Stimulasi Perkembangan Aspek Kognitif Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19826Keywords:
alat permainan edukatif, anak usia dini, perkembangan kognitifAbstract
Alat permainan edukatif merupakan alat yang digunakan tenaga pendidik untuk membantu proses belajar mengajar agar lebih bervariasi dan menyenangkan. Kiera Si Monyet Pintar merupakan alat permainan yang dibuat untuk membantu menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Akan tetapi tidak semua anak memiliki kemampuan kognitif yang berkembang sesuai usianya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan aspek perkembangan kognitif anak usia dini guna untuk menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak usia dini agar berkembang dengan baik.Metode yang di gunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah guru-guru di TK Widya Dharma Sastra. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan Observasi. Hasil wawancara dan Observasi dianalisis dengan trianggulasi. Penelitian ini memperoleh hasil Kiera Si Monyet Pintar dapat menstimulasi aspek perkembangan kognitif anak usia dini. Alat permainan edukatif Kiera si Monyet Pintar efektif untuk digunakan dalam meningkatkan perkembangan kognitif pada anak
Downloads
References
Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Astuti, W., & Yafie, E. (2019). Peliharaan sebagai Media Stimulasi Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 174–180. file:///D:/0. KULIAH S3/SEMESTER 4/DISERTASI/1/Mendeley/Aisyah.pdf
Amah, N., & Sari, N. E. (2017). Permainan Poli Dana Untuk Menumbuhkan KecerdasanFinansial Pada Anak Usia Dini. Jurnal CARE (Children, Advisory, Research, Adn Education), 4(2), 31–41.
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Atika Setiawati, F., & Suyadi. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran melalui Permainan Ular Tangga Tantangan dalam Meningkatkan Perkembangan Kognitif pada Anak Usia Dini. Jurnal Buah Hati, 8(1), 49–61. https://doi.org/10.46244/buahhati.v8i1.1274
Azhar, I. (2022). Peningkatan Kecepatan Berhitung Siswa melalui Penggunaan Metode Jari. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9, 81–90. https://ejournal.iai-tabah.ac.id/index.php/madinah/article/download/1435/980/
Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Damayanti, P. D., Muslihin, H. Y., & Rahman, T. (2022). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) terhadap Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini. As-Sabiqun, 4(2), 443–455. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v4i2.1780
Fadli, Muhammad R. (2021). Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif. Humanika; Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.
Istanti, E., Debibik, D. N. F., & Rina, R. S. (2021). Stimulasi Kemampuan Berpikir Simbolik melalui Kegiatan Meronce Anak Usia 4-5. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.19105/kiddo.v2i2.5035
Mustika, N., & Suyadi, S. (2021). Pengaruh Alat Permainan Edukatif Kartu Bergambar terhadap Moral dan Agama Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 2052–2060. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1889
Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1, 787–790
Purnawati, S., Luqman, F., & Ariyanto, T. (2022). Pemanfaat APE Wire Game sebagai Alat Bantu Stimulasi Perkembangan Anak Usia Dini. WISDOM: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini (03)01. https://jurnal.iainponorogo.ac.id/index.php/wisdom/article/download/3755/2210
Putu, N., Diah, E., Anadhi, I. M. G., Bagus, I., & Sindu, K. (2023). Pengembangan APE Jubah Misteri sebagai Media Stimulasi Aspek Perkembangan Kognitif. Journal Alfai. 7(1), 193–207. https://journalfai.unisla.ac.id/index.php/jce/article/view/1659
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0, 289–302. https://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1076
Saudia, B. E. P., & Wardani, W. (2022). Pengaruh Stimulasi APE Magic Book terhadap Perkembangan Kognitif Anak Pra Sekolah. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7214–7222. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2324
Sulistia, Ermawati, G. N., Fadhila, M., Putranto, M. Z. N., & Faridah, S. (2022). Pembuatan dan Penerapan Mainan Edukasi (Puzzle) untuk Stimulasi Kognitif Anak Berkebutuhan Khusus di RSUD Ulin Banjarmasin. PUSAKO : Jurnal Pengabdian Psikologi, 01(02), 46–54. https://doi.org/10.24036/pusako.v1i2.19
Umrati, hengki wijaya. (2020). Analisis Data Kualitatif (Teori Konsep dalam Penelitian Pendidikan). Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray. https://www.researchgate.net/publication/343601462_Analisis_data_kualitatif_teori_konsep_dalam_penelitian_pendidikan
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.