Peningkatan Kecerdasan Naturalis Anak melalui Kegiatan Outing Class

Authors

  • Tri Kaswati STKIP Modern Ngawi
  • Octavian Dwi Tanto STKIP Modern Ngawi
  • Narendradewi Kusumastuti STKIP Modern Ngawi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19738

Keywords:

kecerdasan naturalis, outing class, pembelajaran

Abstract

Kegiatan pembelajaran di luar kelas yang bertujuan untuk mengembangkan kecerdasan dan keterampilan anak. Kecerdasan ini berhubungan dengan kepekaan anak terhadap alam sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan melihat adanya peningkatan kecerdasan naturalis melalui kegiatan outing class. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia 4-5 tahun kelompok A KB Dahlia Karangmalang, Kasreman, Ngawi, dengan jumlah anak 20 anak diantaranya 11 anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tehnik observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penlitian ini diakukan 2 kali siklus, dimana setiap siklus terdapat 3 kali pertemuan. Tehnik analisis data menggunakan nilai rata-rata. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan kecerdasan naturalis pada anak dengan nilai rata-rata anak pada siklus 1 mencapai nilai rata-rata 8 dengan ketuntasan klasikal pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) kemudian pada siklus II nilai rata-rata anak mencapai 11 atau 80 % dengan ketuntasan klasikal berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Maka dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan outing class dapat meningkatkan Kecerdasan Naturalis pada anak kelompok A KB Dahlia Karangmalang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., Rohyana, F., & Ashari, M. A. (2019). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Proyek berbasis Sains di TK Titipan ilahii rencoong Kelayu Jorong. Jurnal CARE, 7(1), 1–6.

Anwar, R. N., & Azizah, N. (2020). Pengasuhan Anak Usia Dini di Era New Normal Perspektif Islam. Thufuli: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia, 2(2), 1–9.

Ernalia, Y. (2020). Strategi Pembelajaran Diluar Kelas (Outing Class) dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis Anak di PAUD Negeri Pembina Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang. Diploma thesis, IAIN BENGKULU. http://repository.iainbengkulu.ac.id/4322/

Firdausyi, A. N, Noormawanti, Maulisa, L. (2022). Implementasi Kecerdasan Naturalis pada Anak dalam Tema Belajar “Aku Cinta Indonesiaâ€. Seminar Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat. https://prosiding.ummetro.ac.id/index.php/snppm/article/view/62

Juniarti, Y. (2017). Peningkatan Kecerdasan Naturalis melalui Metode Kunjungan Lapangan (Field Trip). Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(2), 267 - 284. https://doi.org/10.21009/JPUD.092.05

Maryanti, S., Kurniah, N., & Yulidesni, Y. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Kelompok B Tk Asyiyah X Kota Bengkulu. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(1), 22–31. https://doi.org/10.33369/jip.4.1.22-31

Mufid, A., Fatimah, S., Asfahani, A., & Aeeni, N. (2022). Peningkatan Perkembangan Kecerdasan Naturalistik Anak melalui Metode Outbound. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development, 2(02), 57-65. https://doi.org/10.37680/absorbent_mind.v2i02.1501

Ni Made Kharisma Yulianti, dkk (2020). Contribution Of Naturalist Intellligence and learning Participation roward Student’ Knowledge Competence in Science. Internasional Jurnal Of Elementary Sducation. 4(3). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/IJEE

Pidaroini, A. (2021). Upaya Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun melalui Model Pembelajaran Inquiry di RA Hidayatul Kautsar Bekasi Utara. Jakarta : FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/59438

Rabihatun Adawiyah, dkk (2019). Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak melalui Metode Proyek Berbasis Sains di TK Titipan Ilahi Renco Kelayu Jorong. Jurnal Care : Universitas PGRI Madiun, 7(1). http://doi.org/10.25273/jcare.v7i1.4699

Rahmawati, R. L., Nazarullail, F., & Madura, U. T. (2020). Strategi Pembelajaran Outing Class Guna Meningkatkan Aspek Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 7(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v7i2.8839

Sumarsono, P., Inganah, S., Iswatiningsih, D., & Husmala. (2020). Belajar dan Pembelajaran di Era Milenial. Malang: Universitas Muhamadiyah Malang. https://books.google.com/books?id=fKLzDwAAQBAJ&printsec=copyright

Sumitra, A. & Panjaitan, M. (2019). Meningkatkan Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini melalui Metode Karyawisata. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(01), 35-42. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v3i01.3342

Utami, F. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Outing Class terhadap Kecerdasan Naturalis Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obses: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 551. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.314

Walidaini, S., Hasballah, J., & Faridy, F. (2021). Pengembangan Kecerdasan Naturalis pada Anak Usia Dini melalui Pendekatan Proyek. EDUATOR DEVELOPMENT JOURNAL. https://doi.org/10.2022/edj.v2i1.2604

Wahyuni, N. (2022). Penerapan Metode Proyek dalam Mengembangkan Kecerdasan Naturalis pada Anak Kelompok B1 di TK Raudhatul Ulum Pesisir Barat. Diploma thesis, UIN RADEN Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/19399/

Zahrah, S. (2022). Strategi Guru Dalam Pengembangan Kecerdasan Naturalis Anak Usia 4-6 Tahun Melalui Kegiatan Special-Day (Study Kasus di TK Bambini, Tangerang Selatan). Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/75274

Downloads

Additional Files

Published

2024-07-01

Issue

Section

Articles