Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak dalam Menulis Angka 8 melalui Media Vituleka
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19848Keywords:
kemampuan numerasi, media pembelajaran, menulis angkaAbstract
Downloads
References
Anista, D. Z. N., Anwar, R. N., & Afifah, S. N. (2023). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.65
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed); Revisi, ce). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Astuti, M. (2017). Penggunaan Metode Bermain Alat Manipulatif Dalam Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Pada Siswa Kelompok B TK Islam Ar Ridlo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Care, 4(2), 69–83.
Direktorat Sekolah Dasar. 2023. Apa Itu Literasi dan Numerasi?. Diakses pada 20 Desember 2023 dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi
Fitriyani, Syafrida, R., & Fauziah, D. N. (2023). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Kolase Media Kertas Koran Bekas. Jurnal Care, 10(2), 38–44
Furi, A. Z., Solicha, S., & Prihandoko, T. L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Numerasi melalui Permainan Edukatif Popi (Sempoa Pintar) Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna. Sentra Cendekia, 5(1), 29-36. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc
Hamalik. 2005. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.
Hartini, Sri. 2022. Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Hasibuan, Rachma. 2010. Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1717
Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating Video Animation from Single Still Imagein Social Media Based on Intelligent Computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.10281
Hutabarat, R. M. (2021). Kegiatan Literasi di PAUD Petra Sion Indonesia Menggunakan Media Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3, 55-60. http://digilib.unimed.ac.id/41221
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Maulidiyah, Eka Cahya (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12376
Muchlisin, F. (2022). Pengembangan TPACK untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran bagi Peserta Didik Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. https://smkn1pabelan.sch.id/2021/07/07/pengembangan-tpack-untuk-meningkatkan-proses-pembelajaran-bagi-peserta-didik-kompetensi-keahlian-teknik-kendaraan-ringan/
Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652-656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Reghe, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5- 6 Tahun melalui Media Kotak Pintar di TK Aisyiyah Layang Selatan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Risqi, Novi Safitriana, et al. Stimulasi Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini melalui Permainan Moka (Monopoli Angka) di TK Bunga Tanjung. Journal on Education, 6(4). 19987-19996. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6033
Simatupang, Nurhenti, et al. (2022). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.4067
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media pembelajaran Jilid 2. Sukabumi : CV Jejak, anggota IKAPI.
Thoiruf. 2008. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail.
Widayati, Sri (2023). Persepsi Calon Guru Anak Usia Dini Mengenai Konsep Bilangan 1-10. Jurnal AUDHI: Anak Usia Dini Holistik Integratif. 5(2). http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1825
Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231
Zahro, Harisatuz et al. (2023). Kemampuan Memahami Rukun Islam Anak : Pengaruh Video Komplikasi “Diva Seriesâ€. Jurnal of Early Childhood and Character Education, Jurnal Walisongo, 3(2), 111-132. 10.21580/joecce.v3i2.17768
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.