Upaya Meningkatkan Kemampuan Numerasi Anak dalam Menulis Angka 8 melalui Media Vituleka
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anista, D. Z. N., Anwar, R. N., & Afifah, S. N. (2023). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.65
Arikunto, S. (2021). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed); Revisi, ce). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Astuti, M. (2017). Penggunaan Metode Bermain Alat Manipulatif Dalam Meningkatkan Minat Mengenal Konsep Bilangan Pada Siswa Kelompok B TK Islam Ar Ridlo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Care, 4(2), 69–83.
Direktorat Sekolah Dasar. 2023. Apa Itu Literasi dan Numerasi?. Diakses pada 20 Desember 2023 dari https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/apa-itu-literasi-dan-numerasi
Fitriyani, Syafrida, R., & Fauziah, D. N. (2023). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Dengan Kolase Media Kertas Koran Bekas. Jurnal Care, 10(2), 38–44
Furi, A. Z., Solicha, S., & Prihandoko, T. L. (2024). Meningkatkan Kemampuan Numerasi melalui Permainan Edukatif Popi (Sempoa Pintar) Anak Usia 4-5 Tahun di TK Muslimat NU Masyithoh Pesawahan Adiwerna. Sentra Cendekia, 5(1), 29-36. http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/sc
Hamalik. 2005. Keterampilan Dasar Mengajar. Malang: Fakultas Tarbiyah.
Hartini, Sri. 2022. Media Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Lombok Tengah : Pusat Pengembangan Pendidikan dan Penelitian Indonesia.
Hasibuan, Rachma. 2010. Pemanfaatan Permainan Tradisional Angklik sebagai Sumber Belajar Bidang Pengembangan Matematika pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(2). https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v43i2.1717
Hua, T., Liang, C., Min, G., Li, K., & Chunxi Xiao. (2020). Generating Video Animation from Single Still Imagein Social Media Based on Intelligent Computing. Journal of Visual Communication and Image Representation, 71, 102812. https://doi.org/10.1016/j.jvcir.2020.10281
Hutabarat, R. M. (2021). Kegiatan Literasi di PAUD Petra Sion Indonesia Menggunakan Media Whatsapp. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI), 3, 55-60. http://digilib.unimed.ac.id/41221
Khadijah. (2016). Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini. Medan: Perdana Publishing.
Maulidiyah, Eka Cahya (2016). Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak melalui Kegiatan Membilang Benda Sekitar. Jurnal Pendidikan Anak, 5(2). DOI: 10.21831/jpa.v5i2.12376
Muchlisin, F. (2022). Pengembangan TPACK untuk Meningkatkan Proses Pembelajaran bagi Peserta Didik Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan. https://smkn1pabelan.sch.id/2021/07/07/pengembangan-tpack-untuk-meningkatkan-proses-pembelajaran-bagi-peserta-didik-kompetensi-keahlian-teknik-kendaraan-ringan/
Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652-656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478
Reghe, M. (2021). Peningkatan Kemampuan Mengenal Keaksaraan Awal Anak Usia 5- 6 Tahun melalui Media Kotak Pintar di TK Aisyiyah Layang Selatan. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Risqi, Novi Safitriana, et al. Stimulasi Kemampuan Numerasi Anak Usia Dini melalui Permainan Moka (Monopoli Angka) di TK Bunga Tanjung. Journal on Education, 6(4). 19987-19996. https://doi.org/10.31004/joe.v6i4.6033
Simatupang, Nurhenti, et al. (2022). Pengembangan Buku Cerita Big Book Kalender Meja dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. DOI: 10.31004/obsesi.v7i1.4067
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : CV Alfabeta.
Suryadi, Ahmad. 2020. Teknologi dan Media pembelajaran Jilid 2. Sukabumi : CV Jejak, anggota IKAPI.
Thoiruf. 2008. Menjadi Guru Inisiator. Semarang: Rasail.
Widayati, Sri (2023). Persepsi Calon Guru Anak Usia Dini Mengenai Konsep Bilangan 1-10. Jurnal AUDHI: Anak Usia Dini Holistik Integratif. 5(2). http://dx.doi.org/10.36722/jaudhi.v5i2.1825
Widodo, A., Indraswati, D., & Sobri, M. (2019). Analisis Nilai-nilai Kecakapan Abad 21 dalam Buku Siswa SD/MI Kelas V Sub Tema 1 Manusia dan Lingkungan. Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2), 125. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v8i2.3231
Zahro, Harisatuz et al. (2023). Kemampuan Memahami Rukun Islam Anak : Pengaruh Video Komplikasi “Diva Series”. Jurnal of Early Childhood and Character Education, Jurnal Walisongo, 3(2), 111-132. 10.21580/joecce.v3i2.17768
Article Metrics
Abstract has been read : 290 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19848
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.