Pengembangan Media Pakar untuk Pengenalan Nilai-Nilai Karakter pada Anak Kelompok B

Authors

  • Laela Lutfiana Rachmah Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Dessy Farantika Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
  • Munawaroh Munawaroh Universitas Nahdlatul Ulama Blitar

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.19881

Keywords:

media, pakar, nilai karakter

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk mendukung unit-unit yang ada dalam proses pembelajaran. Media ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar kelas untuk meningkatkan partisipasi anak. Peran media sangatlah penting, terutama dalam membantu pendidik ketika mengalami kesulitan dalam menjelaskan materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana media pakar untuk pengenalan nilai-nilai karakter pada anakPenelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian R&D model pengembangan 4D yang melalui 3 tahap yaitu 1) Define; 2) Design; 3) Development. Lokasi penelitian pada RA Assalam Genuk, kelompok B tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian berjumlah 10 orang, yaitu 6 laki-laki dan 4 perempuan. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan hasil validasi media pakar dari ahli media yang pertama memperoleh skor 90%, dari ahli media yang kedua memperoleh skor 95%, dari lembar angket respon guru memperoleh skor 96%. Hasil uji coba produk dari lembar observasi anak dalam capaian nilai gain ternormalisasi yaitu 0,70. Media menjadi sebuah objek efektif dalam meningkatkan nilai karakter anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, R. N., Agusrini, P. A., & Aulia, S. T. (2022). Pelatihan Media Pembelajaran guna Meningkatkan Kompetensi Mengajar Guru di SMP Negeri 3 Kutorejo. Jumat Pendidikan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(2), 81–85.

Apriliana N , Rusdiyani I, M. K. (2019). Peran Orangtua Dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Anak Usia 3-6 Tahun. Jurnal CARE, 7(1), 7–14.

Arief S. Sadiman, dkk. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Press.

Arifudin (2022). Memaksimalkan Kegiatan Setelah Sekolah untuk Mengembangkan Karakter Anak. 5(3), 829–837, JIIP–Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaraan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Daryanto, D. (2010). Media Pembelajaran: Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media.

Febriagivary, A. H. (2021). Pengembangan Keterampilan Proses Sains (KPS) Anak Usia Dini Dengan Pemanfaatan Audio Visual Dalam Menopang Program KKN Tematik di Kecamatan Mandalajati. Jurnal Care, 9(1).

Fadlillah, M. (2016). Penerapan nilai-nilai karakter pada anak usia dini melalui permainan edukatif.

Kesuma, Dharma dkk. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Khadijah, N. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Muhyidin, Rolina, N., Rasyid, H., et al. (2014). Ensiklopedia pendidikan anak usia dini Jurnal jilid 2. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani.

Samudera, W. (2019). Dampak Pandemi Covid-19 Dalam Bidang Pendidikan di Kota Mataram. Indonesian Journal of Teacher Education, Vol. 1 No. 3. 2020: 154-158

Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia Group Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sofyan, Y. (2020). Pada perguruan tinggi swasta di lingkungan LLDIKTI Wilayah IV diteliti peran dosen wali konseling dalam meningkatkan motivasi belajar mahaanak. 10(2), 237–242, Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam.

Supriani, Y. (2022). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan.

Downloads

Published

2024-12-16

Issue

Section

Articles