Peningkatkan Perilaku Prososial melalui Media Magic Tree pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v12i1.19735Keywords:
kelompok bermain, magic tree, perilaku prososialAbstract
Perilaku prososial anak pada KB Kasih Ibu Kebon belum berkembang secara optimal karena kurang menariknya media pembelajaran yang digunakan oleh guru dan model pembelajaran yang masih klasikal serta guru masih menggunakan media lembar kerja anak sebagai bahan ajarnya. Perilaku sosial termasuk salah satu kompetensi afektif yang perlu dikembangkan dalam proses pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial melalui media magic tree pada KB Kasih Ibu Kebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian ini adalah 16 siswa KB Kasih Ibu Kebon, Kecamatan Paron, Kabupaten Ngawi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah skala, pedoman observasi dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 78%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media magic tree dapat meningkatkan perilaku prososial anak pada KB kasih Ibu Kebon. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri atas 3 tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan prososial anak meninggkat dari 11,87% pada observasi awal menjadi 25% pada siklus 1 dan meningkat hingga mencapai 81,25% pada siklus 2. Hasil tersebut juga didukung dengan hasil observasi dan wawancara yang menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih dapat saling menghargai, menaati aturan yang berlaku dalam permainan, dan menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompetetif secara positif seperti memasangkan gambar dan  angka serta mengkreasikan kartu yang dipilih
Downloads
References
Al Umairi, M. (2023). Pengembangan Interaksi dan Perilaku Sosial Terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Abad 21. Kiddo : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini , 4(2), 1–12. https://doi.org/10.19105/kiddo.v4i2.9705
Aliyyah, R. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 54-72.
Annisa, D., & Djamas, N. (2020). Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Usia 5 – 6 Tahun Melalui Permainan Tradisional Babintingan. Jurnal Audhi Anak Usia Dini Holistik Integratif.
Anista, D. Z. N., Anwar, R. N., & Afifah, S. N. (2023). Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun di Lembaga PAUD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 10. https://doi.org/10.47134/paud.v1i2.65
Arisnaini. (2022). Penggunaan Media Pohon Angka Untuk Meningkatkan Kemampuan Daya Ingat Angka di TK Aceh Banda School. Serambi Konstruktivis , Volume 4, No.2, 3.
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Dalam Pembelajaran. Jurnal Prodi Pendidikan Guru MI.
Binur, R. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Kerjasama Dan Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan.
Dovidio, J. (2001). Adulthood: Prosocial Behavior and Empathy (N. J. Smelser & P. B. B. T.-I. E. of the S. & B. S. Baltes, eds.). https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B0-08-043076-7/01740-X
Fanggidae, P. Y., & Dkk. (2023). Mengembangkan Kepribadian Untuk Sukses Sma Erenos. Jurnal Pengabddian Kepada Masyarakat.
Fitria, & Dkk. (2020). Pembentukan Perilaku Prososial Anak Usia Dini Melalui Permainan Kooperatif. Jurnal Paud Fkip Untirta.
Harmalis. (2023). Perilaku Prososial Dalam Persfektif Islam. Journal On Education.
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain Dan Permainan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini.
Khasanah, B. L., & Fauziah, P. (2021). Pola Asuh Ayah Dalam Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
La-Sule, S., Wondal, R., & Mahmud, N. (2021). Pemanfaatan Media Pohon Angka Untuk Mengenal Konsep Bilanganpada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah.
Lubis, J. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Perilaku Prososial Pada Siswa Kelas IX MTs Al Muttaqin Pekanbaru. Skripsi.
Majid, H. E. (2022). Pengaruh Empati Terhadap Perilaku Prososial Remaja Di Kota Makassar. Skripsi.
Meri, D. (2019). Pengaruh Metode Pembelajaran Pohon Keluarga Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Sejarah. Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Riset Sosial Humaniora.
Pratama, B. D., Hidayah, R. N., & Hargiyansari, T. (2019). Peran Konselor Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Dengan Media Permainan Bentengan. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan.
Ritonga, R., & Dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Strategi Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sakina, D. F. (2019). Hubungan Locus Of Control Internal Dengan Perilaku Prososial Pada Pramuka Remaja. Semarang: Unika Soegijapranata.
Saptowati, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pasir. Skripsi.
Senturk, E. (2021). Permasalahan Perkembangan Sosial Anak Usia Dini Di Taman Kanak-Kanak (TK) Sekolah Internasional: Studi Kasus Anak Didik Warga Negara Asing (WNA). Jakarta: Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah.
Sitanggang, D. S. (2019). Pengaruh Metode Bermain Peran Terhadap Perilaku Prososial Anak Usia 5-6 Tahun Di Ra Assafi’iyah Mada Jaya Pesawaran. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan.
Suardipa, I. P. (2020). Socioculture-Revolution Ala Vygotsky Dalam Konteks Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Jurnal Pengabdian Ilmiah.
Utari, A. R., & Rustika, I. M. (2020). Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Perilaku Prososial Remaja Sekolah Menengah Atas. Jurnal Studia Insania.
Wijaya, R., & Dkk. (2021). Penggunaan Media Konkret Dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Stkip Kusuma Negara III.
Zuhra, I. (2023). Analisis Upaya Guru Dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak Di TK Save The Kids Banda Aceh. Skripsi.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.