Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Lembaga PAUD

Al Vina Fadila Awwalina, Dessy Farantika, Laela Lutfiana Rachmah

Abstract


Transisi impelementasi pembelajaran kurikum merdeka dalam satuan PAUD memunculkan berbabgai pro kontra dalam pelaksanaan di lapangan. Penelitian ini membahas mengenai implementasi pembelajaran Kurikulum Merdeka pada satuan PAUD di TK Al Hidayah Tangkil 02 Wlingi. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Kurikulum Merdeka menjadi inovasi baru pada satuan pendidikan akibat adanya wabah covid-19 sebagai bentuk usaha dalam pemulihan pembelajaran. Perubahan kurikulum akan terus terjadi mengikuti pola perkembangan zaman yang menyebabkan administrasi dan instrumen juga berubah. Selain itu kurangnya pengetahuan guru mengenai kurikukulum merdeka menjadi tantangan utama. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan Kurikulum Merdeka pada satuan PAUD. Berdasarkan hasil penelitian, pengelolaan pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dimulai sejak awal tahun ajaran yang dimulai dengan menganalisis terkait karakteristik lembaga dan peserta didik sebagai acuan untuk menyusun KOSP. Kurikulum merdeka dilaksanakan dengan memberikan anak kebebasan untuk melakukan kegiatan. Keterlibatan kepala sekolah, pendidik dan orangtua menjadi faktor pendukung dalam pembelajaran PAUD yang berbasis kurikulum merdeka.


Keywords


implementasi; kurikulum merdek; pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3). https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Ali, M. R. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembelajaran di Lingkungan Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 176. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074

Anggraena, Dion, G., & Nisa, F. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. https://ditsmp.kemdikbud.go.id/download/panduan-pembelajaran-dan-asesmen-kurikulum-merdeka/

Anwar, R. N. (2022). Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Guru di Lembaga Paud Se-Kecamatan Madiun. Communautaire: Journal of Community Service, 01(01), 21–29

Anwar, R. N. (2022). Persepsi Guru PAUD Terhadap Pembelajaran Paradigma Baru Melalui Kurikulum Merdeka. Azzahra: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 98–109.

Anwar, R. N. (2022). Training on Implementation of Independent Curriculum for Teachers in PAUD Institutions in Sawahan District, Madiun Regency. Indonesian Journal of Community Research & Engagement, 1(01), 52–58

Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Penjelasan Lingkup Capaian Pembelajaran Fase Fondasi. https://bskap.kemdikbud.go.id/

Barlian, U., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, I (12), 2105–2118. https://doi.org/10.53625/joel.v1i12.30155

Chairunnisa, D., Firmansyah, M., Iman, & Afriatin, T. S. (2020). Implementasi Permendikbud No.22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses dalam Pembelajaran PAI di SMP Inovatif Al-Ibda’. Taklim: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 18(1). https://doi.org/10.17509/tk.v18i1.32819

Hartono, Rizky, A., & L. I. B. (2022). Strategi Praktek Pembelajaran Kurikulum Merdeka. Kanigara. Kanigara: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. https://doi.org/10.36456/kanigara.v2i2.5982

Jamilatun, N., Jauhari Faruq, D., & Mutmainah, S. (2020). Karakteristik Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 1-12. https://ejournal.uas.ac.id/index.php/auladuna/article/view/1248

Muhammedi. (2016). Perubahan Kurikulum di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Raudhah, IV(1), 49–6. http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61

Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered Menuju Masa Transisi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6 No (2), 8839–8848. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i2.3780

Rachman, E. (2022). Indonesia in Learning Crisis: Education Minister. Tempo.Co. https://en.tempo.co/read/1559792/indonesia-in-learning-crisis-education-minister

Soedijarto. (2011). Konsep & Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyadi. (2011). Manajemen PAUD (ke 1). Pustaka Belajar.

Triwiyanto, T. (2015). Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Utami, G. A. O. (2019). Analisis Kebutuhan dan Situasi Pembelajaran IPA SMP pada Wilayah Kota di Bali dalam Rangka Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik. Wahana Matematika dan Sains: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya. https://doi.org/10.23887/wms.v14i2.19236


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats