Stimulasi Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif

Ni Putu Ayu Dewi Ariani, Ida Bagus Komang Sindu Putra

Abstract


Alat permainan edukatif merupakan alat yang digunakan tenaga pendidik untuk membantu proses belajar mengajar agar lebih bervariasi dan menyenangkan. Kiera Si Monyet Pintar merupakan alat permainan yang dibuat untuk membantu menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Akan tetapi tidak semua anak memiliki kemampuan kognitif yang berkembang sesuai usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini guna untuk menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak usia dini agar berkembang dengan baik.Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru di TK Widya Dharma Sastra. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan Observasi. Hasil wawancara dan Observasi dianalisis dengan trianggulasi. Penelitian ini memperoleh hasil Kiera Si Monyet Pintar dapat menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Alat permainan edukatif Kiera si Monyet Pintar efektif untuk digunakan dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak


Keywords


alat permainan edukatif: anak usia dini; perkembangan kognitif

Full Text:

PDF

References


Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. (2019). Peliharaan sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. file:///D:/0. KULIAH S3/SEMESTER 4/DISERTASI/1/Mendeley/Aisyah.pdf

Amah, N., & Sari, N. E. (2017). Permainan Poli Dana Untuk Menumbuhkan KecerdasanFinansial Pada Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children, Advisory, Research, Adn Education), 4(2), 31–41.

Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57

Atika Setiawati, F., & Suyadi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran melalui Permainan Ular Tangga Tantangan dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274

Azhar, I. (2022). Peningkatan Kecepatan Berhitung Siswa melalui Penggunaan Metode Jari. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9, 81–90. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/download/1435/980/

Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763

Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. As-Sabiqun, 4(2), 443–455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780

Fadli, Muhammad R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika; Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035

Mustika, N., & Suyadi, S. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889

Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 787–790

Purnawati, S., Luqman, F., & Ariyanto, T. (2022). Pemanfaat APE Wire Game sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (03)01. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/wisdom/article/download/3755/2210

Putu, N., Diah, E., Anadhi, I. M. G., Bagus, I., & Sindu, K. (2023). Pengembangan APE Jubah Misteri sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Kognitif. Journal Alfai. 7(1), 193–207. https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/1659

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076

Saudia, B. E. P., & Wardani, W. (2022). Pengaruh Stimulasi APE Magic Book terhadap Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7214–7222. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2324

Sulistia, Ermawati, G. N., Fadhila, M., Putranto, M. Z. N., & Faridah, S. (2022). Pembuatan dan Penerapan Mainan Edukasi (Puzzle) untuk Stimulasi Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus di RSUD Ulin Banjarmasin. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 01(02), 46–54. https://doi.org/10.24036/pusako.v1i2.19

Umrati, hengki wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif (Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan). Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://www.researchgate.net/publication/343601462_Analisis_data_kualitatif_teori_konsep_dalam_penelitian_pendidikan


Article Metrics

Abstract has been read : 0 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats