., Wahira, W., & Suriani, S. (2022). Penggunaan Media Kartu Huruf untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf di TK Mardi Santosa Sumedang Jawa Barat. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran, 4(2), 95-103. https://www.ejournal-jp3.com/index.php/Pendidikan/article/view/161
Luen, L. C. (2021). Puppetry Activities in Early Childhood Programmes. Southeast Asia Early Childhood, 10, 89-96. https://doi.org/10.37134/saecj.vol10.sp.8.2021
Mariani, D., & Rizawati. (2021). Pelningkatan Kelmampulan Melmbaca pada AUlD mellaluli Meldia Kartul Belrgambar. Julrnal Pelndidikan Tambulsai, 5(3). 6112-6119. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1905/1694/3790
Masitoh, dkk. (2014). Stratelgi Pelmbellajaran TK. Jakarta: Ulnivelrsitas Telrbulka.
Oktarina, R. (2019). Melngelmbangkan Kelmampulan Melmbaca Pelrmullaan mellaluli Meldia Kartul Belrgambar pada Anak Ulsia 5-6 Tahuln di PAUlD Sakulra Way Halim Bandar Lampulng. Skripsi. Ulnivelrsitas Islam Nelgelri Radeln Intan Lampulng.
Relgita, T., Lisnawati, S. D., & Rahmah, H. (2019). Melningkatan Kelmampulan Bahasa Anak mellaluli Meltodel Tanya Jawab delngan Meldia Kartul Belrgambar di Kellompok B TK Al-Khairaat di Delsa Kota Pullul Kelcamatan Dolo Kabulpateln Sigi. Ana’ Bulava: Jurnal Pendidikan Anak, 2(1). https://doi.org/10.24239/abulava.Vol2.Iss1.17
Silawati, J. B., & Suoth, L. (2020). Pelngarulh Meldia Kartul Hulrulf Telrhadap Kelmampulan Melmbaca Pelrmullaan. Intelrnational Joulrnal of Ellelmelntary Eldulcation, 4(1). 100-106. https://doi.org/10.23887/ijee.v4i1.24383
Trisniwati. (2014). Pelningkatan Kelmampulan Melngelnal Hulrulf mellaluli Meltodel Pelrmainan Kartul Hulrulf pada Kellompok B1 TK ABA Keltanggulngan Wirobrajan Yogyakarta. Skripsi. Ulnivelrsitas Nelgelri Yogyakarta. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/13605
Virgawati Vita. (2015). Pelnggulnaan Pasir Belrwarna selbagai Meldia Pelmbellajaran.Selmarang: Ulnivelrsitas Nelgelri Selmarang.
Widoyoko, El. (2014). Telknik Pelnyulsulnan Instrulmeln Pelnellitian. Yogyakarta: Pulstaka Pellajar.
Wiyani, N. A., & Barwani. (2016). Format PAUlD. Yogyakarta: Ar-Rulzz Meldia.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.