Aktivitas Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Karakter Religius dengan Pendekatan Konstruktivisme

Nasrul Umam, Siti Baro'ah, Devi Emilia Putri

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab pada satuan pendidikan anak usia dini dijadikan sebagai penciri khas khususnya yang berbasis Islam. Saat ini bahasa Arab tidak tercantum secara jelas pada kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi satuan pendidikan di samping beberapa tenaga pendidik masih belum menguasai. Penelitian ini bertujuan menyajikan potret pembelajaran bahasa Arab anak usia dini menggunakan pendekatan konstrustivisme berbasis karakter religius. Metode penelitian yang digunakan studi pustaka. Sumber data primer pada penelitian ini adalah artikel jurnal terkait dengan pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran. Data sekunder bersumber dari artikel jurnal dan buku-buku yang relevan. Kemudian data dianalisis dengan analisis induktif. Hasil penelitian menunjukkan konsep dasar pendekatan konstruktivisme dalam pembelajaran adalah memposisikan bahwa anak sebelum belajar sudah mempunyai bangunan pengetahuan untuk dikembangkan selanjutnya. Guru harus memberi stimulasi dan apresiasi atas pencapaian siswa. Di samping itu, intenalisasi karakter religius dilakukan oleh guru dengan tahapan knowing the good, loving the good, dan acting the good. Hasil penelitian ini berimplikasi kepada pentingnya pembelajaran bahasa Arab anak usia dini dalam rangka pembentukan karakter religius. Selain itu, hasil penelitian ini menjadi salah satu referensi bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Arab.


Keywords


bahasa arab; karakter; konstruktivisme; pembelajaran; religius

Full Text:

PDF

References


Abdiyah, L., & Subiyantoro. (2021). Penerapan Teori Konstruktivistik dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal), 5(2), 127–136. https://doi.org/https://doi.org/10.30651/else.v5i2.6951

Abdul Kholiq. (2020). Konferensi Nasional Bahasa Arab VI. 294–302.

Akhmad Aufa Syukron, Taufiqul Rahman Syarif, & Joko Susilo. (2022). Media Pembelajaran Bahasa Arab bagi Anak Usia Dini di Era Digital Pasca Covid-19. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(2), 140–152. https://doi.org/10.28918/asghar.v2i2.6547

Alfiana, R., Kuntarto, E., Oktavianto, A. W., & Julianti, E. P. (2020). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Repository Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/10185/

Almaany. (2024). Al Ma’aniy Likulli Rasmin Ma’na. Almaany. https://www.almaany.com/id/dict/ar-id/ناطق/

Anwar Zain. (2018). Strategi Pengembangan Ibadah Agama di PAUD Widya Dharma Kota Banjarmasin. JEA (Jurnal Edukasi AUD), 4(2), 97–109.

Anwar, R. N., & Zaenullah. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Care, 8(1), 56–66.

Aziz, M. A., & Sanwil, T. (2022). Teori Belajar Konstuktivisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 76–83. http://pedirresearchinstitute.or.id/index.php/Jurpen

Aziz Muzayin, & Meitia Faramida Sugiharyati. (2023). Pembelajaran Bahasa Arab Pada Anak Usia Dini Untuk Memahami Al Qur’an. Ash-Shobiy: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Dan Al-Qur’an, 2(1), 41–53. https://doi.org/10.33511/ash-shobiy.v2n1.41-53

Glasersfeld, V. (1988). Cognition, Construction of Knowledge, and Teaching.

Hafizaah Batubara. (2021). Proses Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak. Kode: Jurnal Bahasa, 10(2), 164–173.

Hasanah, N., & Jaya, I. (2022). Pengaruh Puzzle Huruf dan Gambar Untuk Mengembangkan Kosakata Bahasa Inggris Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanakPutra 1 Pulau Punjung. Jurnal Pendidikan AURA (Anak Usia Raudhatul Atfhal), 3(1), 1–12. https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/aura/article/download/585/449

Hasim, E. (2018). Perkembangan Bahasa Anak. Pedagogika, 9(2), 195–206. https://doi.org/https://doi.org/10.37411/pedagogika.v9i2.87

Helmawati. (2017). Pendidikan Karakter Sehari-Hari. Remaja Rosda Karya.

Kamtini, & Sitompul, F. A. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 141–145. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.295

Kemdikbud. (2022). Asesmen Diagnostik Unit Modul Asesmen. Jakarta. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/galeri-ceria/ruang-artikel/konsep-asessmen-awal-pada-pendidikan-anak-usia-dini?ref=MTE2MS1lNWFiZDk3ZA==&ix=NDctNGJkMWM0YjQ=

Kemdikbudristek, D. P. (2021). DUKUNGAN PEMBELAJARAN PADA ANAK USIA DINI BERKEBUTUHAN KHUSUS DI PAUD INKLUSIF.

