PENINGKATAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENJAHIT PADA KELOMPOK B TK INSAN AULIA MADANI BEKASI DIMASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v10i2.15587Keywords:
Motorik Halus Anak Usia Dini, Keterampilan MenjahitAbstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendapatkan informasi tentang
Peningkatan Keterampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menjahit Pada Kelompok B
Tk Insan Aulia Madani Bekasi Dimasa Pandemi Covid-19 .Pendekatan Penelitian
deskriptif kualitatif, jenis penelitian tindakan kelas, model tindakan dari Kemmis Taggart
dimana terdiri dari Prasiklus, Siklus I dan Siklus II. Setiap Siklus terdiri dari Kegiatan
Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi , teknik pengumpulan data berupa
wawancara , observasi dan dokumentasi . Populasi penelitian ini seluruh peserta didik TK
Insan Aulia Madani .Subjek penelitian pada kelompok B jumlah 10 peserta didik. Hasil
penelitian tindakan kelas pada kegiatan pra siklus hanya 40% kategori siswa mulai
berkembang pada siklus I sebesar 60% berkembang sesuai harapan dan setelah melakukan
siklus II ada peningkatan menjadi 80% berkembang sangat baik.
Downloads
References
DAFTAR PUSTAKA :
Arifin, Zainal. (2012). Evaluasi Pembelajaran, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Darmita (2001)., Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta : Universitas Terbuka
Decaprio, (2013). Aplikasi Teori Pembelajaran Motorik di Sekolah. Yogyakarta : Diva
Press
Depdiknas (2010) Kurikulum Standar Kompetensi Taman Kanak – Kanak. Jakarta :
Depdiknas
Depdiknas. (2003). Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan
Nasional
Fanggideraj, Lenny. (1995). Kamus Pendidikan. Jakartab : Restu Agung
Halwa, Christina. (2014). Pengaruh Kegiatan Menjahit Terhadap Kemampuan Motorik
Halus Kelompok A Di Tk Pajajaran.
Hanifah, Nurdinah (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas. Sumedang: UPI Press
Hurlock, E.B. (2013). Perkembangan anak jilid 1 edisi keenam. Jakarta: Erlangga.
Hutahuruk. (2008), Keterampilan Umum Menjahit.Bogor. Indo. Book Citra Media,
Iskandar, Dadang dan Nursim. (2015). Penelitian Tindakan Kelas dan Publikasinya Untuk Kenaikan Pangkat dan Golongan Guru & Pedoman Penulisan PTK bagi Mahasiswa.
Cilacap. Ihya Media.
Jamaris, Martini. 2006. Pertimbangan dan Pengembangan Anak Usia TK. Jakarta :
Gramedia Widia Sarana Indonesia.
Kartini, Kartono. (1998). Psikologi Anak. Bandung : CV. Mandar Maju.
Menteri Pendidikan Nasional. (2009). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.58
Standar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta : Departeen Pendidikan Nasional.
Riny.(2010).PengertianMenjahit.http://kemejamurah.woorpress.com/Category/Pengertian.
menjahit/. Diakses15 November 2017.
Sunardi, Sunaryo. (2007). Intevensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta : Departemen
Pendidikan Nasional Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan.
Yuntina, L. (2017). Peningkatan Kreativitas Anak Kelompok Bmelalui Kegiatan Mewarnai
Gambar di RA Al Muta A’limin Jati Rahayu Kota Bekasi Tahun Pelajaran
/2017. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 5(1), 22-28
Downloads
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.