Peningkatan Kemampuan Seni Rupa Anak Usia Dini melalui Kegiatan Membatik Ecoprint

Authors

  • Ika Puji Lestari STKIP Modern Ngawi
  • Wening Sekar Kusuma STKIP Modern Ngawi
  • Budi Rachman Rachman STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19867

Keywords:

batik ecoprint, seni rupa, PAUD

Abstract

Kemampuan seni perlu dikenalkan pada anak sejak usia dini agar perkembangan tentang seni dapat berkembang secara optimal. Bakat anak di bidang seni akan lebih terarah apabila sejak dini anak sudah dikenalkan dengan seni, banyak sekali kegiatan yang dapat dikenalkan salah satunya adalah seni rupa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kegiatan membatik ecoprint dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak dan bagaimana pelaksanaan kegiatan membatik ecoprint dapat meningkatkan kemampuan seni rupa anak. Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas menggunakan Kemmis & Mc Taggart yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini adalah anak-anak kelompok B. Lokasi penelitian di TKIT Permata Hati Karanganyar berjumlah 12 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kegiatan membatik ecoprint dapat meningkatkan kemampuan seni rupa sebagaimana dibuktikan dengan hasil yang terdapat pada setiap indikatornya. Dari kegiatan prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan dari 16,7% menjadi 50%, kemudian dari kegiatan siklus I ke siklus II mengalami peningkatan dari 50% menjadi 83,3%. Kegiatan membatik menjadi bagian dari peningkatan keerampilan pada anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alfina, A., & Anwar, R. N. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak PAUD Inklusi. Al Tanzim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 04(01), 36–47

Anwar, R. N. (2021d). Management of Islamic Religious Education Learning in Children with Special Needs. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 539–548. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.971

Arianie, Y. D. R. (2021). Peningkatan Kemampuan Seni dalam Pembelajaran Melukis dengan Lilin Anak Kelompok A di Tk Negeri Kepanjenlidul I Kota Blitar. EDUKIDS: Jurnal Inovasi Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 60–67. https://doi.org/10.51878/edukids.v1i1.675

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh Membatik Ecoprint terhadap Perkembangan Kreativitas Seni Anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal Pendidikan Tambusari, 4(2), 1143–1155. https://doi.org/10.31004/jptam.v4i2.577

Gusliati, P. (2019). Bentuk Kegiatan Pembelajaran Seni Rupa di Taman Kanak-kanak Mutiara Ananda Padang. Jurnal Pelita PAUD, 4(1), 81–89. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v4i1.830

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. In Media Pembelajaran. https://books.google.co.id/books?id=TgCDDwAAQBAJ&printsec=frontcover&hi=id

Haryani, M., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD tentang Alat Permainan Edukatif (APE) di TK Pertiwi 1 Kota Bengkulu. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 10(1), 6. https://doi.org/10.33578/jpsbe.v10i1.7699

Hajerah, & Syamsuardi. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-Kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2), 1–7. http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/21391

Hiryanto, H., Santi, F. U., & Sujarwo, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pelatihan Ecoprint dengan Pemanfaatan Tanaman Lokal di Ngawen Gunungkidul. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(2). https://doi.org/10.51214/japamul.v3i2.661

Ingkir, Y., Wondal, R., & Arfa, U. (2020). Kegiatan Membatik dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 92–105. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2043

Iswantiningtyas, V. (2018). Pengaruh Percobaan Sains Lukisan Lilin Terhadap Kedisiplinan Anak. Jurnal CARE, 5(2), 14–20.

Kurnia, A., Nurdiansah, N., Rihani, K. K., Islam, U., Sunan, N., & Djati, G. (2023). Kegiatan Membatik Ecoprint untuk Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Keasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). DOI:10.51529/kjpm.v3i1.497

Marni Y., Desyandri, & Mayar, F. (2023). Mengoptimalkan Pembelajaran Seni Rupa di Sekolah Dasar: Strategi dan Praktek Terbaik. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2658–2667. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.950

Mayar, F. (2022). Seni Rupa untuk Anak Usia Dini. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=Xyh-EAAAQBAJ

Meilin Saputri, W., Machmud, H., Anhusadar, L., Mustang, Z., & Hasana Safei, N. (2023). Kesenian Khabanti: Meningkatkan Perkembangan Seni Anak Usia Dini. Murhum: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 247–258. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.181

Musa, L. A.D., & Hasis, P. K. (2021). Pembelajaran Seni Rupa untuk Anak Usia Dini. Penerbit Adab. https://books.google.co.id/books?id=BnUTEAAAQBAJ

Pertiwi, A. D., Wahyuningsih, T., Layly, A. N., & Pertiwi, F. D. (2022). Implementasi Pembelajaran Membatik Berbasis Budaya pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6225–6236. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3298

Rahmaningtyas, W. D., Hendrawan, A., & Sigit, R. M. (2021). Pemanfaatan Daun Eceng Gondok sebagai Pewarna Alami. E-Proceeding of Art & Design, 8(6), 3601–3615. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/artdesign/article/view/16992/16708

Syamsuardi, & Haerah. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran pada Taman Kanak-kanak Kota Makassar. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(2). http://doi.org/10.25273/jcare.v5i3.3104

Downloads

Published

2024-01-01

Issue

Section

Articles