Kholilullah, Hamdan, & Heryani. (2020). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Aktualita Jurnal Penelitian Sosial Dan Keagamaan, 10(1), 75–94. https://ejournal.an-nadwah.ac.id/index.php/aktualita/article/view/163

Lestari, I. (2021). Perkembangan Bahasa pada Anak Usia 3-4 Tahun. Junal Kualita Pendidikan, 2(2), 113–118. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.46

Mariana, & Fathoni, T. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Agama Islam Orang Tua Terhadap Karakter Religius Peserta Didik. Jurnal Mentari, 1(1), 9–16. https://jurnal.stkippgriponorogo.ac.id/index.php/Mentari/article/view/42

Maryadi, Ni’am, A. U., & Pravitasari, D. (2023). Strategi Guru Kelas dalam Menghadapi Gaya Belajar Siswa di Sekolah Dasar. FingeR: Journal of Elementary School, 2(1), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/finger.v2i1.437

Maut, W. O. A. (2022). Asesmen Diagnostik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di SD Negeri 1 Tongkuno Kecamatan Tongkuno Kabupaten Muna Sulawesi Tenggara. Jurnal Pendidikan Masyarakat Dan Pengabdian, 2(4), 1305–1312. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.37905/dikmas.2.4.1305-1312.%202022

Meifiana, S. A., Nufus, N. H., Alicia, N., Febriani, I., & Salsabila, A. (2024). Evaluasi Sumatif Pada Program Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Rahmatan Kota Serang. Jurnal Penelitian Transformasi, 10(1), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jtni.v10i1.9707

Muharram, S., Jannah, R., & Darmawati, D. (2023). Implementasi Metode Pembelajaran Bahasa Arab yang Efektif untuk Anak Usia Dini. EDUCANDUM, 9(1), 1–9. https://doi.org/10.31969/educandum.v9i1.1049

Mutiawati, Y. (2019). Pembentukan Karakter Religius pada Kegiatan Makan Anak di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 6(2), 165–174. https://doi.org/https://doi.org/10.46244/buahhati.v6i2.589

Niswati, S., Novmarengga, Maulana, Y., & Asahy, F. (2023). Efektivitas Pendekatan Konstruktivisme melalui Media LKPD dalam Pembelajaran Pengetahuan Struktur dan Skema Teks Deskripsi Profetik. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 5(2), 683–692. https://doi.org/https://doi.org/10.55909/jpbs.v2i5.527

Nurlaila, & Muassomah. (2020). Analisis Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Konstruktivisme di MAN 1 Pamekasan. Taqdir, 6(2), 45–70. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/taqdir.v6i2.5945

Nurmasyitha, & Hajrah. (2021). APERSEPSI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI YOUTUBE. Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(1), 64–69. https://doi.org/https://doi.org/10.59562/indonesia.v2i1.19306

Pratiwi, E. S., & Utsman, A. F. (2022). PERENCANAAN PEMBELAJARAN DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Abata: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 232–240. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32665/abata.v2i1.881

Putro, K. Z., & Suyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling PAUD. Remaja Rosda Karya.

Rahayu, A., Nuryani, P., & Riyadi, A. R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran SAVI untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 102–111. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jpgsd.v4i2.20489

Ridwan, & Awaludin, A. F. (2019). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di RA. Didaktika Jurnal Kependidikan, 13(1), 56–67. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v13i1.252

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan, 6(2), 293–308. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Sari, A. (2021). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini 5-6 Tahun ditinjau dari Aspek Sintaksis dan Pragmatis. Jurnal Kualita Pendidikan, 2(2), 102–106. https://doi.org/https://doi.org/10.51651/jkp.v2i2.44

Schunk, D. H. (2012). Learning Theories an Education Prespective Terj. Teori-Teori Pembelajaran Perspektif Pendidikan. Pustaka Pelajar.

Suardi, I. P., Ramadhan, S., & Asri, Y. (2019). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 265. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.160

Suci Rani Fatmawati. (2015). Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Menurut Tinjauan Psikolinguistik. Lentera, XVIII(1), 63–75.

Suoth, L., Mutji, E. J., & Balamu, R. (2022). Penerapan Pendekatan Konstruktivisme Vygotsky Terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 48–53. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.40510

Utami, R. L. (2020). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab dengan Pendekatan Komunikatif di Kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Depok. Shaut Al ’Arabiyah, 8(1), 64–74. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/saa.v8i1.12270

Yamin, M. (2007). Kiat Membelajarkan Siswa. Gaung Persada Press.

Yumnah, S. (2021). The Concept Of Human And Its Implications For Islamic Education. Mu’allim Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 25–40. https://jurnal.yudharta.ac.id/v2/index.php/muallim/article/download/2447/1767/

Zulkifli Agus. (2018). Konsep Pendidikan Islam terhadap Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Raudhah, 3(1), 39–56.


Article Metrics

Abstract has been read : 95 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats