Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter Religius dengan Pendekatan Konstruktivisme
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19828Keywords:
bahasa arab, karakter, konstruktivisme, pembelajaran, religiusAbstract
Pembelajaran bahasa Arab pada satuan pendidikan anak usia dini dijadikan sebagai penciri khas khususnya yang berbasis Islam. Saat ini bahasa Arab tidak tercantum secara jelas pada kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi satuan pendidikan di samping beberapa tenaga pendidik masih belum menguasai. Penelitian ini bertujuan menyajikan potret pembelajaran bahasa Arab anak usia dini menggunakan pendekatan konstrustivisme berbasis karakter religius. Metode penelitian yang digunakan studi pustaka. Sumber data primer pada penelitian ini adalah artikel jurnal terkait dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Data sekunder bersumber dari artikel jurnal dan buku-buku yang relevan. Kemudian data dianalisis dengan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan konsep dasar pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran adalah memposisikan bahwa anak sebelum belajar sudah mempunyai bangunan pengetahuan untuk dikembangkan selanjutnya. Guru harus memberi stimulasi dan apresiasi atas pencapaian siswa. Di samping itu, intenalisasi karakter religius dilakukan oleh guru dengan tahapan knowing the good, loving the good, dan acting the good. Hasil penelitian ini berimplikasi kepada pentingnya pembelajaran bahasa Arab anak usia dini dalam rangka pembentukan karakter religius. Selain itu, hasil penelitian ini menjadi salah satu referensi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab.
Downloads
References
Abdiyah, L., & Subiyantoro. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127–136. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951
Abdul Kholiq. (2020). Konferensi Nasional Bahasa Arab VI. 294–302.
Akhmad Aufa Syukron, Taufiqul Rahman Syarif, & Joko Susilo. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini di Era Digital Pasca Covid-19. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(2), 140–152. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6547
Alfiana, R., Kuntarto, E., Oktavianto, A. W., & Julianti, E. P. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/10185/
Almaany. (2024). Al Ma’aniy Likulli Rasmin Ma’na. Almaany. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/ناطق/
Anwar Zain. (2018). Strategi Pengembangan Ibadah Agama di PAUD Widya Dharma Kota Banjarmasin. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 4(2), 97–109.
Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.
Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstuktivisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 76–83. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen
Aziz Muzayin, & Meitia Faramida Sugiharyati. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Untuk Memahami Al Qur’an. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 2(1), 41–53. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v2n1.41-53
Glasersfeld, V. (1988). Cognition, Construction of Knowledge, and Teaching.
Hafizaah Batubara. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 164–173.
Hasanah, N., & Jaya, I. (2022). Pengaruh Puzzle Huruf dan Gambar Untuk Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanakPutra 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 1–12. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/aura/article/download/585/449
Hasim, E. (2018). Perkembangan Bahasa Anak. Pedagogika, 9(2), 195–206. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87
Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-Hari. Remaja Rosda Karya.
Kamtini, & Sitompul, F. A. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295
Kemdikbud. (2022). Asesmen Diagnostik Unit Modul Asesmen. Jakarta. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/konsep-asessmen-awal-pada-pendidikan-anak-usia-dini?ref=MTE2MS1lNWFiZDk3ZA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=
Kemdikbudristek, D. P. (2021). DUKUNGAN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSIF.
Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–94. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/163
Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Junal Kualita Pendidikan, 2(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.46
Mariana, & Fathoni, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Mentari, 1(1), 9–16. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/42
Maryadi, Ni’am, A. U., & Pravitasari, D. (2023). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.437
Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(4), 1305–1312. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312.%202022
Meifiana, S. A., Nufus, N. H., Alicia, N., Febriani, I., & Salsabila, A. (2024). Evaluasi Sumatif Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Rahmatan Kota Serang. Jurnal Penelitian Transformasi, 10(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9707
Muharram, S., Jannah, R., & Darmawati, D. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif untuk Anak Usia Dini. EDUCANDUM, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i1.1049
Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius pada Kegiatan Makan Anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 6(2), 165–174. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.589
Niswati, S., Novmarengga, Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(2), 683–692. https://doi.org/https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527
Nurlaila, & Muassomah. (2020). Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Konstruktivisme di MAN 1 Pamekasan. Taqdir, 6(2), 45–70. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.5945
Nurmasyitha, & Hajrah. (2021). APERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI YOUTUBE. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 64–69. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19306
Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 232–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32665/abata.v2i1.881
Putro, K. Z., & Suyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling PAUD. Remaja Rosda Karya.
Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489
Ridwan, & Awaludin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di RA. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252
Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910
Sari, A. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatis. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 102–106. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.44
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Education Prespective Terj. Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160
Suci Rani Fatmawati. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63–75.
Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48–53. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40510
Utami, R. L. (2020). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Shaut Al ’Arabiyah, 8(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.12270
Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Gaung Persada Press.
Yumnah, S. (2021). The Concept Of Human And Its Implications For Islamic Education. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 25–40. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/download/2447/1767/
Zulkifli Agus. (2018). Konsep Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Raudhah, 3(1), 39–56.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.