Peningkatan Kemampuan Klasifikasi melalui Media Animal Board pada Anak Usia 3-4 Tahun

Authors

  • Rahma Handayani STKIP Modern Ngawi
  • Octavian Dwi Tanto STKIP Modern Ngawi
  • Dita Primashanti Koesmadi STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i2.19751

Keywords:

anak, animal board, kemampuan klasifikasi, media

Abstract

Kemampuan klasifikasi pada anak Kelompok Bermain Sri Asih kurang berkembang dengan maksimal karena kurangnya variasi dalam proses pembelajaran serta media yang digunakan. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan klasifikasi melalui media animal board pada anak Kelompok Bermain rentang usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah anak Kelompok Bermain Sri Asih sebanyak 16 anak yang terdiri dari 10 anak laki-laki dan 6 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa skala, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 80%. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus yang mana setiap siklusnya dilakukan 3 tindakan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan klasifikasi anak mengalami peningkatan yaitu dari 13% pada observasi awal menjadi 25% pada siklus I dan meningkat hingga mencapai 81% pada siklus II. Indikator yang muncul adalah anak mampu mengklasifikasi berdasarkan ukuran dan jenis, mengklasifikasi berdasarkan warna dan bentuk serta mengklasifikasi berdasarkan pola. Perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di dalam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apriani, D. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran PANDUBI (Papan Dunia Binatang) pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Siswa Kelas I MI Ulul Albab Plesungan Bojonegoro. Skripsi. Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri. https://repository.unugiri.ac.id:8443/id/eprint/1922

Anwar, R. N. (2021). Mengelola Stres Mengasuh Anak Usia Dini Di Tengah Pandemi Covid 19 Perspektif Islam. Seminar Nasional Prasekolah, Sekolah Dasar Dan Manajemen Pendidikan, 135–140.

Anwar, R. N. (2021f). Parents ’ Involvement In The Quran Education In Early Childhood During The Covid-19 Pandemic. International Seminar on Islamic Religion (ISoIR), 83–88.

Arini, I., & Fajarwati, A. (2020). Media Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Klasifikasi pada Anak Usia Dini. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 15(2), 117-126. https://doi.org/10.21009/JIV.1502.3

Astari, T., & Chozin, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Matematika melalui Media Saku Pintar Anak Usia 4-5 Tahun. SEMNASFIP. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/SEMNASFIP/article/view/5104

Adawiyah, R., Fitriani, R., & Suhirman. (2022). Edukasi Dan Simulasi Penggunaan Ape Matematika Aud Untuk Guru Dan Orang Tua. Jurnal Care, 10(1), 31–39

Fadillah, R. A. N., Nurhayati, D., & Rachminingsih, I. (2021). Perancangan Board Game Pengenalan Hewan dan Habitatnya untuk Anak Usia 4-5 Tahun. ATRAT: Jurnal Seni Rupa, 9(1), 49-56. https://jurnal.isbi.ac.id/index.php/atrat/article/download/1662/1105

Ismail, M. Jen. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67

Juniati, W., & Hazizah, N. (2020). Pengaruh Permainan Sorting Color dalam Meningkatkan Kemampuan Klasifikasi Pra-matematika di Taman Kanak-kanak Islam Budi Mulia. Jurnal Golden Age, 4(1), 143-151. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2187

Kartini, K., Degeng, I. N. S., & Sitompul, N. C. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Tema Binatang untuk Pembelajaran di Taman Kanak-kanak. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(2), 128-13. DOI: 10.21831/jitp.v7i2.33879

Kusmana, H. S. (2023). Pengaruh Media Montase Terhadap Kemampuan Klasifikasi Objek pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Negeri Pembina 2 Kota Jambi. Skripsi. Universitas Jambi. https://repository.unja.ac.id/id/eprint/45475

Qisthiyah, A., Malika, S. A., Maharani, Z., & Hasanah, L. (2022). Pengenalan Klasifikasi Menggunakan Media Bahan Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun di RA Ar-Rahmah. Jurnal Raudhah, 10(2). http://dx.doi.org/10.30829/raudhah.v10i2.1999

Rahmawati, S. C. (2020). Meningkatkan Kemampan Klasifikasi melalui Media Bahan Alam pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK ABA Busuran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 9(2). https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgpaud/article/viewFile/16942/16357

Ramadhan, S. Z. N., & Sofia, A. (2018). Mengembangkan Kemampuan Mengklasifikasikan Benda Anak Usia Dini melalui Bermain Bahan Alam. Jurnal Pendidikan Anak, 4(1). https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PAUD/article/view/14956

Rani, A., Nasirun, M., & Indrawati, I. (2020). Kemampuan Klasifikasi Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Pena PAUD, 1(1), https://doi.org/10.33369/penapaud.v1i1.14005

Ritonga, R. S., Syahputra, Z., Arifin, D., & Sari, I. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Smart Board Berbasis Augmented Reality untuk Pengenalan Hewan pada Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(1), 40-46. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i1.13418

Safitri, M. (2021). Aktivitas Bermain Eksplorasi Alam pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Hidayah IX Karonsih Kec Ngaliyan Kota Semarang Tahun 2021. Skripsi. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/16210

Salahuddin, A., Saputra, A., & Gustina, R. (2023). Pengembangan Permainan Edukatif Papan Pintar pada Kemampuan Bahasa Anak Usia Dini di TK Aisyiyah 01 Koto Baru. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 13(1), 44-50. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v13i1.3050

Savira, A. M., & Relmasira, S. C. (2019). Upaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Ilmu Pengetahuan Alam melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw dengan Bantuan Media Animal Board. Jurnal Pendidikan Tambusai, 3(2), 811-819. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.286

Setyowahyudi, R. (2020). Pengaruh Media Benda-benda Alam Terhadap Kemampuan Klasifikasi dan Mengurutkan Pola Anak Usia 4-5 Tahun di TK Rahmatullah. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 195-205. DOI: 10.24235/awlady.v6i2.5878

Ulandari, V., Saparahayuningsih, S., & Yulidesni, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Mengklasifikasi melalui Bermain Kontruktif Sifat Padat. Jurnal Ilmiah Potensia 3(2), 72–77. https://doi.org/10.33369/jip.3.2.127-132

Downloads

Published

2024-12-11

Issue

Section

Articles