Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah melalui Media Portable Sensory Path pada Anak
Abstract
Pentingnya kemampuan anak dalam memecahkan masalah dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan daya pikir, kreativitas dan kognitif yang dimiliki oleh anak. Kemampuan memecahkan masalah berkaitan dengan proses berpikir anak, bagaimana anak paham dengan dunianya, memahami, kemampuan anak dalam mengingat, memecahkan masalah, dan membuat sebuah keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah melalui media portable sensory path. Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas Kemmis dan McTaggart. Subjek dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Dharma Wanita Ngale 1 sebanyak 20 anak yang terdiri dari 12 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa skala, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah 80%. Tindakan dalam penelitian ini ada 2 siklus yang setiap siklusnya dilakukan 3 tindakan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan anak memecahkan masalah mengalami peningkatan yaitu dari 30% pada observasi awal menjadi 35% pada siklus I dan meningkat hingga mencapai 85% pada siklus II. Indikator yang muncul adalah saling menghargai, menaati aturan yang berlaku dalam permainan, dan menunjukkan antusiasme dalam melakukan permainan kompetetif secara positif. Perlu adanya pengembangan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif di dalam kelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aliyyah, R. R. (2021). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penggunaan Media Video Pembelajaran. Jurnal Sosial Humaniora, 12(1), 54–72. https://doi.org/10.30997/jsh.v12i1.4034
Asfinolia, & Jafar, E. S. (2022). Penerapan Sensory Path dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia 4 – 5 Tahun. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 60–66. https://doi.org/10.35914/jepkm.v1i2.10
Fatwa, C. Y. (2023). Pengembangan Media Flanel Edukasi untuk Mengenalkan Huruf pada Usia Dini. Thesis. UIN Ar-Raniry Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/33810
Hastutiningtyas, W. R., Setyabudi, I., & Maemunah, N. (2023). Penggunaan Sensory Pathuntuk Mengembangkan Motorik Anak Usia Pra Sekolah di “Tarbiyatul Athfal Pesan Ibu”. Journal of Indonesian Society Empowerment (JISE), 1(2), 63-69. DOI:10.61105/jise.v1i2.31
Lestari, L. D. (2020). Pentingnya Mendidik Problem Solving pada Anak melalui Bermain. Jurnal Pendidikan Anak, 100-108. 10.21831/jpa.v9i2.32034
Luthfitasari, R. D., Gustiani, N., & Ni’mah, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa MI Cipetir Kecamatan Kadudampit. Jurnal Madrasatul Ula.
Nanda, I., & dkk. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Untuk Guru Inspiratif. Indramayu: CV. Adanu Abimata.
Ramadhani, R. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kreativitas Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan. Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/31966
Risyani, Munawaroh, H., & Jumini, S. (2022). Permainan Portable Sensory Path untuk Meningkatkan Tumbuh Kembang Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Pertiwi Sindupaten Kertek. Artikel. Universitas Sains Al-Qur’an (UNSIQ) Jawa Tengah di Wonosobo http://repo.fitk-unsiq.ac.id/id/eprint/1220
Rosanah, E. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Puzzle Berbasis Metode Montessori untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah pada Anak Usia 4 Tahun. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sanusi, A., Muqowwim, & Munastiwi, E. (2020). Studi Kasus Lingkungan Keluarga di Desa Pejanggik: Pola Pembiasaan Pemecahan Masalah bagi Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 201-215. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2245
Saptowati, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Pasir. JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1). https://doi.org/10.24036/juppekhu1229690.64
Suryati, K. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Metode Mind Map di Taman Kanak-kanak Mutiara Merbau Mataram Lampung Selatan. Undergraduate Thesis. UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/8967
Supriyatin, I., Darmiyanti, A., & Riana, N. (2023). Media Big Book Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini. Jurnal Care, 10(2), 45–52.
Wahyuti, E., Purwadi, & Kusumaningtyas, N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pembelajaran Literasi Baca Tulis dan Numerasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 3(2). https://e-journal.upr.ac.id/index.php/enggang/article/view/8730
Yenti, Y. (2021). Pentingnya Peran Pendidik dalam Menstimulasi Perkembangan Karakter Anak di PAUD. Jurnal Pendidikan Tambusai. 5(1). DOI: https://doi.org/10.31004/jptam.v5i1.1218
Yuriansa, A. (2022). Kemampuan Problem Solving pada Anak Usia Dini melalui Bermain Pola (Pattern) di PAUD Arrasyid Kajhu Kecamatan Baitussalam, Aceh Besar. Jurnal Islam Pesantren, Pendidikan dan Sosial, 69-101. https://jurnal.staidarulhikmah.ac.id/index.php/jip/article/view/4
Article Metrics
Abstract has been read : 0 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jcare.v11i2.19732
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Care by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.