Peningkatan Kemampuan Bahasa Inggris Anak melalui Media Wayang Kartun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19746Keywords:
Anak Usia Dini, Bahasa Inggris, Wayang KartunAbstract
Bahasa Inggris merupakan bahasa asing diindonesia yang sangat penting diajarkan pada anak usia dini, karena bahasa Inggris ialah bahasa Internasional yang dipakai oleh penjuru dunia sehingga mempermudah berkomunikasi ketika berada diluar Indonesia sebagai komunikasi utama. Wayang kartun adalah jenis wayang yang merupakan pengembangan dari wayang yang sudah ada. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak di kelompok B TK Dharma Wanita Jeblogan 2 Paron tahun ajaran 2023-2024. Penelitian ini menggunakan metode tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media wayang kartun dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, hal ini terbukti dari hasil pada penelitian siklus I 20% dari 15 anak yang tuntas dan menunjukkan presentase tuntas kelas sebesar 80% pada siklus II.
Downloads
References
Amini, Amini et al. 2023. “Pemanfaatan Wayang Punokawan Dalam Menstimulasi Multiple Intelegences Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 7(1):796–816.
Ardiyanti, Siti. 2022. “Pentingnya Pendidikan Akhlak Pada Anak Usia Dini.†EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan 6(2):26–44.
Aslamiah, Suaibatul. 2020. “Kesulitan Belajar Bahasa Inggris Dalam Perspektif Pendidikan.†PRIMEARLY Jurnal Kajian Pendidikan Dasar Dan Anak Usia Dini VI(2):140–41.
Deprianti, D. et al. 2022. “Pengaruh Media Wayang Terhadap Keterampilan Berbicara Pada Anak Usia Dini Kelompok B Di Raudahtul Athfal Plus Fatahul Wardah Palembang.†ULIL ALBAB: Jurnal Ilmiah … 1(5):1065–74.
Eka Retnaningsih, Lina, and Sarlin Patilima. 2022. “Kurikulum Merdeka Pada Pendidikan Anak Usia Dini.†Jurnal Program Studi PGRA 8(1):143–58.
Elyasari, Siti et al. 2023. “Keefektifan Metode Modelling Simbolik Berbantu Media Wayang Kartun Profesi Terhadap Kemampuan Berbahasa Dan Keterampilan Bercerita.†Jurnal Raudhah 11(2):132. .
Etnawati, Susanti. 2022. “Implementasi Teori Vygotsky Terhadap Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini.†Jurnal Pendidikan 22(2):130–38.
Fima Oktaviani. 2021. “Skripsi Oleh Fima Oktaviani NPM 1611070102 Jurusan : Pendidikan Anak Usia Dini ( PIAUD ).â€
Hasan, Muhammad et al. 2021. Media Pembelajaran.
Hijriati, Putri Rahmi,. 2021. “Proses Belajar Anak Usia 0 Sampai 12 Tahun Berdasarkan Karakteristik Perkembangannya.†Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak 7(1):152.
Imanussa’adah, Qorina Nur. 2023. “Penggunaan Media Big Fun Di Sentra Bilingual Dalam Pengembangan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Usia 5-6 Tahun Di TA-TK AL-Azhar Syifa Budi Solo Tahun Ajaran 2022/2023.†Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 2.
Kurniawan, Andri et al. 2023. “Pendidikan Anak Usia Dini - Andri Kurniawan, Ayu Reza Ningrum, Uswatun Hasanah, Novian Riskiana Dewi, Mas’ud Muhammadiah, Nungky Kurnia Putri, Hadisa Putri, Loeziana Uce, Machmudah - Google Buku.â€
Ludiawati, W. 2021. “Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Pada Masa PandeLudiawati, W. 2021. ‘Pembelajaran Bahasa Inggris Anak Usia Dini (5-6 Tahun) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di RA Mambaul Hisan Surabaya.’Mi Covid-19 Di RA Mambaul Hisan Surabaya.â€
Mrawany, Heru Kurniawan. 2020. “Pendidikan Literasi Anak Usia Dini: Meningkatkan Keterampilan Membaca.†Hijas Pustaka Mandiri.
Na’imah, Na’imah. 2022. “Urgensi Bahasa Inggris Dikembangkan Sejak Anak Usia Dini.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6(4):2564–72.
Nurlaila, M. O., Susari, H. D., & Anwar, R. N. (2022). Stimulasi orang tua untuk mengembangkan motorik halus anak usia dini. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA, 1, 787–790
Nugroho, Dimas Satrio. 2015. “Peningkatan Minat Berbahasa Jawa Melalui Metode Bercerita Menggunakan Media Wayang Kartun Pada Anak Kelompok TK B Di TK PEDAGOGIA Yogyakarta.†151:10–17.
Oktaviani, Fima. 2021. “PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERCERITA.â€.â€
Pebriana, Putri Hana. 2017. “Jurnal Obsesi.†Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 1(2):118–23.
Pertiwi, Ayu Bella et al. 2021. “Metode Pembelajaran Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini.†Kumara Cendekia 9(2):95.
Purqan, Hepzuni. 2020. “Pengaruh Media Wayang Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun Di Tk Bunda Kurnia Ogan Komering Ulu Selatan.†1–73.
Purwanti, Ratna, and Fathimah. 2019. “Pengenalan Aspek Bahasa (Bahasa Inggris) Untuk Anak Usia Dini Melalui Nyanyian.†Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM 5(2):135–47.
Purwanto, Sigit. 2018. “Pendidikan Nilai Dalam Pagelaran Wayang Kulit.†Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam 6(1):1–30.
Rohani. 2020. “Media Pembelajaran. In Media Pembelajaran.†Repository.Uinsu 234.
Shanie, Arsan, and Clarita Nur Fadhilah. 2021. “JoECCE.†1:1–18.
Wati, Irma et al. 2021. “Pengaruh Aktivitas Media Wayang Kartun Terhadap Kemampuan Kosa Kata Anak Usia Dini.†PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 10(1):228–40.
Widyarti, E., & Martadi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Wayang Kartun di Kelas B 3 Tk Dharma Wanita Persatuan Desa Pasinan Lemah Putih Kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Jurnal Seni Rupa, 4(Jurnal Pendidiakan Seni Rupa, Volume 04 Nomor 02 Tahun 2016, 192-200), 192–200.
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.