Penerapan Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing Permulaan untuk Anak Usia Dini

Raras Ayu Prawinda, Dessy Farantika, Devi Candra Nindiya

Abstract


Bahasa Inggris telah menjadi keterampilan yang penting bagi semua individu karena diakui sebagai bahasa internasional dan ketika bepergian ke luar negeri, bahasa Inggris digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat lokal. Saat ini banyak sekolah prasekolah formal yang mulai mengadopsi metode stimulasi untuk memperkenalkan pembelajaran Bahasa Inggris. Pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak usia dini dipandang sebagai sebuah program belajar yang secara khusus diadakan oleh sekolah, dengan fokus pada pengembangan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua. Sekolah PAUD berusaha mengembangkan kemampuan anak dalam berbahasa Inggris melalui sebuah program yang terstruktur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pembelajaran bahasa inggris sebagai bahasa asing permulaan untuk anak kelompok B.  Penelitian menggunakan metode kualitatif deskripsitf. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru dan peserta didik di TK Al Hidayah, Blitar. Tahapan dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, kemudian reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa metode pengajaran Bahasa Inggris yang digunakan oleh guru, seperti melalui kegiatan nyanyian, pemutaran video animasi, aktivitas mewarnai, dan pengenalan gambar dengan Bahasa Inggris, telah berhasil diterapkan. Strategi guru dalam menstimulasi dan mengembangkan Bahasa Inggris pada anak-anak di TK Al Hidayah Tanggung telah mengalami peningkatan karena guru-guru menggunakan pendekatan yang tepat sehingga anak-anak dapat mengenal Bahasa Inggris dengan baik. Anak-anak dapat mengembangkan kemampuan berbahasa Inggris mereka dengan baik.


Keywords


anak usia dini; bahasa asing; pembelajaran bahasa inggris

Full Text:

PDF

References


Asworth, M. dan P. W. (2004). Teaching the World’s Children: ESL for Ages Three to Seven. Pippin Publishing Corporation.

Binarkaheni, S. (2014). Analisa Deskriptif Implementasi Kurikulum Bahasa Asing (Bahasa Inggris} Taman Kanak -Kanak Di Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan, 3.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif. Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Febriyanti, F., Syaodih, E., & Agustin, M. (2022). Pengenalan Bahasa Inggris dalam Pembelajaran PAUD di Taman Kanak-Kanak Kota Bandung. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 9(1), 31–40. https://doi.org/10.17509/jppd.v4i1.21322

Harun, C, A. (2014). Dini Versus Budaya Lokal. Cakrawala Dini, 5(2), 64–72

Hasanah, N. I., & Ulya, N. (2020). Strategi Pengenalan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini Di TK Santa Maria Banjarmasin. Jurnal Warna : Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 57–68.

Hasfira, & Marelda, M. (2021). Peran Guru Dalam memotivasi Siswa Pada Masa Pandemi. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 3(1), 80–84.

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158.

Hignasari, L. V. (2020). Analisis Peluang Usaha Pembuatan Alat Permainan Edukatif Anak Selama Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Vastuwidya, 3(2), 14–22. https://doi.org/10.47532/jiv.v3i2.209

Huda, K., Munastiwi, E., Glasser, J. P., & Pendahuluan, A. (2020). Bakat Dan Kreativitas Di Era Pandemi Covid-19. 80–87.

Khairani, A., I. (2010). Pendidikan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini. Online Published Article of Universitas Negeri Medan.

Kurniawan, H., & Hermawan, R. (2016). Program Parenting untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Lembaga PIAUD. Jurnal PGRA, 1(1), 29–39.

Mufaziah, E., & Fauziah, P. (2020). Kendala Orang Tua dalam Mendidik Anak Usia Dini pada Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1045–1051. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.746

Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) 1, 787–790.

Oktaria, & Putra. (2020). Pendidikan Anak Dalam Keluarga Sebagai Strategi Pendidikan Anak Usia Dini Saat Pandemi Covid-19 Child Education In The Family As An Early Childhood. 7(1), 41–51.

Pangastuti, Pratiwi, Fahyuni, Kamal, R. A., & Madura. (2020). Pengaruh Pendampingan Orangtua Terhadap Kemandirian dan Tanggung Jawab Anak Selama Belajar dari Rumah. 2(2), 132–146.

Rina, G., & Karmila, M. (2020). Pendidikan Keterampilan Hidup (Life Skill) Anak Usia Dini Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Lingkungan Keluarga. TEMATIK: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 53. https://doi.org/10.26858/tematik.v6i2.15473

Sabaniah, S., Ramadhan, D. F., & Rohmah, S. K. (2021). Peran Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Covid—19. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 43–54.

Satrianingrum, A. P., & Prasetyo, I. (2020). Persepsi Guru Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.574.

Setyawan, F. H. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berbahsa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajatam Audio Visual Berbasis Android. Jurnal PG PAUD Trunojoyo, 3(2), 92–98.

Stakanova E., & Tolstikhina, E. (2014). Different Approaches to Teaching English As A Foreign Language to Young Learner. 118 Procedia Social and Behaviour Science (Vol. 146. pp. 456-460). https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814048083

Tomtom, M. A. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children Advisory and Education), 4(2), 41–52.

Ulfa, M., & Na’imah, N. (2020). Peran Keluarga dalam Konsep Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1). https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1.45

Wakhidah, E. W., & Umah, F. M. (2020). Penerapan Video Pembelajaran Daring Anak Usia Dini Pada Masa Pandemi Covid-19 pertama kali di Indonesia. 3(2), 140–160.

Windarsih, C. A., Jumiatin, D., Efrizal, E., Sumini, N., & Utami, L. O. (2017). Implementasi Pendidikan Anak Usia Dini Inklusif Dikota Cimahi Jawa Barat. P2M STKIP Siliwangi, 4(2), 7.


Article Metrics

Abstract has been read : 1 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats