Implementasi Nilai-Nilai Huma Betang Dalam Menciptakan Sekolah Ekoliterasi

Authors

  • Sesilia Stefania Sihotang Universitas Palangkaraya
  • Eli Karliani Universitas Palangkarya

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19794

Keywords:

ekoliterasi, nilai-nilai, huma betang

Abstract

Nilai Huma Betang adalah warisan budaya Dayak yang mengedepankan kebersamaan, kearifan lokal, dan keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai Huma Betang dalam menciptakan sekolah ekoliterasi di SD Negeri 2 Petuk Ketimpun pada siswa kelas awal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan adalah guru, dan kepala sekolah serta siswa pada kelas awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai Huma Betang telah memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan sekolah ekoliterasi di SD Negeri 2 Petuk Ketimpun. Hal ini terlihat dari upaya sekolah dalam memadukan kurikulum formal dengan pendekatan lokal yang berbasis kearifan lokal, seperti pembelajaran di alam terbuka, penggunaan sumber daya lokal sebagai media pembelajaran, dan pengenalan budaya lokal kepada siswa. Selain itu, nilai-nilai seperti gotong royong, kebersamaan, dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan juga ditanamkan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan program sosial di sekolah. Dengan demikian, implementasi nilai Huma Betang tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa tetapi juga membantu dalam membentuk sikap dan perilaku ekoliterasi yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkuat hubungan antara pendidikan formal dan kearifan lokal serta menunjukkan relevansi nilai-nilai budaya dalam konteks pendidikan ekoliterasi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam pengembangan kurikulum sekolah untuk menciptakan generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akbar, N. (2021). Kepemimpinan Karakter Berbasis Multikultural: Vol. 15.5 x 23. UIN Antasari Press.

Gaol, D. F. L. (2019). Sosialisasi Literasi Digital Pada Remaja Karang Taruna. 3(1), 30–36.

Jaelani, W., Sar’iyyah, N., Abdullah, A. N., & ... (2023). Literasi Sains: Cinta Lingkungan Untuk Peserta Didik SD I Watujara. … : Jurnal Hasil Kegiatan …, 1(6). https://journal.areai.or.id/index.php/MENGABDI/article/view/292%0Ahttps://journal.areai.or.id/index.php/MENGABDI/article/download/292/309

Liestyasari, S. I., Nurcahyono, O. H., Astutik, D., & Nurhadi, N. (2020). Literasi Penggunaan Media Sosial Sehat Bagi Forum Anak Surakarta. Dedikasi: Community Service Reports, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.37834

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Rajawali Press.

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 1–178.

Novaria, E., Asteriniah, F., & M.Sutalhis. (2023). Mengukur Persepsi Kalangan Aparatur Negara Terhadap Sikap Eko Literasi Umum Di Provinsi Sumsel. KNOWLEDGE : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(2).

Nyoman, R. N. (2019). Implementasi Nilai Kearifan Lokal (Huma Betang) Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Dayak Di Kota Palangka Raya. Tampung Penyang, XVII(01).

Rahmadi, T. (2013). Hukum Lingkungan Di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, E. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan. Uwais Press.

Setyaningrum, T. (2020). Praktik Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat.

Sidik, I., Annur, S., & Handayani, T. (2021). Manajemen Program Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Studia Manageria, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6873

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2021). Kearifan Lokal Suku Dayak dan Implementasinya dalam Pendidikan. Deepublish.

Tryanasari, D., & Kartikasari HS, A. (2021). Program Ekoliterasi sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.57

Downloads

Published

2024-05-30

Issue

Section

Articles