Pengaruh Pembelajaran Sains dan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19991Keywords:
berpikir kritis, usia dini, sains dan matematikaAbstract
Pembelajaran sains dan matematika sangat penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini. Berpikir kritis melibatkan analisis, evaluasi, dan perumusan informasi secara logis dan obyektif, keterampilan yang esensial untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk memahami pengaruh pembelajaran sains dan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK DWP Tawangsari 2 Taman Sidoarjo kelompok B. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas eksploratif dan investigatif, seperti eksperimen sederhana dan pengamatan fenomena alam, sangat efektif dalam merangsang keterampilan berpikir kritis. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, menggunakan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan perkembangan anak. Pembelajaran interaktif dan penggunaan media edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak, membantu anak menghadapi tantangan masa depan dengan lebih percaya diri dan analitis.
Downloads
References
Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90
Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21
Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109
Anwar, R. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan
Azma, S., Azmi, K., & Rosida, S. A. (2021). Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Schemata Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(2), 151–162. https://doi.org/10.20414/schemata.v10i2.3991
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69
Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 538–549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921
Eliwarti. (2016). Penerapan Strategi Penemuan Terbimbinguntuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahundi TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 130–140. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3688
Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1, 6–16. https://doi.org/2581-1800
Izzuddin A. (2019). Sains dan Pembelajarannya pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang
Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Muhtarom. (2024). Mempromosikan Pemikiran Kritis Melalui Pembelajaran Matematika (C. Anwar (ed.); Pertama). CV. Yudhistt Fateeh. https://eprints.upgris.ac.id/3119/1/ISBN_BUKU Pemikiran KRITIS.pdf
Kusuma, T. C., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413–420. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.563
Made, N., Suryantari, A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445
Maslukiyah, N., & Rumondor, P. (2020). Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(3), 97–110. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art8
Mulyadi, O. W., Mahfud, H., & Pudyaningstyas, A. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Guided Discovery dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/kumara
Muthia, K. A. (2020). Kecenderungan Berpikir Kritis dalam Bereksperimen Sains pada Anak Kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 199–208. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68876
Nurhandayani, Nirmala, I., & Putri, F. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Balok di PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG. Jurnal CARE, 9(2)
Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 8–15. https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/34/16
Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif (M. Kika (ed.)). https://books.google.co.id/books/about/Flipped_Classroom.html?id=DzwzEAAAQBAJ&redir_esc=y
Putri, A. A., & Sumantri, M. S. (2024). Critical Thinking Ability of Early Childhood Education. European Union Digital Library, 2017, 2–5. https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2023.2343102
Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (HOTS) Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Childhood Education, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490
Ristiani, I., & Yuntina, L. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF KELOMPOK B ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal CARE, 9(2), 13–24.
Setiawan, & Elnawati. (2023). Pengembangan Sains dalam Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Eksplorasi Lingkungan Sekitar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(9), 2054–2067. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3649
Suryadi, A. (2022). Memahami Ragam Strategi Pembelajaran. CV Jejak. https://books.google.co.id/books/about/Memahami_Ragam_Strategi_Pembelajaran.html?id=loKAEAAAQBAJ&redir_esc=y
Wingsi, M. S., & Yaswinda. (2020). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1228–1236. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/589
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.