Implementasi Model ATIK dalam Meningkatkan Kemampuan Pra Menulis Anak Usia 4-5 Tahun melalui Les Privat

Authors

  • Risma Ameliana Lestari Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i1.14055

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pra menulis pada anak usia 4-5 tahun melalui les privat. Dengan menerapkan model ATIK (Amati, Tiru, Kerjakan), anak diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pramenulisnya utnuk persiapan memasuki jenjang sekolah. Subjek penelitian ini menempatkan anak usia 4-5 tahun yang akan memasuki jenjang PAUD di kampung babakan. Metode yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dengan menempatkan 5 orang siswa kelas A untuk di amati. Hasil penelitian yang diperoleh setelah menggunakan model ATIK terbukti meningkat secara signifikan. Dengan hal tersebut, membuktikan bahwa model ATIK sangatlah efektif untuk pembelajaran anak. Pelaksanaan kegiatan ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian  siklus 1 sebelum memakai model ATIK sebesar 50% atau sebanyak 3 orang anak dan di siklus 2 setelah memakai model ATIK sebesar 98% atau 5 orang anak. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa model ATIK sangat bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan menulis anak usia 4-5 tahun di TK Al-Faudzan Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adawiyah, R., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Kecakapan Bicara Anak dengan Kegiatan Menyusun Puzzle Gambar Seri di TK Dharma Wanita Persatuan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.507

Aisy, A. R., & Adzani, H. N. (2019). Pengembangan Kemampuan Menulis pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Primagama. Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 141–148. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i2.28813

Aprilana, E. R., Kristiawan, M., & Hafulyon, H. (2017). Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Mewujudkan Pembelajaran Efektif Di Madrasah Ibtidaiyyah Rahmah El Yunusiyyah Diniyyah Puteri Padang Panjang. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 4(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v4i1.1975

Dalimunthe, L. A. (2020). Jurna l Kajian Gender dan Anak. Jurnal Kajian Gender Dan Anak Vol., 04(2), 113–122.

Dwi Saputri, O., & Rahmawati. (2019). Peran Guru dalam Memberikan Pelajaran Tambahan (LES) Bagi Peserta Didik Di Luar Jam Pelajaran Sekolah sebagai Wujud Implementasi Pengabdian Kepada Masyarakat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 2, 493–504.

Hana, D., Fitri, A., & Mayar, F. (2020). Pelaksanaan Kemampuan Motorik Halus Anak melalui Kolase di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1011–1017. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/563

Istiqomah, H., & Suyadi, S. (2019). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Sekolah Dasar Dalam Proses Pembelajaran (Studi Kasus Di Sd Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). El Midad, 11(2), 155–168. https://doi.org/10.20414/elmidad.v11i2.1900

Italiana, F., & Watini, S. (2022). Implementasi TV Sekolah sebagai Media Pembelajaran di TK dalam Meningkatkan Kreativitas Guru. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 813–816. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.486

Kartika, D. (2019). Peningkatan Keterampilan Pra Menulis Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Bahan Serbuk Kayu Di Tk Aba Tanjungsari Oleh : Diah Kartika.

Marietta, F., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK dalam Pembelajaran Motorik Halus melalui Media Origami di Taman Kanak Kanak. 5, 3053–3059.

Meriyati, M., Kuswanto, C. W., Pratiwi, D. D., & Apriyanti, E. (2020). Kegiatan Menganyam dengan Bahan Alam untuk Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 729. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.667

Mufid, A., & Doyin, M. (2017). Peningkatan Keterampilan Menanggapi Cara Pembacaan Puisi Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Jigsaw Berbantuan Dengan Media Audiovisual Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 3 Ungaran. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(2), 34–40.

Mulyati, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Menggunakan Bahan Loostpart di TK Mutiara Setu. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 652–656. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.478

Nasution, S. (2019). Pendidikan lingkungan keluarga. Tazkiya, 8(1), 115–124. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/tazkiya/article/view/457

Ningsih, D. Y., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Meningkatkan Motorik Halus Anak dalam Kegiatan Menggambar Menggunakan Crayon di PAUD Saya Anak Indonesia. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.477

Nurhasanah, N. (2017). Peran Masyarakat dalam Lembaga Pendidikan. Fondatia, 1(1), 61–67. https://doi.org/10.36088/fondatia.v1i1.87

Palupi, R., & Watini, S. (2022). Penerapan Model Atik untuk Meningkatkan Kognitif Anak Usia Dini melalui Permainan Tata Balok di PAUD Rama Rama Tangerang Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(2), 621–627. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i2.466

Purwanti, E., & Watini, S. (2022). Implementasi Model Atik Untuk Mengembangkan Keterampilan Pra Menulis Dengan Media Pasir dan Tepung di Kelompok Bermain Ceria Pandaan. 08(September), 1673–1680.

Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.54371/jiip.v5i3.510

Sularso, P., Kokotiasa, W., & Paramedica, D. A. (2017). Pengaruh Bimbingan Belajar Di Luar Sekolah Terhadap Minat Untuk Berprestasi Siswakelas Viii Mtsn Sidorejo KabupatenmadIUN TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Citizenship Jurnal Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(2), 248. https://doi.org/10.25273/citizenship.v3i2.1253

Watini, S. (2020). Pengembangan Model ATIK untuk Meningkatkan Kompetensi Menggambar pada Anak Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1512–1520. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.899

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles