Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Melalui Kegiatan Kerjasama Pada Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jcare.v11i1.13794

Keywords:

Kemampuan Sosial Emosional, Kerjasama, PAUD

Abstract

Kemampuan sosial emosional perlu didik sejak anak masih kecil. Jika perkembangan sosial emosional anak terhambat maka akan mengakibatkan kesulitan bagi anak dalam mengembangkan dirinya dikenudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional melalui kegiatan kerjasama pada anak usia 5-6 tahun di TK Putri Jaya, Kotabaru, Karawang. Dalam penulisan ini , penulis menggunakan metode PTK atau disebut dengan Penelitian Tindakan Kelas melalui pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dengan dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan kegiatan kerjasama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional sebagaimana dibuktikan dengan hasil yang terdapat pada setiap indikatornya. Dari prasiklus ke siklus satu mengalami peningkatan dari 15,38% menjadi 53,85% yaitu sebesar 38,47%, kemudian siklus satu ke siklus dua mengalami peningkatan dari 53,85% menjadi 84,62% yaitu sebesar 30,77%. Bahwa dengan kegiatan kerjasama dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Siti Maemunah, Universitas Panca Sakti Bekasi

TK Putri Jaya, Guru

References

Indanah, and Yulisetyaningrum. 2019. “Perkembangan Sosial Emosional Anak Prasekolah.†Jurnal Ilmu Keperawatan dan Kebidanan 10(1): 222.

Jamin, Nunung Suryani. 2020. Perkembangan Afektif Anak Usia Dini. Sukabumi: CV Jejak IKAPI.

Lisana, Aviya. 2020. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning.†: 5.

Prabandari, Indah Rinukti, and Fidesrinur Fidesrinur. 2019. “Meningkatkan Kemampuan Bekerjasama Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Metode Bermain Kooperatif.†Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 1: 98.

Putri, Cici Fadilla, and Zulminiati. 2020. “Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun.†Jurnal Pendidikan tambusai 4: 3040.

Rahmatunnisa, Sriyanti. 2019. “Kelekatan Antara Anak Dan Orang Tua Dengan Kemampuan Sosial.†4197: 102.

Trismahwati, D, and N I Sari. 2020. “Identifikasi Kemampuan Kerjasama Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional.†… Pendidikan Anak Usia Dini 1(2): 6.

Widiastuti, Ajeng Ayu. 2018. “Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Metode Role Playing Di Kelompok Bermain.†Satya Widya 34: 80.

Published

2023-07-31

Issue

Section

Articles