Implementasi Nilai-Nilai Huma Betang Dalam Menciptakan Sekolah Ekoliterasi

Sesilia Stefania Sihotang, Eli Karliani

Abstract


Nilai Huma Betang adalah warisan budaya Dayak yang mengedepankan kebersamaan, kearifan lokal, dan keberlanjutan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi nilai Huma Betang dalam menciptakan sekolah ekoliterasi di SD Negeri 2 Petuk Ketimpun pada siswa kelas awal. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan adalah guru, dan kepala sekolah serta siswa pada kelas awal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi nilai Huma Betang telah memberikan kontribusi signifikan dalam menciptakan sekolah ekoliterasi di SD Negeri 2 Petuk Ketimpun. Hal ini terlihat dari upaya sekolah dalam memadukan kurikulum formal dengan pendekatan lokal yang berbasis kearifan lokal, seperti pembelajaran di alam terbuka, penggunaan sumber daya lokal sebagai media pembelajaran, dan pengenalan budaya lokal kepada siswa. Selain itu, nilai-nilai seperti gotong royong, kebersamaan, dan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan juga ditanamkan melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan program sosial di sekolah. Dengan demikian, implementasi nilai Huma Betang tidak hanya memperkaya pengalaman belajar siswa tetapi juga membantu dalam membentuk sikap dan perilaku ekoliterasi yang berkelanjutan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam memperkuat hubungan antara pendidikan formal dan kearifan lokal serta menunjukkan relevansi nilai-nilai budaya dalam konteks pendidikan ekoliterasi. Implikasi praktis dari penelitian ini adalah pentingnya integrasi nilai-nilai budaya lokal dalam pengembangan kurikulum sekolah untuk menciptakan generasi yang peduli dan bertanggung jawab terhadap lingkungan.


Keywords


ekoliterasi; nilai-nilai; huma betang

Full Text:

PDF_1

References


Akbar, N. (2021). Kepemimpinan Karakter Berbasis Multikultural: Vol. 15.5 x 23. UIN Antasari Press.

Gaol, D. F. L. (2019). Sosialisasi Literasi Digital Pada Remaja Karang Taruna. 3(1), 30–36.

Jaelani, W., Sar’iyyah, N., Abdullah, A. N., & ... (2023). Literasi Sains: Cinta Lingkungan Untuk Peserta Didik SD I Watujara. … : Jurnal Hasil Kegiatan …, 1(6). https://journal.areai.or.id/index.php/MENGABDI/article/view/292%0Ahttps://journal.areai.or.id/index.php/MENGABDI/article/download/292/309

Liestyasari, S. I., Nurcahyono, O. H., Astutik, D., & Nurhadi, N. (2020). Literasi Penggunaan Media Sosial Sehat Bagi Forum Anak Surakarta. Dedikasi: Community Service Reports, 2(2), 58–65. https://doi.org/10.20961/dedikasi.v2i2.37834

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. Rajawali Press.

Niman, E. M. (2019). Kearifan lokal dan Upaya Pelestarian Lingkungan Alam. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 11(1), 1–178.

Novaria, E., Asteriniah, F., & M.Sutalhis. (2023). Mengukur Persepsi Kalangan Aparatur Negara Terhadap Sikap Eko Literasi Umum Di Provinsi Sumsel. KNOWLEDGE : Jurnal Inovasi Hasil Penelitian Dan Pengembangan, 3(2).

Nyoman, R. N. (2019). Implementasi Nilai Kearifan Lokal (Huma Betang) Dalam Interaksi Sosial Masyarakat Dayak Di Kota Palangka Raya. Tampung Penyang, XVII(01).

Rahmadi, T. (2013). Hukum Lingkungan Di Indonesia. PT. Raja Grafindo Persada.

Sari, E. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan. Uwais Press.

Setyaningrum, T. (2020). Praktik Pembelajaran Ekoliterasi Berorientasi Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan Di Sekolah Dasar Negeri Kota Surabaya Bagian Barat.

Sidik, I., Annur, S., & Handayani, T. (2021). Manajemen Program Adiwiyata dalam Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan. Studia Manageria, 3(1), 13–34. https://doi.org/10.19109/studiamanageria.v3i1.6873

Suriansyah, A., & Aslamiah, A. (2021). Kearifan Lokal Suku Dayak dan Implementasinya dalam Pendidikan. Deepublish.

Tryanasari, D., & Kartikasari HS, A. (2021). Program Ekoliterasi sebagai Upaya Meningkatkan Fokus Siswa Slow Learner di SDN 2 Sukowinangun Kabupaten Magetan. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 77–85. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.57


Article Metrics

Abstract has been read : 230 times
PDF_1 file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19794

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Care published by UNIVERSITAS PGRI MADIUN.
PE has ISSN: 2355-2034 (printed) & ISSN: 2527-9513 (online)

Creative Commons License
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats