Pengaruh Pembelajaran Sains dan Matematika terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini

Nurul Latifah, Nurul Khotimah, Ruqoyyah Fitri

Abstract


Pembelajaran sains dan matematika sangat penting untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini. Berpikir kritis melibatkan analisis, evaluasi, dan perumusan informasi secara logis dan obyektif, keterampilan yang esensial untuk pengambilan keputusan dan pemecahan masalah. Studi ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur untuk memahami pengaruh pembelajaran sains dan matematika terhadap kemampuan berpikir kritis anak di TK DWP Tawangsari 2 Taman Sidoarjo kelompok B. Hasil menunjukkan bahwa aktivitas eksploratif dan investigatif, seperti eksperimen sederhana dan pengamatan fenomena alam, sangat efektif dalam merangsang keterampilan berpikir kritis. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang dinamis dan interaktif, menggunakan strategi pembelajaran inovatif yang sesuai dengan perkembangan anak. Pembelajaran interaktif dan penggunaan media edukatif terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis anak, membantu anak menghadapi tantangan masa depan dengan lebih percaya diri dan analitis.


Keywords


berpikir kritis; usia dini; sains dan matematika

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, N., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Mata Pelajaran IPS di Kelas Tinggi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 84–90. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p84-90

Anggraini, G. F., Pradini, S., Sasmiati, S., Haenilah, E. Y., & Wijayanti, D. K. (2020). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Storytelling Di Tk Amartani Bandar Lampung. Jurnal Pengabdian Dharma Wacana, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.37295/jpdw.v1i1.21

Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109

Anwar, R. N. (2023). Implementasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Program Sekolah Penggerak. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Pendidikan

Azma, S., Azmi, K., & Rosida, S. A. (2021). Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Anak Usia Dini Melalui Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Schemata Jurnal Pasca Sarjana IAIN Mataram, 10(2), 151–162. https://doi.org/10.20414/schemata.v10i2.3991

Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem Based Learning (PBL) : Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. Widya Accarya, 12(1), 61–69. https://doi.org/10.46650/wa.12.1.1056.61-69

Dewi, I., & Simamora, E. (2023). Keterkaitan Filsafat Matematika dengan Model Pembelajaran Berbasis IT. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(1), 538–549. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.1921

Eliwarti. (2016). Penerapan Strategi Penemuan Terbimbinguntuk Meningkatan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahundi TK Amal Ikhlas Rumbai Pekanbaru. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 130–140. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v5i1.3688

Hartini, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 1, 6–16. https://doi.org/2581-1800

Izzuddin A. (2019). Sains dan Pembelajarannya pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 1(3), 353–365. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

Kusmaryono, I., Maharani, H. R., & Muhtarom. (2024). Mempromosikan Pemikiran Kritis Melalui Pembelajaran Matematika (C. Anwar (ed.); Pertama). CV. Yudhistt Fateeh. https://eprints.upgris.ac.id/3119/1/ISBN_BUKU Pemikiran KRITIS.pdf

Kusuma, T. C., Boeriswati, E., & Supena, A. (2023). Peran Guru dalam Meningkatkan Berpikir Kritis Anak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 6(3), 413–420. https://doi.org/10.31004/aulad.v6i3.563

Made, N., Suryantari, A., Pudjawan, K., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19445

Maslukiyah, N., & Rumondor, P. (2020). Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(3), 97–110. https://doi.org/10.20885/psikologika.vol25.iss1.art8

Mulyadi, O. W., Mahfud, H., & Pudyaningstyas, A. R. (2021). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Guided Discovery dalam Pembelajaran Sains. Jurnal Kumara Cendekia, 9(1), 1–10. https://jurnal.uns.ac.id/kumara

Muthia, K. A. (2020). Kecenderungan Berpikir Kritis dalam Bereksperimen Sains pada Anak Kelompok A1 di TK Ibnul Qoyyim. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3, 199–208. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/68876

Nurhandayani, Nirmala, I., & Putri, F. E. (2022). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Bermain Balok di PAUD PLAMBOYAN 3 KARAWANG. Jurnal CARE, 9(2)

Nurhayati, Afrizawati, & Rivaldo, Y. (2021). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Investigatif Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Al-Mafahim: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 8–15. https://ejournal.stit-alkifayahriau.ac.id/index.php/almafahim/article/view/34/16

Patandean, Y. R., & Indrajit, R. E. (2021). Flipped Classroom: Membuat Peserta Didik Berpikir Kritis, Kreatif, Mandiri dan Mampu Berkolaborasi dalam Pembelajaran yang Responsif (M. Kika (ed.)). https://books.google.co.id/books/about/Flipped_Classroom.html?id=DzwzEAAAQBAJ&redir_esc=y

Putri, A. A., & Sumantri, M. S. (2024). Critical Thinking Ability of Early Childhood Education. European Union Digital Library, 2017, 2–5. https://doi.org/10.4108/eai.30-10-2023.2343102

Reswari, A. (2021). Efektivitas Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis (HOTS) Anak Usia 5-6 Tahun. Journal of Childhood Education, 5(1), 1–10. https://doi.org/10.30736/jce.v5i1.490

Ristiani, I., & Yuntina, L. (2022). STRATEGI PENGEMBANGAN ASPEK KOGNITIF KELOMPOK B ANAK USIA DINI PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH. Jurnal CARE, 9(2), 13–24.

Setiawan, & Elnawati. (2023). Pengembangan Sains dalam Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Metode Eksplorasi Lingkungan Sekitar. Humantech: Jurnal Ilmiah Multi Disiplin Indonesia, 2(9), 2054–2067. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/humantech/article/view/3649

Suryadi, A. (2022). Memahami Ragam Strategi Pembelajaran. CV Jejak. https://books.google.co.id/books/about/Memahami_Ragam_Strategi_Pembelajaran.html?id=loKAEAAAQBAJ&redir_esc=y

Wingsi, M. S., & Yaswinda. (2020). Analisis Percobaan Sains terkait Lingkungan terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4, 1228–1236. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/589


Article Metrics

Abstract has been read : 1 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats