Pengaruh Penerapan Media Sandpaper Letters Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.25273/jcare.v11i1.13975Keywords:
Media Sandpaper Letter, Kemampuan Mengenal HurufAbstract
Firdaus,Amalia.2022.â€Pengaruh Penerapan Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Usia 4-5 Tahun TK Quantum  Sidoarjo†Ski Fakultas Psikologi Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammmadiyah Sidoarjo Dosen Pembimbing:Choirun Nisak Aulina, M.Pd.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis ada tidaknya pengaruh penerapan media Sandpaper Letter terhadap kemampuan mengenal huruf kelompok A usia 4-5 tahun di TK Quantum  Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Pre- experimental design dengan one group pre test-post test sebagai rancangan desain penelitian. Sampel penelitian ini adalah anak kelompok A usia 4-5 Tahun dengan jumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil pre-test dan post-test. Teknik analisis data menggunakan uji t dependen dengan hasil penelitian nilai pre-test dan post-test sebesar -7.161 dengan taraf signifikan 0,001. Nilai signifikasi uji “t†= 0.001 ≤ 0.05 maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan ini menunjukkan bahwa  adanya pengaruh penerapan media Sandpaper Letter terhadap  kemampuan mengenal huruf kelompok A usia 4- 5 tahun TK Quantum Sidoarjo secara signifikan.
Downloads
References
Candra, E., & Rahmawati, A. (2016). Peningkatan Pengenalan Huruf Melalui Media Pembelajaran Sandpaper Letters Pada Anak Kelompok a Tk Aba Thoyibah Banyuanyar Tahun Ajaran 2015/2016. 2010.
Dr. Drs. H. Rifa’i Abubakar, M. . (2021). Pengantar Metodologi Penelitian. In Antasari Press.
Febriani, E. (2022). Implementasi Metode Menggambar Bebas Dalam Mengembangkan Kreativitas Anak Usia Dini Di TK Permata Bunda Tempuran Karawang. 10(1).
Meiliana, F. (2015). Penerapan Metode Montessori Untuk Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini (Di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal). 1–84. http://eprints.walisongo.ac.id/5408/1/114411031.pdf
Pratami, W. (2019). Pengaruh Media Game Edukasi “ Teka Teki Pengetahuan†Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas 5 SDN 03 Protomulyo. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22.
Savitri, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal CARE, 10(1), 52–66.
Manoma, S. (2019). Seri Ilmu-ilmu Sosial dan Kependidikan Volume 3 Nomor 2 Tahun 2019 http://journal.unhena.ac.id. 3(2014), (Meiliana, 2015)76–86
Meiliana, F. (2015). Penerapan Metode Montessori Untuk Perkembangan Spiritualitas Anak Usia Dini (Di TK IT Amanah Sidapurna-Dukuhturi-Tegal). 1–84. http://eprints.walisongo.ac.id/5408/1/114411031.pdf
Nur’aeni, N. (2019). Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Huruf Tegak Bersambung Melalui Penggunaan Alat Peraga Sandpaper Letters Berbasis Montessori. JURNAL STUDI PENDIDIKAN ISLAM, XVI(22), 115–138.
Nur, S., & Hasanah, U. (2020). Analisis Penggunaan Media Sandpaper Letters untuk Keterampilan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. JURNAL CERIA (CERDAS ENERGIK RESPONSIF INOVATIF ADAPTIF), 3(4), 354–362.
Pratami, W. (2019). Pengaruh Media Game Edukasi “ Teka Teki Pengetahuan†Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA kelas 5 SDN 03 Protomulyo. Jurnal Profesi Keguruan, 5(1), 15–22
. Rahmadani, F., Suryana, D., & Hartati, S. (2019). Pengaruh Media Sandpaper Letter Terhadap Kemampuan Mengenal Huruf Anak Di Tk Islam Budi Mulia Padang. Jurnal Ilmiah Pesona PAUD, 6(1), 56. https://doi.org/10.24036/104545
Sari, F. A., Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2020). Jurnal Kumara Cendekia Peningkatan Kemampuan Keaksaraan Awal Melalui Media Sandpaper Letters Pada Anak Usia 4-5 Tahun. JURNAL KUMARA CENDEKIA, 8(1).
Savitri, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Kegiatan Kolase. Jurnal CARE, 10(1), 52–66
Sugiyono (2015), Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung : Alfabeta
Zahira, Z. (2019). Islamic Montessori For 0-3 Years Old. Jakarta : Anak Kita
Published
Issue
Section
License

JURNAL CARE by E-JOURNAL UNIVERSITAS PGRI MADIUN is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Author who publish with this journal agree to the following terms:
- Author retain copyright and grant the journal of first publication with the work simultaneously licenced under Creative Commons Atribution Licence that allows other to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Author are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Author are permitted and encouraged to post their work online prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation od published work.